Ini Strategi PLN Solo agar Listrik Aman saat Libur Nataru
Manager UPT Solo, Mundhakir (kanan) bersama Wakapolres Solo, AKBP Andy Rifai, meninjau kesiapan personel dan peralatan usai Apel dan Gelar Peralatan untuk UP3 Solo dan UP3 Sukoharjo, di kantor UP3 Solo, Kamis (20/12/2018)-Solopos-Bayu Jatmiko Adi

Solopos.som, SOLO - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Solo memastikan pelayanan listrik di Solo dan sekitarnya aman saat libur Natal dan Tahun Batu 2019. PLN menyiapkan 215 trafo tambahan dan melakukan uji kompetensi petugas lapangan yang bakal bertugas. Sebanyak 520 petugas disiapkan pada momentum itu.

Manager UPT Solo, Mundhakir, mengatakan pada Kamis (20/12/2018) digelar Apel dan Gelar Peralatan untuk UP3 Solo dan UP3 Sukoharjo di Kantor PLN UP3 Solo. Apel tersebut untuk mengecek kesiapan petugas menjelang Natal dan Tahun Baru 2019, sekaligus mengecek personel dan peralatan yang dibutuhkan.

"Kami memastikan kembali peralatan dan personel dalam kondisi siap. Tadi juga dicek mengenai instruksi kerja yang dipakai sebagai SOP pelaksanaan kegiatan pelayanan," kata dia kepada wartawan seusai apel, Kamis.

Kegiatan apel itu dilanjutkan dengan uji kompetensi petugas PLN. "Kami ingin memastikan mereka benar-benar siap. Intinya kami ingin memberikan kenyamanan kepada masyarakat, bahwa selama mereka liburan Natal dan Tahun Baru, listrik dalam kondisi aman. Baik sisi jumlah dan kualitasnya," lanjut dia.

Menurut Mundhakir, hal yang perlu diwaspadai selama perayaan hari besar adalah adanya lonjakan penggunaan listrik. Dimungkinkan banyak masyarakat yang pulang ke kamping halaman. Aktivitas masyarakat juga kemungkinan bertambah karena mereka menghabiskan waktu bersama keluarga dengan berwisata dan sebagainya.

Untuk itu PLN menyiapkan trafo tambahan yang disebar di semua lokasi. "Untuk jumlah trafo tambahan 215 unit. Masing-masing rayon akan disiapkan dua unit trafo tambahan. Kemudian yang sudah siap sudah ada dua jadi total ada empat. Empat dikali 11, jadi total ada 44 unit yang masing-masing [kantor] unit," kata dia.

Jumlah personel yang disiapkan di UP3 Solo dan Sukoharjo mencapai 520 petugas. Selain itu juga didukung vendor preventif. "Ada beberapa pekerjaan yang tidak terkaver personel kami nantinya dikerjakan dari vendor tersebut. Misalnya untuk tiang listrik roboh, longsor, trafo rusak dan sebagainya.”

Pada kegiatan apel tersebut juga dihadiri pihak kepolisian. Wakapolres Solo, AKBP Andy Rifai, mengimbau masyarakat berhati-hati dan waspada selama libur Natal dan Tahun Baru. "Sebagai kegiatan preventif. Saat liburan sebelum meninggalkan rumah pastikan kondisi rumah aman. Sebab banyak kejadian rumah terbakar karena korsleting," kata dia kepada wartawan.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom