SOLOPOS.COM - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kedua kanan) berbincang dengan Kepala BNPB Doni Monardo (kiri), dan Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) sebelum memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/7/2020). Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) tentang Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang di dalamnya mengatur pembentukan tim penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi. (Antara/Sigid Kurniawan/POOL/wsj).

Solopos.com, JAKARTA - Ketua Pelaksana Komite Kebijakan Pengendalian Covid-19 Dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Erick Thohir, menargetkan pemaparan program dapat dilakukan pada pekan ini.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo membentuk komite kebijakan pengendalian Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Hal ini diatur dalam peraturan pemerintah (PP) yang ditandangani, Senin (20/7/2020).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menjabat sebagai ketua komite adalah Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri BUMN Erick Thohir menjadi ketua pelaksana.

Duh! Sampah Berserakan di Kawasan Wisata Kemuning Karanganyar

Erick yang juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), menyampaikan tim komite pengendalian Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional akan langsung mengadakan rapat hari ini. Pembahasan seputar penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

"Kami harapkan garis besarnya bisa besok, sehingga Rabu kita sampaikan ke Pak Menko [Airlangga Hartarto]. Pekan ini programnya insya Allah akan paparkan ke Presiden secara langsung," paparnya, Senin (20/7/2020).

Menurut Erick adanya komite baru memberikan sinyal positif penanganan Covid-19 dan perekonomian akan berjalan beriringan. Tim komite tentunya akan berusaha keras mengentaskan problem bersama dengan kementerian lain, sesuai tupoksi masing-masing.

Jokowi Tunjuk Erick Thohir Pimpin Tim Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi

"Kedua hal ini [penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional] akan jalan seiring. Penanganan akan bersamaan," ujarnya.

 

Koordinasi

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan mendapatkan perintah mengkoordinasikan komite kebijakan bersama menteri koordinator lainnya serta Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri. Tim ini juga dilengkap oleh Menteri Kesehatan dan Menteri BUMN.

“Menteri BUMN yang koordinasikan ketua satgas perekonomian dan ketua satgas Covid-19 tetap ditangani Pak Doni Monardo dan satgas perekonomian ditangani Pak Wamen BUMN, Pak Budi Gunawan Sadikin,” kata Airlangga seusai rapat dengan Presiden Jokowi, Senin (20/7/2020).

PDIP Solo Coba Gamit Purnomo Dukung Tim Pemenangan Gibran-Teguh

Dia menjelaskan bahwa komite kebijakan akan bertugas untuk memantau situasi perekonomian dan perkembangan penanganan Covid-19.

Pemerintah melihat pemulihan pandemi Covid-19 akan memakan waktu beberapa tahun ke depan. Oleh sebab itu komite kebijakan diminta sepenuhnya merencanakan dan mengeksekusi program-program terkait penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya