Wali Kota Maidi memimpin Upacara Peringatan HUT ke-101 Kota Karismatik Madiun di halaman Balai Kota Madiun, Kamis (20/6/2019). (Antara-Diskominfo Kota Madiun)

Madiunpos.com, MADIUN -- Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, menggelar Upacara Peringatan Hari Jadi ke-101 Kota Karismatik Madiun di halaman Balai Kota Madiun, Kamis (20/6/2019).

Pada kesempatan itu, Wali Kota Madiun Maidi berharap peringatan hari jadi bukan seremonial semata, namun sebagai pemicu agar aparatur sipil negara yang ada di dalamnya semakin optimal dalam memberikan layanan publik ke masyarakat.

"Peringatan hari jadi harus dijadikan sebagai momentum merefleksikan diri. Baik apa yang sudah, sedang, dan akan dilakukan ke depan. Tujuannya, demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat," ujar Wali Kota Maidi dalam sambutannya.

Dia menjelaskan semakin bertambahnya usia, kualitas sumber daya manusia khususnya untuk aparatur sipil negara di Pemerintahan Kota Madiun harus semakin meningkat.

"Tatkala pengalaman banyak, pelayanan harus semakin baik supaya memudahkan masyarakat dan mensejahterakan semuanya," kata dia.

Maidi menegaskan semua capaian yang ada tentu bukan hanya karena kinerja satu dua pihak. Tanpa dukungan semua pihak, ungkap dia, tidak mungkin Kota Madiun bisa maju seperti sekarang ini.

Oleh sebab itu, Wali Kota Maidi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja dan mengabdikan diri demi kemajuan Kota Madiun.

Pihaknya juga mengajak jajarannya dan masyarakat untuk menghormati dan menghargai jasa para pahlawan, khususnya leluhur Kota Madiun. Tanpa kerja keras dan pengorbanan mereka, ungkap Maidi, mustahil Kota Madiun dapat menjadi seperti sekarang ini.

Untuk memperingati hari jadi kota Madiun yang dirayakan setiap tanggal 20 Juni dan tahun ini genap berusia 101 tahun, Pemkot Madiun menggelar berbagai agenda perayaan diprakarsai oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora).

"Perayaan Hari Jadi kali ini mengambil tema Harmoni Nusantara. Tema ini diambil karena perayaan berkaitan dengan seni, budaya, wisata, dan olahraga. Ada belasan kegiatan yang terangkum dalam Charismatic Festival," ungkap Kepala Disbudparpora Kota Madiun Agus Purwowidagdo.

Menurut Agus rangkaian kegiatan peringatan tersebut tidak hanya menyuguhkan hiburan. Namun, juga media pelestarian budaya, seni, dan olahraga. Kegiatan juga mengedepankan edukasi bagi masyarakat. Terutama tentang Kota Madiun dan nusantara pada umumnya.

Sejumlah kegiatan yang akan digelar dalam perayaan Hari Jadi ke-101 Kota Madiun antara lain Kenduri Akbar pada Rabu (19/6/2019) malam. Ada 164 tumpeng dalam kenduri yang digelar di Balai Kota tersebut.

Kemudian Nikah Massal telah digelar pada Kamis (20/6/2019) yang diikuti enam pasangan. Kegiatan nikah massal diselenggarakan di Rumah Dinas Wali Kota Madiun dan berbagai kesenian meramaikan kegiatan tersebut.

Ada pula Charismatic Night Carnival Jumat ini dengan rute mulai dari Jl. Pahlawan, peserta akan melewati Jl. Cokroaminoto, Musi, dan finis di Jl. Agus Salim.

Selanjutnya ada Panggung Gembira Indosiar yang berlangsung pada 22-23 Juni 2019. Kegiatan ini bisa dibilang puncak peringatan Hari Jadi. Dijadwalkan terdapat 21 artis ibu kota yang akan menghibur selama gelaran dua hari dua malam tersebut. Kegiatan itu juga disiarkan secara langsung di stasiun televisi Indosiar.

Kemudian Festival Pencak Silat yang merupakan rangkaian dari Panggung Gembira Indosiar. Festival Pencak Silat dijadwalkan Sabtu 22 Juni 2019 mulai pukul 07.00 WIB. Lalu, Festival Pecel Pincuk yang merupakan kegiatan kuliner khas Kota Madiun. Kegiatan itu juga menjadi bagian dari Panggung Gembira Indosiar yang digelar di Alun-alun Madiun pada 23 Juni 2019 dengan sebanyak 15.000 pecel pincuk gratis untuk masyarakat.

Selain itu, masih ada Pagelaran Budaya Wayang Orang, Madioen Tempo Doeloe, Festival Kuliner Nusantara, Gowes Onthelis, serta Seni Pencak Silat Nusantara.

Adapun Seni Pencak Silat Nusantara jilid II ini dijadwalkan 25-27 Juli 2019 di GOR Wilis Kota Madiun. Kegiatan bertaraf nasional tersebut rencananya dibuka Menpora Imam Nahrawi dan sekaligus sebagai penutup rangkaian kegiatan perayaan dan peringatan Hari Jadi ke-101 Kota Madiun.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten