Tutup Iklan

Ini Penyebab Jaya Hartono Selalu Absen Dampingi Persijap Jepara

Pelatih Persijap Jepara, Jaya Hartono, baru sekali mendampingi anak asuhnya dalam pertandingan pertama saat Persijap Jepara melawan HWFC pada 27 September 2021 lalu.

 Para pemain Persijap Jepara merayakan gol. (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Para pemain Persijap Jepara merayakan gol. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pelatih Persijap Jepara, Jaya Hartono, baru sekali mendampingi anak asuhnya dalam pertandingan pertama saat Persijap Jepara melawan Hizbul Wathan Football Club (HWFC) pada 27 September 2021 lalu. Pada laga kedua hingga keempat, Persijap Jepara selalu dipimpin oleh asisten pelatih Persijap Jepara, Suganda.

Berdasarkan catatan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, mantan pelatih Persib Bandung itu dianggap bertingkah laku buruk. Jaya dianggap mendiskreditkan keputusan PSSI dalam membuat aturan liga.

Dalam SK 001/L2/SK/KD-PSSI/X/2021 tanggal 1 Oktober 2021, Jaya Hartono, dilarang beraktivitas di dunia sepak bola selama satu bulan dan denda sebesar Rp25 juta. Pernyataan yang dikeluarkan PSSI pada Rabu (20/10/2021) malam, sekaligus menjawab penyebab Jaya Hartono tidak mendampingi anak asuhnya.

Baca Juga: Indonesia Kena Sanksi WADA, Apa Imbasnya Untuk Timnas?

Komdis menjatuhkan sanksi itu karena Jaya Hartono mengkritik tentang cara pergantian pemain yang seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan strategi pelatih. Saat itu, Persijap Jepara ditahan imbang HWFC dengan skor 1-1. Jaya Hartono mengungkapkan kekecewaannya dalam sesi jumpa pers usai laga.

Ia mempertanyakan aturan pergantian pemain di setiap babak yang seharusnya bebas sesuai keinginan pelatih. Jaya merasa dalam pergantian pemain untuk strategi, terlalu banyak aturan yang membatasi.

“Pergantian pemain ini kan sebuah strategi pelatih. Karena dari tiap menit ke menit kami selalu memgamati permainan. Eh ini ada aturan pergantian dibatasi babak pertama 2 pergantian babak kedua 3 pergantian,” kata Jaya. Usai pernyataan itu, Jaya Hartono tidak mendampingi skuad selama bertanding.

Persoalan Teknis

Sebelumnya, Asisten Pelatih Persijap, Suganda, hanya menyatakan Jaya Hartono terkena sanksi dan itu merupakan persoalan teknis. Ia tidak merinci detail-detail sanksi itu. Namun pemain Persijap Jepara tidak terbebani dengan ketidakhadiran Jaya Hartono. Manajemen Persijap Jepara pun tengah mengurus persoalan itu.

“Atlet sejati tidak akan berpengaruh dalam situasi apapun termasuk tidak hadirnya Jaya Hartono. Intinya coach Jaya Hartono kena sanksi terkait regulasi dari federasi. Ini lebih ke teknis,” kata dia usai laga kedua.

Mengacu keputusan Komdis PSSI, Jaya Hartono bisa mendampingi anak asuhnya pada putaran dua Liga 2. Saat ini putaran pertama menyisakan tiga laga pada Senin (25/10/2021) yakni PSIM vs Persijap, HWFC vs PSG Pati dan pada Selasa (26/10/2021) PSCS Cilacap bakal melawan Persis Solo.

Ketua Komdis PSSI, Erwin Tobing, dalam keterangan yang diterima Solopos.com pada Kamis (21/10/2021) mengatakan Komdis mencatat sebanyak 14 kasus sejak 1 Oktober hingga 17 Oktober dalam gelaran Liga 2. Menurutnya, pelanggaran paling banyak berupa keterlambatan kick off sebanyak tujuh kasus.

Baca Juga: PSG Pati Banjir Sanksi dari Komdis PSSI, Manajemen Banding

Lalu, sebuah kasus mendiskreditkan keputusan PSSI atau masuk ke dalam tingkah laku buruk ofisial. Lalu pelanggaran para pemain seperti melanggar fair play berupa tindakan rasis kepada perangkat pertandingan dan menampel wasit sebagai perangkat pertandingan. Kemudian. satu kasus menyikut pemain lawan dan pelanggaran fair play berupa kartu merah langsung.

“Ada juga tingkah laku buruk tim dalam satu pertandingan mendapatkan lima kartu kuning atau lebih sebanyak dua kasus. Total pelanggaran Liga 2 ada 14 kasus. Saya berharap, baik Liga 1 dan 2 tidak ada lagi pelanggaran berat ke depan. Semua ingin sepak bola ini berjalan fair play,’’ imbuh Erwin.


Berita Terkait

Berita Terkini

Atta Halilintar Tak Tidur Gegara PSG Pati Sempat Terancam Degradasi

PSG Pati lolos dari jeratan degradasi ke Liga 3 setelah berhasil menahan imbang Hizbul Wathan FC di laga pamungkas Grup C.

Klasemen Akhir Liga 2: Persis Solo Juara Grup, PSIM Jogja Runner Up

Persis Solo keluar sebagai juara Grup C Liga 2 setelah menyelesaikan 10 laga. Sementara PSIM menjadi runner up. Keduanya pun lolos ke babak 8 Besar Liga 2.

Live TVRI, Berikut Jadwal BWF World Tour Finals Hari Ini

BWF World Tour Finals 2021 mulai digeber pada Rabu (1/12/2021).

PSIM Jogja Lolos ke 8 Besar, Seto: Salam untuk Mas Kaesang

PSIM Jogja berhasil mengalahkan Persijap Jepara 1-0 di laga penutup fase grup Liga 2 di Stadion Manahan pada Selasa (30/11/2021) malam.

Mantap! Kalahkan Persipa, Persebi Jaga Rekor Menang di Liga 3 Jateng

Persebi Boyolali memastikan tiket ke semifinal Liga 3 Jateng dengan status juara Grup G setelah menundukkan Persipa Pati 4-3.

Bekuk Persijap Jepara, PSIM Jogja Lolos ke 8 Besar Liga 2

PSIM Jogja sukses melaju ke babak 8 Besar Liga 2 setelah mengalahkan Persijap Jepara.

PSG Pati Bertahan di Liga 2, Pelatih: Terima Kasih Bos Atta Halilintar

PSG Pati aman dari jeratan degradasi setelah mampu menahan imbang Hizbul Wathan FC (HWFC) pada laga pamungkas fase penyisihan grup.

Ronaldo Diejek Soal Ballon d'Or, Messi Membela

Cristiano Ronaldo disebut baru akan pensiun jika berhasil melewati jumlah trofi Ballon d'Or yang dimiliki Lionel Messi.

Imbangi HWFC, PSG Pati Aman dari Degradasi

Tim kebanggan warga Muhammadiyah, Hizbul Wathan Football Club (HWFC) harus degdradasi ke Liga 3 setelah bermain imbang 1-1 melawan PSG Pati.

Messi Kembali Raih Ballon d'Or, Ronaldo Jadi Bahan Lelucon

Lionel Messi kembali memenangkan trofi Ballon d'Or ketujuh kalinya dalam yang digelar di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis, pada Selasa (30/11/2021).

Hasil Lengkap Undian BWF World Tour Finals

BWF World Tour Finals menjadi turnamen bulu tangkis penutup pada 2021 ini.

Kalah Lawan PSCS Jadi Performa Terburuk Persis Solo di Fase Grup

Dari sepuluh laga yang sudah dijalani Persis Solo, laga kontra PSCS Cilacap pada Senin (29/11/2021) malam menjadi laga paling buruk skuad Laskar Sambernyawa.

Persis Solo Dihajar PSCS, Coach Eko: Kami Akan Evaluasi!

Persis Solo menelan kekalahan saat melawan PSCS Cilacap pada laga pamungkas fase penyisihan grup.

Kaesang Ingin Persijap Menang, Berharap PSIM Jogja Tak Lolos?

Satu slot babak 8 Besar dari Grup C masih diperebutkan oleh PSIM Jogja dan PSCS Cilacap.

Debut Gagal Jacksen F. Tiago di Persis Solo

PSCS Cilacap membuka peluang lolos melaju ke babak delapan besar jika PSIM Jogja kalah melawan Persijap Jepara pada Selasa (30/11/2021) malam.

LIVE Persis Solo vs PSCS Cilacap: Laga Selesai, Persis Kalah 1-2

Persis Solo menantang PSCS Cilacap pada laga terakhir fase grup Liga 2. Persis sudah memastikan diri sebagai juara grup dan lolos ke babak 8 Besar.