SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SUKOHARJO –Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukoharjo  menyiapkan manajemen dan rekayasa lalu lintas untuk mencegah kemacetan.

Daerah yang rawan macet saat arus mudik dan balik Lebaran salah satunya adalah sekitar Bundaran Kartasura. Penumpukan kendaraan bermotor diprediksi terjadi di sekitar Bundaran Kartasura.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Sukoharjo, Ahmad Saryono, mengatakan arus mudik Lebaran diprediksi meningkat dibanding tahun sebelumnya. Kendaraan bermotor pribadi seperti mobil dan sepeda motor bakal mendominasi jalur mudik Lebaran. Para pemudik dari wilayah Jakarta dan sekitar yang hendak pulang kampung ke wilayah Jawa Tengah maupun Jawa Timur dipastikan melewati Bundaran Kartasura.

“Kami bakal berkoordinasi dengan Satlantas Polres Sukoharjo untuk menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Bundaran Kartasura,” kata Ahmad Saryono saat ditemui wartawan di kantornya, Senin (13/5/2019).

Bundaran Kartasura merupakan titik temu arus lalu lintas dari Jogja-Solo dan Semarang-Solo. Peningkatan volume kendaraan bermotor berimplikasi pada kemacetan arus lalu lintas.

Dia memperkirakan peningkatan volume kendaraan bermotor terjadi dari arah Jogja-Solo. “Kendaraan yang melewati ruas jalan tol Solo-Kertosono [Soker] bakal keluar melewati pintu tol di Ngasem, Boyolali, dan Klodran. Tidak ada masalah jika kendaraan lewat jalan tol,” ujar dia.

Manajemen dan rekayasa lalu lintas yang disiapkan tak jauh berbeda dengan Lebaran tahun lalu. Arus lalu lintas dari Semarang dialihkan melewati Jl. Indronoto dan Luwes Kartasura. Sementara arus lalu lintas dari Jogja-Solo dialihkan ke simpang tiga Parangtejo melewati underpass Makamhaji. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya