SOLOPOS.COM - Monumen Pancasila Sakti (Foto: jakarta.go.id)

Solopos.com, JAKARTAMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan saktinya Pancasila terletak bagaimana menjadikan nilai-nilai di dalamnya sebagai petunjuk dan tujuan hidup sehari-hari sebagai Bangsa Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Nadiem dalam pidato memperingati Hari Kesaktian Pancasila 2022 yang disiarkan lewat Youtube Kemendikbudristek, Jumat (30/9/2022). “Pancasila terletak kepada komitmen bersama kita mewujudkan kemerdekaan yang sebenar-benarnya merdeka bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk belajar dan berkarya,” ujarnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia juga menyampaikan Kemendikbudristek telah berkomitmen untuk terus menghadirkan transformasi yang selalu sejalan dengan pesan Bung Karno dalam pidato lahirnya Pancasila, yakni bahwa di atas kelima dasar Pancasila kita mendirikan negara Indonesia kekal dan abadi. Untuk itu, ujarnya, di atas kelima dasar Pancasila Nadiem mengajak terus bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya membawa Indonesia ke masa depan.

Baca Juga AirAsia Ride Segera Mengaspal di Indonesia

“Kita perlu bergotong royong untuk mewujudkan satuan pendidikan dan ruang-ruang kebudayaan yang aman dan nyaman, yang mengedepankan nilai-nilai inklusivitas, toleransi, serta bebas dari kekerasan,” tegasnya.

Nadiem mengatakan bahwa dirinya bangga bahwa tahun ini Indonesia telah menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia mampu pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. “Di forum-forum internasional seperti G20 serta Transforming Education Summit dan MONDIACULT yang diselenggarakan PBB kita memperkenalkan nilai-nilai luhur yang menjadi identitas bangsa Indonesia seperti gotong royong, Bhinneka Tunggal Ika serta Pancasila,” ungkap Nadiem.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Hari Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Nadiem Makarim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya