Ini Rentetan Acara Car Free Night Solo Saat Tahun Baru
Rentetan acara di Car Free Night Solo (Facebook/Yayok Aryoseno)

Car Free Night Jl Slamet Riyadi menjadi pusat kegiatan malam pergantian tahun di Solo.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyelenggarakan malam bebas kendaraan bermotor atau car free night di sepanjang Jl. Slamet Riyadi ruas perempatan Omah Lowo Purwosari hingga bundaran Gladag pada malam pergantian tahun 2017, Sabtu (31/12/2016) pukul 20.00 WIB-24.00 WIB.

Terdapat enam panggung hiburan berukuran 8 x 6 meter yang telah disiapkan antara lain di depan Solo Grand Mall (CSR Telkomsel), depan Plasa Sriwedari (CSR Pertamina), depan BTN (promosi Solo Great Sale 2017), simpang empat Ngarsopuro (CSR Bank Jateng), simpang empat Nonongan (seni mural/grafiti dari Sardono W.Kusuma), serta bundaran Gladag (CSR Bank Solo).

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Sri Baskoro, menyampaikan menginjak tahun keenam, malam bebas kendaraan bermotor diselenggarakan dengan menutup total Jl. Slamet Riyadi ruas perempatan Omah Lowo Purwosari hingga Gladag.

“Kami mendapatkan masukan dari berbagai pihak, untuk tahun ini Jl. Slamet Riyadi dari Purwosari-Gladag ditutup total selama empat jam. Perempatan Gendengan dan Ngapeman yang biasanya kami buka, juga ditutup untuk meningkatkan pengunjung CFN,” terang dia saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Rabu (28/12/2016).

Baskoro memroyeksikan ada 25.000 pengunjung yang akan menikmati malam pergantian tahun di sepanjang arena malam bebas kendaraan bermotor. “CFN masih menjadi magnet bagi pengunjung. Tahun ini di sekitar Solo juga sudah menyelenggarakan atraksi pada malam pergantian tahun seperti di Boyolali, Solo Baru, dan Tawangmangu,” jelasnya.

Terkait penyediaan lahan parkir bagi pengunjung, dia menyebutkan sejumlah ruas jalan akses masuk ke CFN Jl. Slamet Riyadi bisa dimanfaatkan sebagai tempat parkir dengan tarif reguler. Jalur lambat sepanjang jalan protokol Kota Bengawan ditetapkan steril kendaraan.

Rekayasa Lalu Lintas

Disinggung soal rekayasa lalu lintas, Baskoro mengatakan Jl. dr. Radjiman berlaku dua arah saat penyelenggaraan CFN. “Sementara Jl. dr. Radjiman diberlakukan dua arah. Untuk ruas jalan lain, ditetapkan tentatif melihat situasi di lapangan,” katanya.

Berbarengan dengan penyelenggaraan CFN, dia menyebutkan di Balai Kota juga diselenggarakan acara pelantikan pejabat struktural oleh Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo. “Tamu undangan pelantikan masuk ke Balai Kota mulai pukul 18.30 WIB. Acara baru selesai pada pukul 00.00 WIB. Ada 909 PNS yang dilantik,” terangnya.

Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas di sekitar kompleks Balai Kota Solo, dia mengimbau kepada tamu undangan yang datang agar meminimalkan penggunaan kendaraan roda empat. “PNS kami imbau naik sepeda motor saja saat pelantikan. Bisa juga diantar oleh keluarganya. Atau berangkat berbarengan dengan mobil. Tidak satu pejabat satu mobil,” sarannya.

Ihwal persiapan CFN sekaligus pelantikan pejabat struktural di Balai Kota, Baskoro menyebutkan ada 125 personel yang diturunkan pada malam perayaan tahun baru 2017. Pihaknya juga berkoordinasi dengan Polresta Solo untuk pengamanan.

Ditemui secara terpisah sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo, Eny Tyasni Suzana, mengatakan pihaknya mendapatkan dukungan dari kalangan swasta dan masyarakat untuk menyelenggarakan panggung hiburan di malam pergantian tahun 2017. “Pemkot tidak menganggarkan. Kami mendapatkan dukungan masyarakat dan CSR,” terangnya.

Eny mengatakan CFN bakal dimeriahkan dengan pertunjukan seni tradisional serta penampilan puluhan band dari berbagai genre musik antara lain pop, rok, hingga keroncong.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom