SOLOPOS.COM - Pantai Paranggupito (Dok)

Solopos.com, WONOGIRIDesa wisata merupakan bentuk integrasi antara potensi daya tarik wisata alam, budaya, dan hasil buatan manusia dalam satu kawasan tertentu dengan didukung atraksi, akomodasi, dan fasilitas lainnya sesuai kearifan lokal masyarakat. Hingga sekarang, jumlah desa wisata di Wonogiri mencapai enam desa.

Wisata alam meliputi daya tarik wisata berbasis sumber daya alam perdesaan, antara lain hutan, perkebunan rakyat, bahari, gas bumi, dan/atau sumber air panas dalam model pengembangan wisata agro.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wisata budaya meliputi daya tarik wisata berbasis tradisi budaya dan kearifan lokal, seperti upacara adat, musik tradisional, tari tradisional, situs/cagar budaya, religi, kuliner, dan lain-lain.

Wisata hasil buatan manusia meliputi daya tarik wisata berbasis kreasi dan kreativitas perorangan maupun kelompok, seperti kerajinan tangan dalam bentuk seni rupa, lukis, taman kreasi, galeri, dan sanggar budaya setempat.

Tiga potensi itu dapat dikembangkan dan dipadukan satu sama lain. Sebanyak enam desa di Wonogiri yang sudah menjadi desa wisata, yakni Desa Sendang (Kecamatan Wonogiri), Conto (Kecamatan Bulukerto), Kepuhsari (Kecamatan Manyaran), Paranggupito (Kecamatan Paranggupito), Karang Lor (Kecamatan Manyaran), dan Sumberejo (Kecamatan Batuwarno).

Baca Juga: Pelatihan Desa Wisata Bakal Digelar Lagi, Desa di Wonogiri Diminta Bersiap

Sebagai desa wisata, keenam desa itu berhak diberi bantuan pengembangan yang bersumber dari bantuan keuangan provinsi (Bankeuprov) per tahun.

Berikut syarat teknis menjadi desa wisata:

1. Adanya deliniasi wilayah yang akan diusulkan menjadi desa wisata.

2. Pendataan profil wilayah.

3. Adanya potensi wisata yang akan dikembangkan.

Baca Juga: Tingkatkan Pariwisata, Desa Sendang Wonogiri Bangun Jalan Senilai Rp6 Miliar

4. Pendataan pengunjung desa wisata.

5. Terbentuknya kelembagaan calon pengelola desa wisata.

6. Ada kesesuaian dengan rencana tata ruang wilayah.

7. Ada rencan mitigasi bencana.

8. Ada rencana pengembangan desa wisata.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya