SOLOPOS.COM - Tampilan display Toyota Fortuner, Toyota menjadi mobil terlaris pada September 2021. (Gambar: toyota.astra.co.id)

Solopos.com, SOLO – Dua tipe Toyota Fortuner, yakni VRZ dan TRD sering dianggap sama. Padahal, keduanya memiliki perbedaan pada bagian-bagian tertentu.

Nah, buat kamu yang ingin membeli mobil Toyota Fortuner, ketahui dulu apa perbedaan antara Fortuner VRZ dan TRD.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

 

Perbedaan Fortuner VRZ dan TRD

Tipe tipe Fortuner tidak hanya VRZ dan TRD saja, namun ada juga tipe G dan juga SRZ. Sementara Toyota Fortuner TRD dan VRZ termasuk dalam tipe SUV yang sedikit lebih laris di pasaran Indonesia.

Toyota Fortuner VRZ (Vibrant Riding Z) merupakan tipe yang paling canggih di antara semua model mobil mewah ini. Seperti dikutip dari Lifepal, salah satu keunggulan dari model ini adalah ground clearance mobil ini yang mencapai 225 mm sehingga mampu untuk melewati medan yang berat sekalipun.

Sementara Toyota Fortuner TRD Sportivo punya dimensi yang lebih kokoh sehingga terkesan besar dan tangguh. Ada berbagai fitur khusus yang disematkan di mobil ini seperti body kit dan juga grill depan.

 

Agar lebih memahami apa itu Fortuner TRD dan VRZ, simak perbedaan paling mencolok nya berikut ini:

 

Spesifikasi mesin

Pada spesifikasi yang digunakan, Toyota Fortuner VRZ dilengkapi dengan teknologi common rail diesel dengan turbocharger variabel geometry (VNT) sehingga lebih bertenaga sekaligus lebih efisien mengonsumsi bahan bakar. Mesin VRZ menggunakan transmisi otomatis dengan 6 percepatan yang akan membuat perpindahan gigi makin halus dan responsif.

Sedangkan mesin Fortuner TRD berkapasitas 2,7 L 4 silinder dengan teknologi Dual VVT-i sehingga membuatnya semakin responsif. Sama seperti dengan VRZ, mesin ini tidak boros dalam konsumsi bahan bakar.

Dari spesifikasi mesin yang dimiliki oleh VRZ dan TRD ini masih terkesan sama, karena sama-sama dibekali tipe mesin yang sama yaitu, 2.7 L Diesel Engine. Keduanya pun mumpuni dengan dilengkapi laju kecepatan dan performa yang maksimal.

 

Interior

Bicara soal perbedaan yang lebih signifikan, desain di interior kedua mobil ini memiliki karakteristik masing-masing. Walau jika dilihat sekilas, keduanya sama-sama menawarkan interior yang mewah dan nyaman.

Tak hanya itu, ada beberapa fitur dan kelengkapan yang sama. Contohnya seperti tombol Start/Stop Engine, Smart Entry, Smart Cruise Control, dan Roof Monitor yang sama persis. Kemudian, VRZ maupun TRD juga dilengkapi dengan fitur hiburan yang bisa langsung terkoneksi dengan smartphone.

Beda Fortuner VRZ dan TRD soal interior terletak di pemilihan dominasi warnanya. Fortuner VRZ punya dominasi paduan warna hitam dan cokelat di bagian kabin dan jok, yang dilengkapi dengan bahan kulit berkualitas tinggi serta aksen kayu di bagian pintu dan juga dasbor mobil.

Di sisi lain, Fortuner TRD punya interior yang berkesan sporty karena dominasi warna hitam dan juga aksen merah yang semakin mempertegas dan juga lebih menarik perhatian.  Sehingga tipe TRD lebih cocok bagi pecinta otomotif sporty dan dinamis.

 

Eksterior

Selain interior, perbedaan tipe tipe Fortuner ini juga sebenarnya terlihat dari bagian eksteriornya. Misal, kamu bisa melihat dari warna mobil Fortuner TRD yang umumnya bernuansa warna hitam dan dimensi body yang tampak lebih besar jika dibandingkan dengan VRZ.

Aspek lainnya adalah bagian grill depan yang terlihat lebih mewah dan elegan ditambah lampu depan LED pada eksterior VRZ. Sedangkan, di grill depan TRD punya desain yang lebih agresif dan gagah, mengusung konsepnya yang memang lebih sporty.

Selanjutnya adalah tampilan velg dan ban kedua tipe ini memiliki spesifikasi yang sama, seperti peleknya yang berdiameter 17 inci dan terbuat dari alloy. Lebih lanjut, TRD juga ditambah dengan ornamen guard dengan warna silver pada setiap sisi, dan juga fog berwarna hitam.

 

Harga

Perbedaan terakhir terletak di harga Fortuner VRZ dan TRD. Untuk harga Fortuner TRD Sportivo dibanderol lebih murah daripada VRZ, sebab tipe ini punya fitur-fitur tambahan yang lebih canggih dan juga bisa dibilang lebih lengkap.

Harga mobil Fortuner VRZ lebih mahal juga dipengaruhi fitur performa pengereman serta tambahan eksterior memiliki satu set add on bodykit baik di depan maupun di belakang. Tak hanya itu, fitur keselamatan berkendaranya lebih lengkap, meliputi rem cakram, roda belakang, serta fitur cruise control.



 

Dihimpun dari berbagai sumber, untuk harga terbaru di tahun 2023 adalah sebagai berikut:

 

Toyota Fortuner 2.8 VRZ GR-S 4×2 AT  Rp630 jutaan

Toyota Fortuner 2.8 VRZ 4×2 AT    Rp600 jutaan

Toyota Fortuner 2.7 GR Sport AT   Rp600 jutaan

Toyota Fortuner 4×4 2.8 GR Sport AT DSL     Rp726 jutaan

 

demikian perbedaan Toyota Fortuner VRZ dan TRD.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya