Ini Tantangan Besar Najwa Shihab dalam Berkarier, Apa Saja?

Selain mengungkapkan tantangan besar dalam karier, Najwa Shihab juga mengakui perasaannya kala mendapatkan rapor merah.

 Najwa Shihab. (Instagram/@najwashihab)

SOLOPOS.COM - Najwa Shihab. (Instagram/@najwashihab)

Solopos.com, SOLO-Jurnalis dan presenter Najwa Shihab mengungkapkan tantangan besar yang selama ini dia hadapi dalam karier jurnalisnya. Salah satunya saat harus mendapatkan rapor merah untuk program televisi yang dia pandu, Mata Najwa.

Tantangan besar lainnya dalam karier Najwa Shihab adalah bukan hanya rapor merah untuk rating, melainkan juga dari sisi penonton dan sponsor. Itulah sebabnya dia sempat berencana untuk tak melangsungkan program tersebut setelah episode ke-13.

PromosiSupaya Pelajaran Sejarah Menarik, Komikkan Saja!

Selain mengungkapkan tantangan besar dalam karier, Najwa Shihab juga mengakui perasaannya kala mendapatkan rapor merah. Bagi kalian yang sedang menapaki jenjang karier, simak tips karier cara mengatasi keterpurukan dan kecewa dari pembawa acara Mata Najwa ini.

“Padahal, sudah investasi waktu, emosi, tenaga, pikiran, uang. Kegagalan pada sebuah proses rasanya sudah biasa,” ungkap dia di sela puncak perayaan Festival Pulih, seperti dikutip dari siaran pers seperti dikutip dari Antaranews.com, Sabtu (27/11/2021).

Baca Juga:  3 Zodiak Ini Sering Bikin Patah Hati Orang Lain, Percaya?

Menurut Najwa, pada kegagalan itulah terjadi proses reflektif terjadi. Dia mengatakan, bukan so what, tapi now what. Walau terdengar ideal sekali dan terkesan mudah untuk dilakukan, tetapi kenyataannya sulit.

“Saya pun mengakui itu. Kegagalan itu bisa memberi banyak dampak, seperti kekecewaan, bahkan rasa kurang percaya diri. Itulah mengapa, adalah penting untuk memiliki kematangan emosional, kemudian mengelilingi diri kita sendiri dengan orang-orang yang positif, yang bisa jadi cheerleaders kita,” tutur Najwa.

Bangkit dari kegagalan, bagi Najwa juga memerlukan usaha termasuk mencari dukungan dan mengumpulkan niat untuk kembali mencoba. “Kemampuan untuk bangkit itu tak serta-merta datang, itu pun harus diupayakan oleh diri kita sendiri,” tegas Najwa yang juga Founder Narasi itu.

Baca Juga: Mengenal Varian B.1.1.529 yang Disebut Memiliki Jumlah Mutasi Tinggi

Internet dan media sosial, misalnya bisa salah satu sumber yang bisa Anda akses untuk mencari inspirasi dan semangat. Namun, menurut dia, di sisi lain, internet dan media sosial pun dapat menjadi portal yang membunuh kepercayaan diri.

Najwa pun membagikan tipsnya selama ini ketika ketakutan akan kegagalan sedang ia alami. Pertama, buat ketakutan akan kegagalan ini sebagai sesuatu yang dapat mendorong kita untuk mempersiapkan dan memantapkan hal tersebut secara lebih serius.

“Ketika jadi presenter, ada ketakutan kalau salah ngomong, tidak lancar. Makanya, saya akan berulang-ulang kali latihan ngomong di depan kaca,” ujarnya.

Kedua, Najwa mengungkapkan, tak mengapa jika melakukan kesalahan. Menurut dia, orang lain tidak hanya fokus pada kesalahan Anda. Mereka sudah terlalu fokus pada kesalahan mereka masing-masing dan lupa akan apa yang telah menjadi kesalahan Anda.

Baca Juga: Apa Itu Black Friday? Simak Sejarah dan Kisah Kelam di Baliknya

Ketiga, jadilah individu yang memperhatikan detail. Dia mengatakan, “Maksudnya, setiap selesai present sesuatu, saya akan selalu melakukan evaluasi. Dengan ini, kita bisa melihat perkembangan kita dari waktu ke waktu. Improvement inilah yang dapat membangkitkan confidence kita.”

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Erick Thohir Mengupas Kebenaran Cerita KKN di Desa Penari

Menteri BUMN, Erick Thohir, mengupas kebenaran cerita KKN di Desa Penari.

Syaharani Meriahkan Gelaran UKSW Jazz Fiesta

Tampil memukau di UKSW Jazz Fiesta, Syaharani membawakan setidaknya 10 lagu.

Jefri Nichol Ngaku Selalu Nonton Bokep Saat Susah Tidur

Jefri Nichol mengaku dia memang menonton video bokep saat susah tidur.

Jarang Terekspose, Ini Profil Mantan Suami Wanda Hamidah

Terlepas dari permasalahan dugaan perusakan rumah, berikut ini profil mantan suami Wanda Hamidah, Daniel Patrick Schuldt.

Wanda Hamidah Beri Klarifikasi Soal Perusakan Rumah Mantan Suami

Wanda Hamidah memberikan klarifikasi soal perusakan rumah mantan suaminya, Daniel Patrick Schuldt.

Oh Ternyata Ini Alasan Jefri Nichol Menonton Bokep

Tidak kecanduan, Jefri Nichol punya alasan mengapa dia menonton video bokep. 

Dibintangi Nicholas Saputra, Trailer Sayap-Sayap Patah Resmi Rilis

Trailer Sayap-Sayap Patah telah resmi rilis pada Rabu (18/5/2022).

Selain Srimulat, Ini Film Lainnya yang Syuting di Solo

Selain film Srimulat: Hil yang Mustahal, ada empat film lainnya yang proses syutingnya dilakukan di Kota Solo, Jawa Tengah. Apa saja?

Syuting di Solo, Film Srimulat Mulai Tayang Hari Ini, Cek Jadwalnya!

Film Srimulat: Hil yang Mustahal, yang menceritakan tentang grup lawak Srimulat mulai tayang hari ini, Kamis, 19 Mei 2022 di bioskop.

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (19/5/2022): Ada Dua Film Baru, Apa Saja?

Berikut ini jadwal bioskop XXI hari ini, Kamis, 19 Mei 2022 di Kota Solo dan beberapa kota lainnya. Apa saja film yang tayang?

Lirik Lagu Satru 3 (Kok Geting Aku) - Mamnun feat Cimbrut

Di bawah ini terdapat lirik lagu Satru 3 (Kok Geting Aku) dari Mamnun feat Cimbrut, yang telah tayang pada Senin, 16 Mei 2022 dan ditonton lebih dari 710.000 kali.

Jefri Nichol Minta Maaf Unggah Foto Ciuman dengan Cowok, Kenapa?

Kabar artis kali ini datang dari Jefri Nichol yang minta maaf setelah unggah foto dirinya ciuman dengan cowok.

Jefri Nichol Bantah Kecanduan Menonton Bokep, Ini Penjelasannya

Aktor Indonesia Jefri Nichol membantah dirinya kecanduan menonton video bokep atau video porno.

Begini Perasaan Jefri Nichol Lakoni Adegan Ciuman dengan Wulan Guritno

Harus melakoni adegan ciuman dengan Wulan Guritno yang jauh lebih senior, bagaimana perasaan Jefri Nichol?

Pacaran dengan Jess No Limit, Sisca Kohl Trending di Twitter

Pacaran dengan Jess No Limit, nama Sisca Kohl pun trending di Twitter.

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (18/5/2022): Ada Satu Film Baru Hlo

Berikut ini jadwal bioskop XXI hari ini, Rabu, 18 Mei 2022 di Kota Solo dan beberapa kota lainnya. Apa saja film yang tayang?