SOLOPOS.COM - Najwa Shihab. (Instagram/@najwashihab)

Solopos.com, SOLO-Jurnalis dan presenter Najwa Shihab mengungkapkan tantangan besar yang selama ini dia hadapi dalam karier jurnalisnya. Salah satunya saat harus mendapatkan rapor merah untuk program televisi yang dia pandu, Mata Najwa.

Tantangan besar lainnya dalam karier Najwa Shihab adalah bukan hanya rapor merah untuk rating, melainkan juga dari sisi penonton dan sponsor. Itulah sebabnya dia sempat berencana untuk tak melangsungkan program tersebut setelah episode ke-13.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain mengungkapkan tantangan besar dalam karier, Najwa Shihab juga mengakui perasaannya kala mendapatkan rapor merah. Bagi kalian yang sedang menapaki jenjang karier, simak tips karier cara mengatasi keterpurukan dan kecewa dari pembawa acara Mata Najwa ini.

“Padahal, sudah investasi waktu, emosi, tenaga, pikiran, uang. Kegagalan pada sebuah proses rasanya sudah biasa,” ungkap dia di sela puncak perayaan Festival Pulih, seperti dikutip dari siaran pers seperti dikutip dari Antaranews.com, Sabtu (27/11/2021).

Baca Juga:  3 Zodiak Ini Sering Bikin Patah Hati Orang Lain, Percaya?

Menurut Najwa, pada kegagalan itulah terjadi proses reflektif terjadi. Dia mengatakan, bukan so what, tapi now what. Walau terdengar ideal sekali dan terkesan mudah untuk dilakukan, tetapi kenyataannya sulit.

“Saya pun mengakui itu. Kegagalan itu bisa memberi banyak dampak, seperti kekecewaan, bahkan rasa kurang percaya diri. Itulah mengapa, adalah penting untuk memiliki kematangan emosional, kemudian mengelilingi diri kita sendiri dengan orang-orang yang positif, yang bisa jadi cheerleaders kita,” tutur Najwa.

Bangkit dari kegagalan, bagi Najwa juga memerlukan usaha termasuk mencari dukungan dan mengumpulkan niat untuk kembali mencoba. “Kemampuan untuk bangkit itu tak serta-merta datang, itu pun harus diupayakan oleh diri kita sendiri,” tegas Najwa yang juga Founder Narasi itu.

Baca Juga: Mengenal Varian B.1.1.529 yang Disebut Memiliki Jumlah Mutasi Tinggi

Internet dan media sosial, misalnya bisa salah satu sumber yang bisa Anda akses untuk mencari inspirasi dan semangat. Namun, menurut dia, di sisi lain, internet dan media sosial pun dapat menjadi portal yang membunuh kepercayaan diri.

Najwa pun membagikan tipsnya selama ini ketika ketakutan akan kegagalan sedang ia alami. Pertama, buat ketakutan akan kegagalan ini sebagai sesuatu yang dapat mendorong kita untuk mempersiapkan dan memantapkan hal tersebut secara lebih serius.

“Ketika jadi presenter, ada ketakutan kalau salah ngomong, tidak lancar. Makanya, saya akan berulang-ulang kali latihan ngomong di depan kaca,” ujarnya.

Kedua, Najwa mengungkapkan, tak mengapa jika melakukan kesalahan. Menurut dia, orang lain tidak hanya fokus pada kesalahan Anda. Mereka sudah terlalu fokus pada kesalahan mereka masing-masing dan lupa akan apa yang telah menjadi kesalahan Anda.

Baca Juga: Apa Itu Black Friday? Simak Sejarah dan Kisah Kelam di Baliknya

Ketiga, jadilah individu yang memperhatikan detail. Dia mengatakan, “Maksudnya, setiap selesai present sesuatu, saya akan selalu melakukan evaluasi. Dengan ini, kita bisa melihat perkembangan kita dari waktu ke waktu. Improvement inilah yang dapat membangkitkan confidence kita.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya