Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Calon Independen di Pilwalkot Semarang…

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 akan bergulir sebentar lagi. Tahapan Pilkada 2020 yang akan berlangsung secara serentak di 270 daerah, termasuk Kota Semarang itu dimulai 1 Oktober nanti.

Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Calon Independen di Pilwalkot Semarang…

SOLOPOS.COM - Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom. (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG — Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2020 akan bergulir sebentar lagi. Tahapan Pilkada 2020 yang akan berlangsung secara serentak di 270 daerah, termasuk Kota Semarang itu dimulai 1 Oktober nanti.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, Henry Casandra Gultom, mengatakan tahapan Pilkada 2020 akan dimulai dengan penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) antara pihaknya dengan Pemkot Semarang.

“Kita sudah berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk penyusunan anggaran Pilwalkot Semarang. Sudah final. Anggarannya mencapai Rp71,5 miliar. Memang cukup banyak karena kebutuhannya juga besar,” ujar pria yang akrab disapa Nanda itu saat dijumpai Semarangpos.com di kantornya, Rabu (28/8/2019).

Sementara itu, untuk tahapan persyaratan dukungan bagi pasangan calon (paslon) yang akan maju dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Kota Semarang akan mulai berlangsung 26 Oktober mendatang.

Nanda mengaku hingga saat ini pihak belum mendapat rujukan terkait persyaratan paslon pada Pilwalkot Semarang 2020. Kendati demikian, jika mengacu UU No.10/2016 tentang Pilkada dan PKPU No.15/2017 tentang Pencalonan Pilkada, syarat yang dibutuhkan paslon dari jalur partai politik (parpol) wajib mendapat dukungan 20% dari total jumlah kursi yang ada di DPRD Kota Semarang.

“Jika mengacu peraturan itu [UU No.10/2016 dan PKPU No.15/2017], maka hanya PDIP yang bisa mengusung paslon secara langsung. PDIP saat ini memang memiliki kursi paling banyak di DPRD, yakni 19 kursi [38% dari total kursi yang ada di DPRD Kota Semarang, yakni 50 kursi],” ujar Nanda.

Sementara untuk calon perseorangan atau jalur independen (nonparpol), berdasar UU Pilkada dan PKPU Pilkada, wajib menyerahkan dukungan sebanyak 6,5% dari total daftar pemilih tetap (DPT) Kota Semarang pada Pemilu 2019 lalu.

Nanda menyebutkan pada Pemilu 2019, jumlah DPT Kota Semarang mencapai 1.176.074 orang. Dengan jumlah DPT sebanyak itu, otomatis calon dari jalur perseorangan atau independen wajib mengumpulkan setidaknya 76.445 dukungan.

Berdasarkan PKPU No.15/2019 tentang Pilkada 2020, syarat dukungan paslon dari jalur independen ini wajib diserahkan ke KPU mulai 9 Desember 2019-3 Maret 2020. Sedangkan pengumuman atau penetapan paslon akan diumumkan pada 8 Juli 2020.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.

Wisatawan Luar Jateng yang Mencoba Masuk Lewat Karanganyar Terus Bertambah

Wisatawan dari luar Jawa Tengah yang mencoba masuk ke Karanganyar, Jateng semakin banyak pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021).

Overload! Perahu Wisata yang Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali Maksimal Angkut 12 Penumpang

Perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021) kelebihan muatan karena maksimal mengangkut 12 penumpang.

Penting! Lakukan Ini Jika Alami Musibah Kapal Tenggelam

Ada sejumlah hal dilakukan saat alami musibah kapal tenggelam.