SOLOPOS.COM - Marc Marquez (Crash.net)

Marc Marquez tampil gemilang di ajang Motogp.

Solopos.com, MOTEGI – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, baru saja memastikan gelar juara dunia Motogp 2016. Meski musim belum berakhir, namun poin Marquez sudah tak mungkin lagi dikejar oleh para rival di tiga seri sisa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ini menjadi gelar juara dunia ketiga bagi Marquez di kelas Motogp. Hal itu sekaligus menjadikan Marquez sebagai pembalap termuda yang mampu meraih tiga gelar juara dunia Motogp. Saat memastikan kemenangan di Motegi, Jepang, Minggu (16/10/2016) kemarin, usia Marquez baru 23 tahun 242 hari.

Selain rekor itu, Marquez juga sudah mencatatkan beberapa rekor lainnya di balapan kuda besi ini yang mulai ia ikuti pada 2013 lalu. Berikut beberapa rekor Marquez di ajang Motogp seperti dikutip dari Okezone.com, Selasa (18/10/2016):

1. Pembalap yang Meraih 13 Pole Position dalam Satu Musim (2014)

Menjalani tahun kedua di kelas Motogp, Marquez kembali menunjukkan tajinya sebagai pembalap muda berbakat. Di usia yang baru 21 tahun kala itu, pembalap berjuluk The Baby Alien tersebut berhasil mencatatkan 13 kali pole position.

2. Pembalap yang Paling Banyak Meraih Kemenangan di Satu Musim (2014)

Balapan Motogp 2014 benar-benar menjadi milik seorang Marc Marquez. Selain sukses meraih 13 pole position, ia juga berhasil mencatatkan rekor sebagai pembalap yang paling banyak meraih kemenangan dalam satu musim. Dari 18 seri, Marquez berhasil meraih 13 kemenangan.

3. Satu-satunya Pembalap Honda yang Memastikan Gelar Juara di Motegi (2014 dan 2016)

Sirkuit Motegi sepertinya benar-benar berarti banyak bagi Marquez. Bagaimana tidak, dalam tiga tahun kariernya di kelas Motogp, ia dua kali memastikan gelar juara dunia di sirkuit yang memiliki panjang lintasan 4,8 kilometer tersebut. Fakta tersebut ternyata menempatkan nama Marquez sebagai satu-satunya pembalap Honda yang meraih gelar juara di Motegi.

4. Pembalap Termuda yang Juara di Kelas Motogp (20 tahun 266 hari)

Marc Marquez sukses mencuri perhatian dunia saat kali pertama tampil di kelas Motogp pada 2013 lalu. Luar biasanya, ia langsung berhasil mengalahkan sejumlah nama tenar macam Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi dalam perebutan gelar juara dunia. Gelar juara dunia itu juga membuat Marquez tercatat sebagai pembalap termuda yang menjadi juara dunia di kelas Motogp dengan usia 20 tahun 266 hari.

5. Pembalap Termuda yang Meraih Tiga Gelar Juara Motogp (23 tahun 242 hari)

Selain menjadi pembalap termuda yang menjadi juara di kelas Motogp ternyata Marquez memiliki rekor yang hampir sama. Rider 23 tahun itu ternyata menjadi pembalap termuda yang meraih tiga gelar juara dunia tepatnya di usia 23 tahun 242 hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya