Ilustrasi hujan (wallconvert.com)

Bencana alam di Wonogiri terjadi di sejumlah titik.

Solopos.com, WONOGIRI - Hujan disertai angin yang terjadi pada Sabtu (18/6/2016) sore menyebabkan terjadinya sejumlah bencana alam di Wonogiri. Sedikitnya ada empat bencana yang terjadi di lokasi berbeda.

Di Godean RT 04/RW 02, Sendang, Wonogiri, dua rumah mengalami rusak ringan akibat disapu angin. Peristiwa tersebut terjadi Sabtu sekitar pukul 17.00 WIB. "Kedua rumah mengalami kerusakan atap dan genting. Tidak ada korban jiwa, tapi kerugian sekitar Rp9 juta," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto, Minggu (19/6/2016).

Kedua rumah yang terdampak masing-masing milik keluarga Tiyem, 68 dan Kami, 70. Musibah angin ribut juga menyebabkan sejumlah pohon di tepi jalan raya Wonogiri-Ngadirojo kilometer 1,5. Pohon yang tumbang juga menimpa jaringan listrik dan telepon. Kejadian berlangsung sekitar pukul 20.15 WIB. Pohon yang tumbang langsung dievakuasi oleh personel BPBD.

Sementara itu di Kismantoro, bencana tanah longsor terjadi di Sembeng RT 02/RW 06, Lemahbang, Kismantoro pada pukul 20.00 WIB. Musibah tersebut menyebabkan satu rumah warga mengalami rusak sedang karena tertimbun material longsor. Kerugian yang ditimbulkan diperkirakan mencapai Rp50 juta. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Sedangkan di Selogiri, sebuah talut jembatan penghubung Desa Singodutan dan Pare, tepatnya di RT 01/RW 03, Pare, Selogiri, rusak parah akibat tergerus aliran sungai.

"Kejadiannya sekitar pukul 20.30 WIB. Talut yang rusak sepanjang 10 meter dengan ketinggian sekitar 3 meter. Kerugian diperkirakan mencapai Rp40 juta," kata dia.

Bambang mengatakan, pasca kejadian, seluruh warga terdampak bencana langsung dievakuasi. Pada Minggu pagi, BPBD yang dibantu sukarelawan, TNI, Polri dan warga masyarakat kembali melakukan kegiatan penanganan pemulihan lokasi bencana.

Beberapa hari terakhir, hujan mengguyur wilayah Wonogiri dan sekitarnya. Termasuk pada Sabtu sore. Sementara pada Minggu, cuaca di Wonogiri mendung sejak pagi hari. Hujan juga sempat turun di beberapa wilayah di Wonogiri pada Minggu siang.

Sebelumnya, pada Rabu (15/6/2016), bencana angin puting beliung juga terjadi di Girikikis, Giriwoyo. Sedikitnya ada delapan rumah warga dan satu pos keamanan lingkungan yang mengalami kerusakan pada bagian atap. Camat Giriwoyo, Sariman, mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten