SOLOPOS.COM - Tentara Rusia menembakkan rudal ke Ukraina (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA-Ukraina melalui Kementerian Pertahanan mengklaim rudal Storm Shadow yang diberikan oleh Inggris berhasil mengenai semua target Rusia. “Rudal jarak jauh Storm Shadow telah mencapai 100% dari target yang diidentifikasi oleh Staf Umum,” tweet kementerian itu pada hari Minggu (8/5/2023), menghubungkan informasi tersebut dengan Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov. Dikutip dari Business Insider, Inggris memberi Ukraina rudal pada bulan Mei setelah Ukraina meminta senjata jarak jauh.

Rudal Storm Shadow memiliki jangkauan lebih dari 155 mil atau sekitar 250 kilometer, per MBDA, dikembangkan dari produsen rudal Eropa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Serangan itu terjadi menjelang serangan balik Ukraina yang telah lama ditunggu-tunggu untuk merebut kembali wilayah Ukraina yang diduduki oleh Rusia. “Ukraina yang memiliki misil Storm Shadow diperkirakan memiliki efek buruk pada moral pasukan Rusia, dan perwira serta komandan yang akan beroperasi di Ukraina,” kata George Barros, seorang analis Rusia di Institute for the Study of War ( ISW), sebuah wadah pemikir yang berbasis di Washington, mengatakan kepada Jake Epstein dari Insider.

Berita tentang serangan rudal Storm Shadow muncul setelah Ukraina melaporkan bahwa mereka telah menembak jatuh enam rudal Kinzhal Rusia pada 16 Mei, senjata yang sebelumnya diklaim Rusia “tak terhentikan”.

Posisi Rusia dalam perang semakin terlihat lemah, menyusul berita tentang rudal Kinzhal yang ditembak jatuh. Namun, Rusia mengklaim bahwa mereka telah mencegat dua rudal Storm Shadow baru milik Ukraina, bersama dengan peluncur HIMARS jarak pendek buatan AS, rudal HARM, dan 12 drone.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Spesifikasi Rudal Storm Shadow Ukraina, Lawan Tangguh Rudal Kinzhal Rusia”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya