SOLOPOS.COM - Agrowisata Kembang Desa Dawung. (Instagram/@wisatakembang_desa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Akhir pekan yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Sudahkah Anda menentukan tempat wisata yang ingin dikunjungi di akhir pekan ini?

Kali ini Solopos.com memiliki rekomendasi tempat wisata memetik buah, khususnya yang berada di Karanganyar. Tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi baik bersama teman apalagi keluarga. Selain bisa menikmati pemandangan dan nuansa pegunungan yang sejuk, pengunjung juga bisa merasakan sendiri hasil panennya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Inilah dia beberapa tempat wisata memetik buah yang Solopos.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Kebun Stroberi Warung Biru

wisata petik buah karanganyar
Kebun Stroberi Warung Biru. (Instagram/@kebunstrawberrywarungbiru)

Kebun stroberi Warung Biru berlokasi di Jl. Tembus ke Barat, Kramat, Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-16.00 WIB.

Waktu berkunjung yang direkomendasikan ialah pagi atau sore. Karena jika berkunjung siang hari akan terasa sangat terik meski udara masih terasa dingin.

Sebelum masuk ke kebun, pengunjung akan dibekali wadah berupa cething dan gunting. Gunanya tentu untuk memetik buah stroberi.

Baca Juga: Berharap Desa Wisata Maju, Pemkab Karanganyar Bentuk Forkom Pokdarwis

Selain bisa merasakan sendiri sensasi memetik buah stroberi, pengunjung juga bisa belajar bagaimana cara memetik yang benar. Pengunjung tentu bisa membawa pulang stroberi yang sudah dipanen sendiri. Cukup menggantinya Rp100 ribu/kg.

2. Agrowisata Jambu Merah Ngargoyoso (PUJA)

wisata petik buah karanganyar
Agrowisata Jambu Merah Ngargoyoso (PUJA) (Instagram/@wisata.jambumerah)

Spot wisata berikutnya adalah Agrowisata Jambu Merah Ngargoyoso. Lokasinya di Candi, RT 002/RW 004, Desa Jatirejo, Kecamatan Ngargoyoso. Objek wisata ini buka setiap hari mulai 08.00-17.00 WIB.

Harga tiket masuknya  terjangkau, hanya Rp75.000 (tahun 2021). Wisatawan bisa menikmati jambu dan memanennya. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa berfoto ria dengan panorama Gunung Lawu yang memanjakan mata.

Agrowisata ini juga menyediakan beberapa kuliner olahan jambu yang bisa jadi oleh-oleh seperti jus, sari buah jambu merah, pangsit, keripik, dan es krim. Ada pula peyek daun jambu, teh, dan selai yang semuanya terbuat dari pohon jambu merah.

Baca Juga: Berbeda dari Candi Hindu Biasanya, Begini Asal Usul Candi Cetho

Pengunjung yang membawa anak-anak juga tidak perlu khawatir karena tersedia permainan anak-anak. Seperti jungkat-jungkit, ayunan, hingga lokasi untuk outing class.

Selain berwisata dan memetik jambu, para pengunjung juga bisa belajar cara merawat tanaman dan memanen jambu.

3. Wisata Petik Anggur Agrowisata Kembang Desa Dawung

wisata petik buah karanganyar
Agrowisata Kembang Desa Dawung. (Instagram/@wisatakembang_desa)

Setelah sukses dengan taman bunga, Agrowisata Kembang Desa Dawung tengah mengembangkan wisata petik anggur. Lokasinya di Manjar, Desa Dawung, Kecamatan Matesih.

Kepala Desa (Kades) Dawung, Suyadi, mengatakan wisata petik anggur segera dibuka untuk umum. Pembangunannya Agrowisata Kembang Desa Dawung sudah mendekati rampung.

“Tanamannya sebagian sudah mulai berbuah. Tinggal menunggu saja merampungkan yang kecil-kecil,” ujarnya ketika dijumpai Solopos.com, Minggu (17/7/2022).

Meskipun belum dibuka untuk umum, tetapi Agrowisata Kembang Desa Dawung juga menghadirkan pesona taman bunga, wahana waterboom, kebun binatang mini, kemudian budidaya petik anggur serta pusat oleh-oleh bakpia.

Itulah dia beberapa  agrowisata dengan pengalaman memetik buah sendiri yang bisa jadi pertimbangan untuk berakhir pekan. Selamat berlibur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya