Ini Pesan Bupati Kudus Hartopo Saat Cek Ujian Tatap Muka

Menurut Bupati Kudus, kedisiplinan prokes guru dan murid menjadi kesuksesan pembelajaran tatap muka (PTM) di Kudus.

Ini Pesan Bupati Kudus Hartopo Saat Cek Ujian Tatap Muka

SOLOPOS.COM - Bupati Kudus, Hartopo saat meninjau pelaksanaan ujian tatap muka, Selasa (20/4/2021)

Solopos.com, KUDUS – Di tengah pandemi Covid-19, sejumlah sekolah di Kudus melaksanakan ujian tatap muka dengan protokol kesehatan ketat. Bupati Kudus, Hartopo pun memastikan pelaksanaan ujian berjalan dengan baik di SMP 3 Bae, SMP 3 Kudus, dan SMP NU Al-Ma’ruf, Selasa (20/4/2021).

Bupati Hartopo didampingi Plt Kepala Disdikpora Kudus, Harjuna Widada mengapresiasi pelaksanaan ujian tatap muka dengan disiplin protokol kesehatan (prokes). Guru mengecek suhu tubuh para siswa juga menyediakan handsanitizer sebelum masuk lingkungan sekolah.

Tak hanya itu, guna mencegah persebaran virus corona, jumlah siswa yang berada di kelas untuk mengikuti ujian hanya 50 persen dari kapasitas kelas. Guru dan siswa juga wajib mengenakan masker dan faceshield.

“Saya lihat pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 selama ujian tatap muka dilaksanakan dengan baik,” kata Bupati Hartopo.

Baca juga: Masuk Terminal Induk Jati Kudus Penumpang Jalani Rapid Test Antigen

Diharapkan penerapan prokes yang sudah baik terus dilaksanakan, guru juga diminta terus mengingatkan pelaksanaannya. Karena kedisiplinan prokes guru dan murid, menurut Hartopo, menjadi kesuksesan pembelajaran tatap muka (PTM) di Kudus.

“Harus disiplin dan konsisten dalam menerapkan prokes guna mencegah penyebaran virus corona. Ini agar pembelajaran dan ujian tatap muka berjalan dengan baik dan sukses,” ujarnya.

Bahkan agar pelaksanaan prokes bisa berjalan dengan baik, Satgas Covid-19 pu ditempatkan di sekolah-sekolah. Mereka tak hanya memantau di sekolah, namun lanjut Bupati, Satgas Covid-19 juga memantau murid berangkat dan pulang sekolah. Mereka memastikan murid langsung pulang ke rumah dan tidak mampir, guna meminimalisir kasus.

“Jadi tidak hanya memantau di sekolah. Namun Satgas Covid-19 juga memastikan murid berangkat dan pulang sekolah. Terutama nanti setelah Ramadan. Semua demi mencegah penularan Covid-19,” tegas Bupati Hartopo.

Memantau Siswa

Bupati Hartopo juga mengingatkan para guru agar disiplin dalam penggunaan masker. Juga faceshield saat makan di lingkungan sekolah. Guru juga bisa melibatkan orang tua untuk berkolaborasi memantau siswa. Sehingga pembelajaran daring bisa tetap efektif.

“Guru diharapkan memberikan contoh dalam disiplin prokes. Guru juga bisa bekerjasama dengan orang tua agar pembelajaran bisa berjalan efektif bagi anak didik,” saran Bupati.

Saat peninjauan, Bupati bertemu seorang bapak bersama anaknya yang hendak bertemu guru sekolah. Sempat terjadi dialog, yang intinya sang anak tidak mengerjakan tugas sekolah. Bupati Hartopo pun tak segan mengingatkan sang anak, sebagai siswa untuk giat mengerjakan tugas sekolah.

Sedangkan kepada bapaknya, Hartopo meminta agar tak sungkan untuk terus mengingatkan anaknya untuk mengerjakan tugas sekolah. Meskipun bekerja, orang tua harus tetap memantau sekolah anak dan memberikan motivasi.

"Saat pandemi di mana belajar dari rumah jadi pilihan, dorongan semangat atau motivasi orang tua sangat diperlukan siswa. Sehingga anak semangat belajar. Orang tua tentu ingin anaknya lebih sukses. Jangan sampai model pendidikan di saat pandemi seperti ini malah membuat masa depan anak suram. Bapak ibu harus terus mengingatkan anak. Nduk, Nang, sinau benpinter," pesannya kepada wali murid.

Baca juga: Sst…Ada Ritual Untuk Temukan Sumber Gas Baru di Api Abadi Mrapen

Bupati Kudus Hartopo
Bupati Kudus, Hartopo dicek suhunya saat meninjau ujian tatap muka. (Istimewa-Pemkab Kudus)

Evaluasi Kebijakan

Saat meninjau ujian tatap muka di SMP NU Al-Ma'ruf, Bupati Hartopo dibuat heran. Karena para siswa kendati sudah di kelas, namun tetap mengerjakan ujian via gawai. Hartopo meminta pihak sekolah mengevaluasi kebijakan yang telah mendapatkan persetujuan wali murid tersebut.

Pihak sekolah pun diingatkan tentang esensi dari pembelajaran tatap muka. Yakni meminimalisir ketergantungan dan meningkatkan kemandirian anak dalam mengerjakan tugas.

"Selama pandemi, anak mengerjakan tugas di rumah dan tugas dilakukan via gawai. Adanya ujian tatap muka bertujuan menggenjot usaha para siswa agar mandiri dalam mengerjakan tugas. Mohon kebijakan ini ditinjau kembali,” kata Bupati kepada para guru di SMP NU Al-Ma'ruf.

Baca juga: KPPBC Kudus Bongkar Rokok Ilegal Berkedok Sigaret Sampel

Berita Terkait

Espos Premium

Kok Bisa, Penumpang Positif Covid-19 Bisa Ikut Terbang?

Kok Bisa, Penumpang Positif Covid-19 Bisa Ikut Terbang?

Ganjar Ganjar Pranowo menyatakan standar operasional prosedur (SOP) petugas Bandara Ahmad Yani salah. Saat penumpang ketahuan positif Covid-19 seharusnya ditahan dan tidak diizinkan bepergian.

Berita Terkini

Lafal Asmaul Husna Percantik Pusat Kota Blora

Pemerintah Kabupaten Blora mempercantik seputar bundaran atau Alun-Alun dengan tiang lampu dan pernik religius lafal Asmaul Husna.

Gakin di Magelang Jadi Sasaran Operasi Pasar Murah

Dinas Perdagangan Koperasi UKM Kabupaten Magelang, menggelar pasar murah menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah.

Pelajar yang Meninggal di Kudus Diduga Korban Pembunuhan

Polres Kudus menangani kasus meninggalnya Hanifah Khoiron Nisa, pelajar kelas XI Madrasah Aliyah asal Kecamatan Kaliwungu, yang diduga kuat karena korban pembunuhan.

Inilah Kisah 3 Kerajaan Makhluk Gaib di Jembatan Comal Pemalang

Kisah ambruknya Jembatan Comal ini rupaya dianggap tidak wajar oleh masyarakat sekitar sehingga dikaitkan dengan kejadian mistis.

Ganjar Pranowo Cek Exit Tol, Rombongan Pengantin Klaten Disetop di Sragen

Hari pertama penerapan larangan mudik Lebaran 2021 dimanfaatkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meninjau exit tol di sejumlah daerah.

Gubernur Jateng Bikin Tim Pengawas THR, Ini Pertimbangannya...

Gubernur Jateng Ganajar Pranowo membentuk tim pengawas pembayaran THR karena ada 18 perusahaan terkendala mematuhi jadwal.

Jateng Kembali Punya 2 Zona Merah Covid-19

Provinsi Jateng kembali memiliki daerah dengan status risiko tinggi Covid-19 atau zona merah, yakni Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga.

BNN Jateng Ungkap Peredaran Sabu dari Balik LP di Pati

Peredaran sabu-sabu ini dikendalikan seorang narapidana yang saat ini meringkuk di LP Kelas II B Pati.

Polda Jateng Ungkap Peredaran Gula Oplosan dan Rapid Test Ilegal

Menjelang Lebaran 2021, aparat Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jateng mengungkap beberapa kasus besar.

Polres Grobogan Dirikan Enam Pos Penyekatan dan Satu Pos Pelayanan

Petugas akan memeriksa surat kelengkapan dan melakukan rapit test untuk antisipasi penyebaran virus corona dari luar daerah.

LBH Semarang & Serikat Buruh Jateng Dirikan Posko THR

LBH Semarang dan serikat buruh di Jateng mendirikan posko THR demi mengantisipasi perusahaan yang mencicil tunjangan hari raya atau THR.

Larangan Mudik Lebaran 2021, Travel ke Semarang Diputar Balik

Hari pertama pelaksanaan larangan mudik Lebaran 2021 di Kota Semarang ditandai travel yang yang dipaksa putar balik.

Penumpang Positif Covid-19 Lolos, Ganjar Tegur Petugas Bandara Ahmad Yani

Gubernur Jateng, Ganjar menyatakan jika standar operasional prosedur (SOP) petugas Bandara Ahmad Yani salah.

Jembatan Tanggulangin Kudus Mitosnya Pantang Dilewati Pejabat

Di balik kemegahan jembatan Tanggulangin Kudus tersimpan kisah mitos yang melegenda di mana setiap ada penguasa yang melewati bisa lengser.

Kromoleo, Sosok Rombongan Hantu Pembawa Keranda

Dikenal sebagai hantu yang berwujud sebagai pengantar jenazah dan hantu ini sangat populer di kalangan masyarakat desa-desa di kawasan kaki Gunung Merapi.

Pemkot Salatiga Tak Izinkan Salat Idulfitri di Lapangan

Pemkot Salatiga melarang Salat Idulfitri di lapangan untuk menghindari kerumunan yang berpotensi memunculkan klaster baru penularan Covid-19.

Pemkot Magelang Berkolaborasi di Operasi Ketupat Candi

Pemerintah Kota Magelang mendukung penuh jajaran Polres Magelang Kota yang mulai melaksanakan Operasi Ketupat Candi 2021.

2 Pemudik Positif Covid-19, Pemkab Pati Perketat penyekatan

Dua orang pemudik yang sudah telanjur triba di Kabupaten Pati dinyatakan positif Covid-19, sehingga Pemkab memperketat penyekatan.  

Bantuan Alsintan yang Ditunggu Petani Blora Akhirnya Tiba

Pemkab Blora menyalurkan bantuan Alat dan Mesin Pertanian sejumlah 62 unit dan ratusan benih unggul hortikultura kepada kelompok tani.

Satai Kudus, Wujud Toleransi Beragama Kota Kretek

Ternyata kisah dibalik Satai Kudus ada kaitannya dengan cerita salah satu Walisongo, yakni Sunan Kudus, saat menyebarkan Agama Islam di  daerah tersebut.

Satgas Polres Pemalang Sasar Travel Gelap di Perbatasan

730 Personel Polri, TNI dan Instansi terkait dikerahkan dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2021 di Kabupaten Pemalang.

IEA Magelang Tak Asal Kencang Saat Kawal Ambulans

Komunitas Indonesia Escorting Ambulan (IEA) Magelang Raya, aktif melakukan pengawalan ambulans sejak 2018.

Cewek ABG di Kudus Tewas dengan Luka, Polisi Duga Jadi Korban Pembunuhan

Seorang gadis ABG di Kudus ditemukan tewas dengan luka di lengan. Polisi menduga gadis berusia 13 tahun ini dibunuh.

25 Trafo Mobile PLN Kudus Jamin Pasokan Listrik Saat Lebaran

PT PLN UP3 Kudus menyiagakan sebanyak 25 trafo mobile untuk mengantisipasi terjadinya pemadaman listrik.

Soto Kemiri, Sajian Kuliner Legendaris dari Dukuh Kemiri Pati

Soto Kemiri merupakan masakan soto khas Kota Pati yang sudah melegenda dengan sejarah  yang unik tentang sajian soto ini.

Ini Alternatif Tujuan Wisata Lebaran Jateng...

Masyarakat Jateng bakal tetap bisa melancong bersama keluarganya selama libur Lebaran 2021, termasuk ke Desa Wisata Sepakung.

Perpanjang PPKM Mikro Dipastikan Berdampak ke Pariwisata Jateng

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memperpanjang PPKM Mikro hingga 17 Mei 2021 dan dipastikan berdampak ke sektor pariwisata Jateng.

Salatiga Tutup Pasar Tiban & Objek Wisata

Pemkot Salatiga menutup fasilitas umum yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa Lebaran 2021, termasuk pasar tiban dan objek wisata.

Salatiga Resmi Larang Perdagangan Daging Anjing 

Pemkot Salatiga menerbitkan edaran resmi terkait larangan perdagangan daging anjing untuk konsumsi di wilayah setempat.

5.000 Kendaraan Pemudik Masuk Jateng Jelang Larangan Mudik

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta perangkat wilayah setempat untuk meningkatkan pengawasan, terutama pada para pendatang.

Tak Perlu Ke Luar Kota, Warga Salatiga Bisa Buat Paspor

Warga Salatiga bisa mengurus pembuatan paspor di kotanya sendiri melalui Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jalan Pemuda No. 2.

Sensasi Kuah Bergoyang Bikin Nasi Grombyang Pemalang Dicari

Dari kuah yang bergoyang-goyang  sehingga hampir tumpah inilah nama “Grombyang” disematkan untuk sajian khas Pemalang ini.

Pemkab Pemalang Perbaiki Akses ke TPI Tanjungsari

Pemkab Pemalang memperbaiki akses dari jalur pantura menuju ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanjungsari.

Semua Objek Wisata di Kabupaten Kudus Tutup Selama Lebaran

Semua objek wisata di Kabupaten Kudus, diwacanakan ditutup selama libur Lebaran untuk menghindari terjadinya kerumunan.

Sego Godog, Hidangan Klangenan Khas Magelang dan Yogya

Sego Godog atau dalam Bahasa Jawa secara harfiah berarti nasi rebus adalah makanan yang umum dijumpai di Magelang dan Yogyakarta.

Koalisi DMFI Apresiasi Wali Kota Salatiga yang Larang Peredaran Daging Anjing

Kota Salatiga menjadi daerah ketiga yang melarang peredaran daging anjing setelah Karanganyar dan Sukoharjo. DMFI mengapresiasi kebijakan Wali Kota Salatiga terkait larangan tersebut.

Pengumuman! Wali Kota Salatiga Larang Peredaran Daging Anjing

Wali Kota Salatiga melarang peredaran daging anjing karena bukan bahan pangan yang aman dikonsumsi.

Ada Kisah Pohon Asam di Balik Nama Kota Semarang

Di balik hiruk pikuk serta kekayaan bangunan bersejarah dan kulinerrnya, Kota Semarang rupanya memiliki kisah sejarah yang panjang, terutama dalam penamaannya.

Rindu Lebaran di Kampung Halaman, Warga Boyolali Nekat Mudik Pakai Bajaj

Warga Cepogo, Boyolali yang merantau ke Jakarta, Didik, nekat mudik pada Lebaran kali ini meski dilarang. Ia pulang kampung menggunakan bajaj.

Hari ini Bakal Jadi Puncak Arus Mudik, Ganjar Minta Penyekatan Diperketat

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo memprediksi hari ini jadi puncak arus mudik. Petugas diminta untuk menerapkan aturan larangan mudik secara ketat.

Niat Cuci Tangan, Kakek-Kakek di Tegal Malah Hanyut di Irigasi

Yanu alias Piano, 80, kakek-kakek warga Desa Margaayu Tegal, Jawa Tengah tercebur dan hanyut di saluran irigasi Elon saat mencuci tangan.

Jalankan 3 KA Jarak Jauh, KAI Semarang Terapkan Aturan Ini...

PT KAI Daops IV Semarang tetap akan mengoperasikan dengan aturan ketat tiga kereta api jarak jauh pada masa larangan mudik Lebaran 2021.

62 Napi Rutan Salatiga Kandidat Penerima Remisi Idulfitri

Sebanyak 62 narapidana Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Salatiga diusulkan mendapat remisi Idulfitri 1442 Hijriah.

Didatangi Menteri BUMN, Pertashop di Kendal Peroleh Rp25 Juta/Bulan

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mendatangi sebuah Pertashop di Desa Tegorejo, Kabupaten Kendal, Jateng.

Tentara & Polisi Jateng Bagikan Ribuan Takjil

Tak kurang dari 36.000 takjil terdata dibagikan tentara dan polisi kepada masyarakat pelintas jalan di seluruh Jateng.

Bagi Takjil Polres Grobogan Disertai Sosialisasi Protokol Kesehatan

Petugas gabungan selain berbagi takjil juga sosialisasi aturan larangan mudik Lebaran 2021.

Jateng Larang Salat Id Berjemaah di Zona Merah & Oranye

Salat Id berjamaah di Hari Raya Idulfitri pada 13 Mei 2021, hanya diizinkan digelar di daerah yang sudah masuk zona hijau dan kuning.

HUT SMAN 1 Batur, Ada Lomba Kakang Mbekayu Hingga Bagi HP

Harapannya dengan pembagian perangkat ini, kendala yang dialami beberapa siswa dapat diatasi sehingga bisa tetap berprestasi.

Jelang Larangan Mudik, Polda Jateng Tambah Pos Penyekatan

Dengan tambahan pos penyekatan ini, akan makin mempersulit akses kendaraan dari luar Jateng.

Covid-19 Grobogan, Sehari Ada 22 Pasien Sembuh Dan 20 Kasus Baru

Perkembangan kasus Covid-19 di Grobogan hingga Senin (3/5) lanjut Endang, total ada 3.291 kasus.

Ada Legenda di Kawah Sikidang yang Selalu Berpindah

Kawah Sikidang Dieng Banjarnegara memiliki sebuah kisah legenda yang menarik  dibalik keindahan dan keunikan kawahnya.

Kisah 2 Syarat di Balik Pemugaran Masjid Agung Pemalang

Di balik kemegahan Masid Agung Nurul Kalam Pemalang tersimpan sebuah kisah mengenai 2 syarat yang harus dipenuhi sebelum pembangunannya dimulai.

Ulujami Pemalang Juga Punya Sentra Bandeng Duri Lunak

Kecamatan Ulujami Pemalang punya potensi perikanan terutama ikan bandeng yang diolah menjadi aneka masakan siap konsumsi.

Pemkab Blora Jajaki Budi Daya Sorgum untuk Sumber Pangan

Pemkab Blora menjajaki kerja sama dengan PT Amari Teguh Wisesa untuk budidaya tanaman Sorgum di Kabupaten Blora.

6 Desa di Kabupaten Kudus Diusulkan Jadi Desa Heritage

Sebanyak enam desa yang berada di kompleks objek Menara Kudus, diusulkan menjadi desa heritage atau desa warisan sejarah.

6.996 Lembaga Keagamaan Terima Bantuan Pemkab Pati

Pemkab Pati menyerahkan bantuan kepada 6.996 lembaga keagamaan secara serentak sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap rakyat.

Menikmati Puncak Telomoyo Pengunjung Tak Harus Mendaki

Gunung Telomoyo menjadi destinasi yang tepat buat para wisatawan yang ingin mencoba menaiki gunung tanpa rasa lelah karena dilalui sepeda motor.

Wisata Colo Kudus Padukan Pesona Keindahan Alam dan Religi

Objek Wisata Colo merupakan salah satu wisata  unggulan di Kabupaten Kudus. Objek tersebut menawarkan dua jenis wisata, yaitu wisata religi dan wisata alam.

Api Abadi Mrapen, Berawal dari Temuan Sunan Kalijaga

Api Abadi Mrapen adalah sebuah kompleks yang terletak di desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Hari Kebebasan Pres, AJI Kota Semarang Gelar Pameran Kartun

Kebanyakan kartun yang dipamerkan menampilkan visual yang menyuarakan penolakan kekerasan terhadap jurnalis.

Pejabat Salatiga Dilarang Terima Parsel!

Wali Kota Salatiga Yuliyanto melarang ASN maupun pejabat BUMD di lingkungan pemkot setempat menerima uang dan bingkisan atau parsel Lebaran.

Masuk Jateng Kini Wajib Tes Antigen!

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo membikin kewajiban baru bagi setiap orang yang bermaksud memasuki wilayah Jateng dengan tes rapid antigen.

Polres Grobogan Gerebeg Gudang Pengoplos Gas Elpiji

Penindakan itu dilakukan setelah polisi mendapatkan laporan dari masyarakat.

Tak Patuh, Gubernur Jateng Ancam Tutup Hotel & Objek Wisata

Upaya pengetatan itu dilakukan sebagai antisipasi penularan Covid-19 yang sampai saat ini masih mengancam.

New Tim Elang Bergerak, Sejumlah Pemuda Pemicu Tawuran di Semarang Ditangkap

New Tim Elang dari Polretabes Semarang menangkap sejumlah pemuda yang hendak tawuran. Aksi keributan warga ini dipicu efek miras.

Jembatan Layang Bandara Ahmad Yani Ditarget Rampung Agustus 2021

Kementerian PUPR segera menyelesaikan pembangunan proyek jembatan layang menuju terminal Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Rampung Agustus 2021, Ini Penampakan Pembangunan Jalan Layang Bandara Ahmad Yani Semarang

Jalan Layang Akses Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang ini juga akan mengusung budaya lokal yang dituangkan dalam desain arsitekturnya.

Tabrak Markah Jalan di Depan Banaran Cafe Salatiga, Mahasiswa asal Papua Meninggal

Seorang mahasiswa asal Timika, Papua, meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan menabrak markah jalan di depan Banaran Cafe Salatiga.

Fasilitas Kota Tegal Mampu Hadirkan Sister City Perikanan

Pembangunan infrastruktur besar-besaran di wilayah Jawa Tengah dinilai mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari sektor investasi.

Dubes ke Semarang, Investor Turki Lirik Jateng?

Investor dari Turki banyak yang ingin melakukan investasi di wilayah Jateng kata Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal.

Buruh Semarang Peroleh Vaksin saat May Day

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, dan buruh memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day di Balai Kota Semarang, Sabtu (1/5/2021).

Klaster Ziarah di Purworejo, 53 Terpapar Corona 1 Di Antaranya Meninggal

Pihak desa berkoordinasi dengan Puskesmas melakukan pemeriksaan terhadap peserta ziarah dan anggota keluarganya.

1 Juta Rapid Test Antigen Disiapkan untuk Pemudik Jateng

Pemprov Jateng menyiapkan 1 juta rapid test antigen Covid-19 untuk pemudik yang nekat pulang kampung pada Lebaran 2021 ini.

Larangan Mudik, Ditlantas Polda Jateng Perketat Jalur Tikus

Total ada 14 titik pos penyekatan yang didirikan di jalur perbatasan antarprovinsi.

Berangkatkan 1 Kapal, Nelayan Tegal Butuh Minimal Rp1 Miliar

Perjalanan ikan dari lautan sampai terhidang di meja makan rupanya tak segampang perkiraan.

Sulistiyorini Jadi Anggota KPU Grobogan Gantikan MP Joko Widodo

Dengan komisioner yang lengkap seperti sekarang ini tugas KPU Grobogan bisa berjalan dengan baik.

Exit Tol Pekalongan Perpanjang Asa Pedagang Pasar Batik Setono

Keberadaan exit tol yang berdekatan dengan pasar Batik Setono Pekalongan membuat asa pedagang batik terjaga selama masa pandemi Covid-19.

Gubernur Ganjar Bantah Ada Dispensasi Santri untuk Mudik, Nah Lho!

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengatakan santri yang mudik harus mengikuti aturan yang diterapkan. Ia menegaskan tidak ada beda perlakuan dalam kebijakan larangan mudik kepada kalangan mana pun.

Bupati Budhi Sarwono Serahkan Bantuan Baznas, Imam Masjid sampai Siswa Semua Dapat

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono memberikan apresiasi tinggi atas kinerja Baznas Banjarnegara dalam bersinergi membangun masyarakat.

Kematian Covid-19 Jateng Tertinggi, Ganjar: Kita Akan Cari Problemnya

Kasus kematian harian Covid-19 di Jateng tertinggi secara nasional dalam tiga hari beruntun. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo akan membentuk tim ahli untuk mencari penyebabnya.

Terobos Perlintasan KA, Remaja Kendal Meninggal Dunia

Seorang remaja 13 tahun asal Kendal, Jateng, meregang nyawa setelah tertabrak kereta api di perlintasan tak berpalang.

Jelang May Day, Buruh Minta Polda Bentuk Desk Ketenagakerjaan

Para buruh yang tergabung dalam Aliansi Gerakan Buruh Berjuang (Gerbang) Jawa Tengah (Jateng) bertemu Kapolda Jateng jelang May Day 1 Mei.

Mudik Dilarang, Pemkot Semarang Dirikan 9 Pos Penyekatan Di Lokasi Ini

Sembilan pos penyekatan disiapkan Pemkot Semarang sejak 28 April 2021 untuk memeriksa pemudik yang masuk wilayah mereka.

Balai Bahasa Provinsi Jateng Ajak Santri di Rembang Kreatif Menulis Cerpen

Literasi di kalangan santri diharapkan meningkat ke arah yang lebih kreatif dan modern. Kegiatan bimtek menulis bagi santri ini diharapkan bisa menjadi ujung tombak dalam menciptakan moderasi di kalangan umat.

Menteri Trenggono Kunjungi Sentra Pengolahan Ikan Asap di Demak, Ini Harapannya

Kunjungan tersebut agar kebijakan maupun program yang dibuat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ke depannya tepat sasaran.

Cegah Pemudik, Satlantas Polrestabes Semarang Tangkapi Travel

Satlantas Polrestabes Semarang menangkapi mobil travel yang dianggap membawa pemudik di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Tol Trans Jawa Bikin Kawasan Industri Batang Gampang Diakses

Hingga pekan keempat April 2021, pemerintah terus mengebut pembangunan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang.

Kematian Covid-19 Jateng Disebut Tertinggi, Ini Penjelasan Kepala Dinkes

Kasus kematian akibat Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) per harinya disebut menempati urutan teratas se-Indonesia.

Tak Butuh Tunggu Mudik Lebaran, Covid-19 di Semarang Naik 34%

Di tengah heboh pencegahan mudik Lebaran 2021 dengan dalih mencegah penularan Covid-19, penularan di Kota Semarang justru meningkat drastis.

51 Fasilitas Bikin Pengendara Betah di Rest Area 360 Batang

Masjid Assalam berbentuk mahkota di Rest Area KM 360B Ruas Tol Semarang-Batang punya daya pikat tersendiri bagi para pengendara.

Mengenal Tugu Bandeng, Ikon Kabupaten Pati yang Kaya Akan Filosofi

Tugu Ikan Bandeng menjadi ikon Kabupaten Pati sebagai penghasil ikan bandeng. Tugu yang dibangun di jalan lingkat selatan tersebut kaya akan makna.

Menikmati Pemadangan Alam Bukit Tangkeban di Atas Jembatan Kaca

Bukit Tangkeban adalah objek wisata komplet yang menyuguhkan pemandangan indah dan spot-spot unik kekinian.

Nikmatnya Nasi Lesah, Kuliner Khas Kota Magelang yang Langka

Nasi lesah menjadi salah satu kuliner khas Kota Magelang yang mirip soto betawi. Menggunakan kuah santan dan disajikan dengan piring menjadi ciri khasnya.

Ikuti Arahan Presiden, Wali Kota Magelang Minta Warganya Tak Mudik

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz dan Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur mengikuti pengarahan Presiden Joko Widodo kepada kepala daerah se-Indonesia secara virtual.

Truk Tangki Terguling di Pekalongan, Minyak 6.000 Liter yang Tumpah Dijarah Warga

6.000 Liter minyak goreng yang tumpah setelah trung tangki pengangkutnya terguling di Pekalongan jadi jarahan warga.

Duh...Satpol PP Salatiga Temukan Daging Gelonggongan

Satpol PP dan tim gabungan Pemkot Salatiga menemukan adanya daging berkadar air tinggi diduga gelonggongan di jual di Pasar Raya I dan II.

Tes Covid-19 di Bandara Ahmad Yani Jadi Murah, Ini Kuncinya...

Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang mulai menyediakan layanan pemeriksaan Covid-19 menggunakan peralatan Ge Nose C-19.

Gubernur Akui Jateng Belum Tentukan Aglomerasi Mudik

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo belum menentukan batasan-batasan aglomerasi di wilayahnya untuk larangan mudik Lebaran 2021.

Kasus Kios Pasar Induk Cepu, Kejari Blora Sita Rp865 Juta

Penyitaan uang tersebut karena diduga berkaitan dengan kasus pungutan liar pada penempatan kios Pasar Cepu.

Razia Siang Hari, Satpol PP Semarang Cokok 8 PSK di Kota Lama

Satpol PP Kota Semarang menjaring delapan pekerja seks komersial atau PSK dalam razia operasi penyakit masyarakat (pekat) yang di Kota Lama.