Ini Politikus PDIP yang Berpotensi Gantikan Sukamto di DPRD Sragen

Naniek Budhi Darmawati berpotensi jadi anggota DPRD Sragen menggantikan Sukamto yang meninggal dunia pada Rabu (18/5/2022).

 Sukamto. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Sukamto. (Istimewa)

Solopos.com, SRAGEN — Naniek Budhi Darmawati berpotensi mengisi kekosongan kursi yang ditinggal Sukamto di DPRD Sragen. Politikus PDIP Sragen, Sukamto, meninggal dunia pada Rabu (18/5/2022) di RS UNS Solo karena sakit.

Pada Pileg 2019 lalu, Naniek Budhi Darmawati mendapatkan suara terbanyak kelima di bawah Sukamto di daerah pemilihan (dapil) Sragen 1 yang meliputi Masaran, Sragen, dan Sidoharjo. Di dapil tersebut, PDIP mendapatkan empat kursi.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Empat kursi itu diduduki Sugiyamto dengan perolehan 9.317 suara, Suparno 7.549 suara, Heru Waluyo 7.374 suara, dan Sukamto mendapat 4. 854 suara. Setelah Sukamto meninggal dunia maka otomatis Naniek Budhi Darmawati yang meraup 1.364 suara, berpotensi mengisi kursi yang ditinggalkan Sukamto.

“Yang berpotensi Bu Naniek Budhi. Untuk selebihnya bisa hubungi Divisi Teknis,“ ujar Ketua KPU Sragen, Minarso, saat dihubungi Solopos.com, Kamis (19/5/2022).

Baca Juga: Innalillahi, Anggota DPRD Sragen dari PDIP Sukamto Meninggal Dunia

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Sragen, Muhsin, menerangkan untuk pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPRD Sragen diambilkan dari calon dengan perolehan suara terbanyak berikutnya. Melihat SK Penetapan KPU Sragen No. 101/2019, maka Naniek Budhi Darmawati berpotensi naik menggantikan posisi Sukamto.

“Proses PAW menunggu proses dari DPRD. Tahapannya, partai politik menyurati DPRD untuk proses PAW. Kemudian DPRD berkirim surat ke KPU. Lalu KPU memproses surat DPRD itu paling lama lima hari. Nanti KPU melakukan rapat pleno untuk memberi jawaban ke DPRD dengan menyertakan berita acara,“ jelas Muhsin.

Dia menerangkan prosesnya hampir sama saat PAW Suroto yang mengundurkan diri karena menjadi Wakil Bupati Sragen. Proses PAW untuk legislator yang meninggal dunia lebih cepat prosesnya. “Proses PAW itu tergantung parpol dan pimpinan DPRD,” ujarnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Tiap Tahun Penduduk Indonesia Buang Porsi Makan 125 Juta Orang

+ PLUS Tiap Tahun Penduduk Indonesia Buang Porsi Makan 125 Juta Orang

Data Program Lingkungan PBB (UNEP) menyebut Indonesia menjadi negara yang paling banyak menghasilkan sampah makanan di Asia Tenggara yang setara dengan porsi makan 61 juta hingga 125 juta orang atau 29-47% populasi.

Berita Terkini

Peringati Harganas, Bupati Boyolali: Masih Ada 4.065 Kasus Stunting

Bupati Said mengungkapkan berdasarkan data 2021, angka stunting di Boyolali berada di angka 8 persen atau ada 4.065 kasus stunting.

Kekerasan Libatkan Perempuan dan Anak di Wonogiri Capai 12 Kasus

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri meminta masyarakat turut berperan aktif mencegah dan melaporkan peristiwa kekerasan yang melibatkan perempuan dan anak.

Wujud Bus Bumel Setan Rute Solo-Wonogiri, Pernah Naik?

Seorang sopir bus bumel rute Solo-Wonogiri yang disebut sebagai bus setan setia mengaspal jalanan selama 27 tahun terakhir.

3.800 Sapi di 6 Kecamatan di Sragen Bakal Divaksin PMK Akhir Pekan Ini

Sebanyak 3.800 ekor sapi di eks Kawedanan Gemolong, Sragen, akan divaksin PMK pada akhir pekan ini. Vaksinasi ini akan melibatkan mahasiswa UGM dan 43 mantri hewan.

27 Tahun Ngaspal Jalanan, Sopir Bus Bumel Setan Wonogiri Tetap Setia

Seorang sopir bus bumel rute Solo-Wonogiri yang disebut sebagai bus setan setia mengaspal jalanan selama 27 tahun terakhir.

Bakul Sapi Minta Penutupan Pasar Hewan Boyolali Tak Diperpanjang Lagi

Dibanding opsi penutupan pasar hewan di Boyolali, Juni memilih mengusulkan pengetatan aturan saat sapi-sapi masuk.

Jembatan Mojo Solo Kembali Mulus Akhir November, Begini Tahapannya

Rencana pembongkaran sampai pemasangan kembali Jembatan Mojo Solo akan dimulai 5 September sampai 6 November 2022 sehingga bisa kembali dilalui kendaraan pada akhir November 2022.

PMK Merajalela, Belasan Peternak Sapi di Karanganyar Malah Tolak Vaksin

Sejumlah peternak di Karanganyar menolak sapi mereka diberi vaksinasi untuk mencegah tertular penyakit mulut dan kuku (PMK).

Sepi Penumpang, Kru Bus Bumel Solo-Wonogiri Kudu Setoran Rp1 Juta/Hari

Awak bus bumel jurusan Solo-Wonogiri harus setoran minimal Rp1 juta per hari kepada juragan meskipun sepi penumpang.

Perdana! 101 Ekor Sapi Ternak di Karanganyar Disuntik Vaksin PMK

Dispertan PP Kabupaten Karanganyar mulai melaksanakan vaksinasi perdana penyakit mulut dan kuku atau PMK bagi hewan ternak sapi pada Rabu (29/6/2022).

Bus Bumel Solo-Wonogiri Pernah Jaya, Kini: Hidup Segan Mati Tak Mau

Bus bumel jurusan Solo-Wonogiri yang pernah berjaya hingga awal 2000 kini sangat memprihatinkan.

Ngebut, Internet XL Axiata di Jalur KRL Solo-Jogja Waz Wuzzz.. 

Jaringan internet XL Axiata di sepanjang jalur KRL Solo-Jogja terus ditingkatkan agar kecepatannya stabil dan terus ngebut.

Area Car Free Sunday Wonogiri Akan Bebas Asap Rokok, Anda Setuju?

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, meminta agar area Car Free Sunday (CFS) di Wonogiri menjadi ruang yang ramah anak, yakni melarang pengunjung merokok.

Memaknai Acara Bur-Buran Ayam Nadaran Pada Tradisi Mondosiyo

Acara bur-buran ayam nadaran atau melepas ayam dalam tradisi Mondosiyo memiliki makna filosofis bagi warga Pancot, Tawangmangu, Karanganyar yang menggelarnya.

Hore! Pasar Hewan di Klaten Sudah Buka Hari Ini, Cek Dulu SOP-nya

Pemkab Klaten kembali membuka seluruh pasar hewan di Klaten mulai Rabu (29/6/2022) setelah ditutup selama lebih dari sebulan untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).