Tutup Iklan
Presiden Joko Widodo dan putranya Gibra Rakabuming Raka serta cucunya Jan Ethes mengenakan busana adat Bali saat menghadiri upacara HUT Kemerdekaan ke-74 RI di Istana Merdeka, Sabtu (17/8). JIBI/Bisnis/Amanda Kusumawardhani

Solopos.com, JAKARTA -- Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan RI di halaman Istana Merdeka, Sabtu (17/8/2019), berlangsung lancar. Pada kesmepatan itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menitipkan pesan persatuan kepada masyarakat Indonesia.

"Pada hari yang berbahagia ini saya ingin mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-74 tahun," kata Presiden Jokowi.

Menurut Jokowi, keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah harga mati yang harus dijaga dan ditempatkan di tempat paling penting.

Tak hanya itu, dia mengungkapkan pesta demokrasi yang telah berlangsung di Indonesia mulai dari pemilihan wali kota, bupati, gubernur, hingga presiden jangan sampai merusak kesatuan dan persatuan Indonesia.

Semangat persatuan tersebut juga ditunjukkan dengan konsistensi Jokowi dalam mengenakan pakaian daerah berbagai provinsi dan suku yang ada di Indonesia.

Jokowi yang datang bersama cucunya, Jan Ethes, dan anak sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, tersebut kompak mengenakan setelan adat Bali.

Jokowi mengenakan baju yang didominasi warga gelap, Gibran memakai baju warna putih, dan Ethes memakai baju berwarna kuning, lengkap dengan ikat kepalanya.

"Kita kan sudah 5 tahun ini sudah ganti-ganti [pakaian adat]. Dulu pernah Aceh, Sumatra Barat, pernah Kalimantan Selatan, pernah Sunda, Jawa, Betawi kemudian ke sana Bali, Sasak, Bugis pernah semua," ujarnya ringan.

Sementara itu, Ibu Iriana Joko Widodo mengenakan pakaian adat dari Suku Batak dengan dominasi warna merah.

Sebagai informasi, Jokowi mengenakan pakaian adat dari Provinsi Aceh ketika menghadiri Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-73 pada tahun lalu.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten