SOLOPOS.COM - Bumi dipotret dari langit (socialphy.com)

Bumi dipotret dari langit (socialphy.com)

Sejumlah pertanyaan terkait dengan kiamat disampaikan ke Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Berikut di antara pertanyaan yang dikutip dari nasa.gov.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

(Tanya) Apakah ada ancaman terhadap bumi pada 2012? Banyak informasi di internet bahwa kiamat terjadi Desember 2012?

Ekspedisi Mudik 2024

(Jawab) Mitos kiamat dimulai dengan cerita adanya planet nibiru yang ditemukan bangsa Sumeria yang menuju bumi. Mulanya bencana akibat tubrukan nibiru diprediksi terjadi Mei 2003 dan tidak terjadi fenomena siginifikan kala itu. Selanjutnya benturan nibiru dan bumi diprediksi Desember 2012 yang bertepatan dengan berakhirnya siklus kalender Maya.

(T) Apakah benar kalender Maya berakhir pada Desember 2012?

(J) Kalender saat ini tidak akan berhenti setelah 31 Desember. Demikian halnya, kalender Maya tak akan berhenti setelah 21 Desember. Tanggal itu hanya akhir dari periode panjang tetapi tetap ada awal seperti 1 Januari pada kalender biasa.

(T) Adakah dampak penyelarasan planet terhadap bumi?

(J) Tidak ada penyelarasan bumi pada dekade mendatang. Kalaupun ada dampaknya bisa saja sangat tak terasa. Penyelarasan besar pernah terjadi pada 1962, 1982 dan 2000. Setiap Desember, bumi dan matahari sejajar dan tidak ada konsekuensi siginifikan karenanya.

(T) Apakah ada planet kerdil atau cokelat yang disebut Nibiru atau Planet X atau Eris yang mendekati bumi dan mengancam menghancurkannya?

(J) Nibiru dan cerita-cerita lain tentang tubrukan planet merupakan cerita bohong di internet. Tidak ada dasar faktual klaim itu. Jika Nibiru atau planet serupa nyata dan hendak menubruk bumi maka astromom setidaknya telah melacak satu dekade terakhir dan tentu sekarang planet itu telah bisa dilihat dengan mata telanjang. Jadi jelas Nibiru tak ada.

Adapun Eris merupakan planet kecil yang mirip pluto. Jaraknya dengan bumi sekitar empat miliar mil jauhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya