SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KULONPROGO — Setelah bantuan ternak kambing dari Gubernur DIY tidak membuahkan hasil, warga miskin diDesa Hargowilis, Kokap, Kulonprogo akan membudidayakan ayam buras serta menanam Pisang jenis Raja Bulu. Dana pemberdayaan berasal dari Pemerintah DIY.

Demikian inti pertemuan antara Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo bersama beberapa pimpinan SKPD dengan warga Hargowilis di balai desa setempat, akhir pekan lalu. Hasto menjelaskan agar tidak mengulangi kesalahan yang sama seperti beberapa tahun sebelumnya, sistem bantuan yang dipakai berbeda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dulu bantuan kambing warga langsung menerima, sementara untuk usaha ayam dan pisang merupakan usulan dari masing-masing warga dan dibentuk kelompok, bibit pun mencari sendiri dengan arahan dari instansi terkait. Pemda DIY hanya mentransfer uang ke rekening masing-masing  bendahara kelompok dan pekan depan direncanakan telah cair,” jelas Hasto.

Beberapa tahun lalu Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X menyalurkan ribuan ekor kambing namun program pemberdayaan itu tidak berhasil karena warga tidak membentuk kelompok pemberdayaan sehingga angka penjualan kambing bantuan tidak terkendali.

Hasto meminta warga fokus menjalankan usaha tersebut, karena hal itu merupakan pilihan dari warga dan harus dipertanggungjawabkan. Dana pemberdayaan dari Pemerintah DIY tersebut berjumlah Rp476 juta, untuk mengentaskan 625 keluarga miskin dengan 38 kelompok warga di Desa Hargowilis, juga dana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) dari BPD DIY sebesar Rp100 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya