SOLOPOS.COM - Dua pengunjung berswafoto dengan latar belakang bangunan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat saat keliling naik skuter listrik sewa di Kori Kamandungan, kompleks Keraton Solo, Minggu (2/1/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO – Mumpung libur akhir pekan, yuk jalan-jalan di Keraton Surakarta Hadiningrat atau sering disebut Keraton Solo karena letaknya di Kota Solo. Tepatnya di dekat ikon Kota Bengawan, yakni Pasar Klewer.

Anda bisa berkunjung dan masuk ke dalam lingkungan Keraton Solo untuk menyaksikan salah satu peninggalan sejarah di Indonesia. Pemandu wisata akan mengantar Anda berkeliling lingkungan Keraton Solo. Anda akan mendapatkan penjelasan sejumlah koleksi milik keratin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun bisa juga berkeliling sendiri di dalam lingkungan keraton, tentu dengan mengikuti aturan yang ada. Jika tidak ingin masuk ke dalam keraton, tidak perlu khawatir karena saat ini ada sarana untuk berkeliling di sisi luar keraton.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Asal Usul Keraton Solo: Alasan Desa Sala Dipilih

Anda bisa memanfaatkan skuter listrik, iya transportasi hasil kemajuan teknologi ini bisa disewa untuk berkeliling dan berswafoto dengan latar belakang Keraton Solo. Ada beberapa persewaan skuter listrik di area Keraton Solo tersebut.

Begitu memasuki keraton melalui jalur supit urang (sisi utara) Anda tinggal cari saja deretan skuter listrik yang siap disewa untuk berkeliling. Keberadaan skuter listrik ini menambah wahana wisata di Kota Solo. Karena sebelumnya Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo juga telah meluncurkan mobil listrik.

Kemudian ada juga Bus Tingkat Werkudara yang membawa penumpang atau rombongan wisatawan berkeliling Kota Solo. Demikian juga Kereta Jaladara yang dikelola Dishub Kota Solo, semua buat memanjakan wisatawan.

Baca juga: Anda dan Keluarga Ingin Naik Mobil Listrik Solo, Begini Caranya

Nah jika mobil listrik, bus tingkat Werkudara dan Kereta Api Jaladara dikelola Dishub Kota Solo, maka persewaan skuter listrik di lingkungan Keraton Solo dikelola perorangan. Jadi jika masih ada skuter listrik yang belum disewa, Anda bisa langsung menyewanya.

Ada dua pengelola persewaan skuter listrik di lingkungan Keraton Solo, yakni Muhtar Musthafa berada di sisi timur atau kiri gerbang utama, dan Bila Luna di sisi barat atau kanan gerbang utama Keraton Solo.

Untuk tarif sewa skuter listrik di Keraton Solo, Anda cukup membayar Rp20.000 untuk penggunaan sekitar 15 menit. Apabila hendak sewa satu jam menurut Bila Luna, cukup membayar Rp40.000. Untuk penyewa bakal disiapkan helm pengaman.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya