SOLOPOS.COM - Pemilik studio Jagad Art Work Muhammad Iqbal Firmansyah sedang mengangkut replika dinosaurus di studio miliknya yang terletak di Petet, Potorono, Banguntapan pada Jumat (18/2/2022). (harianjogja.comCatur Dwi Janati)

Solopos.com, BANTUL — Usaha anti-mainstream digeluti Muhammad Iqbal Firmansyah. Pemuda pemilik studi Jagad Art Network di Kalurahan Potorono, Kapanewon Banguntapan, Bantul itu adalah seorang kreator replika dinosaurus.

Ia bisa membuat beragam jenis replika hewan purba itu, seperti raptor dan triceratop. Karyanya sudah pernah dipamerkan saat soft launching Taman Dinosaurus di kawasan Embung Potorono pada Minggu akhir Januari 2022 lalu. Hasilnya, dahsyat!

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Embung yang biasanya sepi langsung dipadati pengunjung yang penasaran dengan kehadiran hewan-hewan prehistorik karya Iqbal. Selain bentuknya yang sangat mirip dengan aslinya, seperti yang dilihat di film-film, replika dinosaurus buatan Iqbal juga bisa dinaiki bahkan menarik gerobak.

replika dinosaurus bantul

Pemilik studio Jagad Art Work Muhammad Iqbal Firmansyah sedang membuat replika dinosaurus di studio miliknya yang terletak di Petet, Potorono, Banguntapan pada Jumat (18/2/2022). (harianjogja.comCatur Dwi Janati)

Ditemui pada Jumat (18/2/2022), Iqbal bercerita usahanya membuat replika dinosaurus tak lepas dari pengalaman kurang mengenakkannya pada 2017 silam. Saat itu, di suatu tempat yang tak ia sebutkan, dipamerkan replika dinosaurus yang menarik perhatiannya.

Ia kemudian mendekat dan mencoba menyentuhknya namun dilarang oleh petugas. Iqbal pun kecewa. Dari situ terbesit dibenaknya keinginan untuk membuat sendiri replika dinosaurus. Tak disangka, kini usaha pembuatan replika dinosaurus Iqbal sudah berkembang dan bisa diandalkan. Area pemasarannya kini sudah ke berbagai penjuru Indonesia.

“Jadi memang awalnya tidak ada niatan untuk produksi. Karena waktu itu saya datang ke tempat wisata, kan ada display, dinosaurus juga, kita memegang enggak boleh akhirnya ada ide untuk buat sendiri,” terangnya.

Baca Juga: Keren, Neuralink Klaim Bisa Bikin Jurassic Park Jadi Kenyataan

Dinosaurus potorono bantul
Pemilik studio Jagad Art Work Muhammad Iqbal Firmansyah menunjukan sejumlah replika dinosaurus di studio miliknya yang terletak di Petet, Potorono, Banguntapan pada Jumat (18/2/2022). (harianjogja.com/Catur Dwi Janati)

Dalam setahun ia dapat menjual puluhan replika dinosaurus beragam ukuran. Setidaknya 30 unit replika dinosaurus dan tokoh wayang dalam setahun dapat Iqbal buat bersama delapan orang pekerjanya masih kerabat dan warga sekitar. Harga replika dinosaurus dijual dari rentang Rp5 juta sampai Rp90 juta per ekornya.

Butuh waktu bertahun-tahun bagi Iqbal untuk mencari material yang tepat untuk membuat replika dinosaurus. Bahan-bahan itu seperti busa, lapisan lateks, kerangka besi,  dan material lainnya.

Awalnya Iqbal hanya bisa membuat replika dinosaurus setinggi 150 sentimeter. Kini ia bisa membuat dinosaurus leher panjang dengan ukuran tujuh meter. Beberapa replika dinosarus Iqbal bisa berjalan digerakkan oleh motor listrik. Seperti replika raptor dan triceratop.

taman dinosaurus bantul
Sejumlah pejabat menjajal gerobak dino saat peluncuran Taman Dinosaurus pada 30 Januari 2022. (Istimewa/Kapanewon Banguntapan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya