Kategori: Bisnis

Ini Situs Belanja Online Terfavorit Masyarakat Indonesia, Cowok Punya Pilihan Sendiri


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, JAKARTA -- Snapcart melakukan survei situs belanja online pilihan masyarakat Indonesia selama Ramadan dan masa pandemi Covid-19. Survei ini menunjukkan Shopee sebagai situs belanja online yang paling diingat (top of mind) konsumen.

Survei Snapcart juga mengungkap para laki-laki punya pilihan e-commerce sendiri. Situs lain seperti Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak cenderung disukai kaum laki-laki konsumen.

Snapcart adalah aplikasi mobile yang memungkinkan pembeli mendapatkan cashback dari foto struk belanja pengguna. Aplikasi ini juga memungkinkan brand dapat berinteraksi lebih dalam dengan konsumer melalui aktivitas di aplikasi, misalnya dengan survei.

Kabar Duka, Pelawak Senior Omas Meninggal Dunia

Direktur Snapcart Astrid Wiliandry mengatakan masyarakat mencari opsi yang lebih aman untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan dari rumah di saat kebijakan physical distancing diberlakukan. Berbelanja online menjadi pilihan utama konsumen.

"Masyarakat menempatkan Shopee sebagai situs yang paling diminati berbelanja saat Ramadan yang bertepatan dengan pandemi Covid-19 karena banyak faktor," kata Wiliandry dalam keterangan tertulis seperti dikutip Bisnis.com, Jumat (3/7/2020).

Menurutnya, Shopee menjadi lebih unggul karena ragam produk yang lebih menarik dan tawaran harga yang lebih kompetitif. Selain itu, situs belanja online pilihan masyarakat Indonesia ini juga melengkapi platformnya dengan fitur yang memperpanjang time spent dan engagement di dalam aplikasi.

Pabrik Tekstil PT Bati di Purwosuman Sragen Kebakaran

Paling Sering Digunakan untuk Belanja Online

Snapcart melakukan riset dengan melibatkan 1.000 responden survei dari seluruh Indonesia selama Ramadan dan Hari Raya Lebaran 2020. Hasilnya, 66% memilih Shopee sebagai situs belanja online yang paling diingat. Khusus di Jabodetabek, Shopee mengumpulkan angka 58%, adapun di luar Jabodetabek meraih 72%.

E-commerce Indonesia berikutnya yang paling diingat adalah Tokopedia (16%), diikuti Lazada (12%), Bukalapak (4%), dan berikutnya Blibli, JD.ID, Akulaku, OLX, dan Sociolla.

Hasil riset Snapcart juga menempatkan Shopee sebagai situs belanja online paling sering digunakan berbelanja (66%), termasuk di Jabodetabek (59%), dan luar Jabodetabek (72%). Berikutnya adalah Tokopedia (15%), Lazada (12%), dan Bukalapak (5%), disusul JD.ID, Blibli, Zalora, Sorabel, Berrybenka, Qoo10, dan Zilingo.

Gandeng Sritex, Produksi Tas Bansos dari Kemensos Serap 30.000 Pekerja

Dari perspektif gender, perempuan cenderung memilih Shopee sebagai sarana berbelanja (77%). Ini berkebalikan dengan situs lain yang cenderung lebih disukai laki-laki, yakni Tokopedia (22%),Lazada (14%), dan Bukalapak (9%).

Adapun berdasarkan kelompok umur, Shopee paling banyak disukai di kelompok umur konsumen 19-24 tahun (72%). Tokopedia lebih disukai kalangan 35 tahun ke atas (24%) dan Lazada lebih disukai kelompok umur kurang 19 tahun (14%). Sedangkan Bukalapak lebih disukai oleh kelompok umur 35 tahun ke atas (10%).

“Shopee menjadi pilihan utama bagi kelompok umur muda yaitu usia 19-24 tahun dan 25-30 tahun, kami menilai fitur-fitur Shopee lebih interaktif dan selalu ada tema baru pada setiap momentum,” ujar Astrid.

Share
Dipublikasikan oleh
Tika Sekar Arum