SOLOPOS.COM - 4 Mentor Nasional Diplomat Success Challenge 12 memberikan pengarahan dalam fase Battle Round DSC12. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Para entrepreneur, termasuk pebisnis pemula dan generasi muda di abad ke-21 ini dituntut untuk dapat melengkapi diri dengan kepekaan dan keterampilan pendukung. Hal itu karena peluang kewirausahaan yang kian meroket di abad ke-21 ini senantiasa diikuti dengan tantangan dan persaingan yang masif.

Selain insting dan naluri berbisnis, konsistensi dan kesediaan untuk terus belajar menjadi poin penting untuk dapat bertahan dan berkembang sebagai seorang profesional. Melalui kemudahan teknologi saat ini, pebisnis dapat menemukan informasi apa pun yang mereka butuhkan, mulai dari berita bisnis, peluang, hingga isu hangat terkait industri bisnis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca juga: 18.233 Proposal Ide Bisnis Masuk, Peserta DSC 12 Didominasi Generasi Z

Namun, ada hal-hal yang tidak bisa ditemukan di sana, salah satunya adalah ekosistem dan lingkungan bisnis yang mendukung. Berikut alasan penting mengapa bisnis perlu bergabung ke dalam sebuah inkubator bisnis yang tepat:

-Inkubasi sebagai Wadah Percepatan Bisnis

Inkubator merupakan organisasi atau program yang dirancang untuk membantu bisnis startup agar dapat tumbuh dan sukses. Keuntungan yang ditawarkan sangatlah beragam, mulai dari pementoran hingga akses ke investor. Tak menutup kemungkinan, para pebisnis juga bisa mendapatkan modal kerja berbentuk hibah maupun pinjaman.

“Tujuan utama inkubator itu tentu untuk menghasilkan perusahaan yang sukses dan layak secara finansial dan dapat bertahan di industri yang kompetitif. Jadi, ketika bisnis startup ini bertumbuh dan matang, pada akhirnya mereka bisa menciptakan pekerjaan jangka panjang dan mendorong pertumbuhan ekonomi,” ujar Edric Chandra, Program Initiator Diplomat Success Challenge 12 (DSC12), sebuah kompetisi wirausaha terbesar asuhan Wismilak Foundation.

-Mengambil Langkah Bisnis bersama Mentor

Mentor dapat didefinisikan sebagai seseorang yang memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan terkait industri bisnis yang dijalankan. Seorang mentor berperan penting dalam perjalanan bisnis, tidak sekadar berbicara tentang persoalan teknis atau how-to-do. Kehadiran mentor akan membentuk pola pikir dan mengembangkan kebijaksanaan mendalam yang tidak bisa didapatkan lewat buku-buku maupun internet.

Baca juga: DSC 12 Sinau Bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng

-Pengalaman adalah Guru Terbaik

Semakin lama seseorang berkecimpung di suatu bidang, semakin banyak pula pengalaman yang ia miliki. Sayangnya, para pebisnis pemula tentu belum memiliki pengalaman yang cukup untuk menghasilkan pertumbuhan yang signifikan. Untuk itu, mentor hadir sebagai percepatan bagi para pemula untuk mengetahui dasar-dasar hingga seluk-beluk industri yang dijalankan, sehingga dapat mengambil langkah taktis yang tepat.

dsc challenger
Para Challengers bersama Wakil Bupati Manggarai Barat, Yulianus Weng. (Istimewa)

Diplomat Success Challenge (DSC) merupakan program kompetisi kewirausahaan yang sangat menguntungkan bagi pebisnis pemula yang membutuhkan banyak ilmu dan pengalaman. Lewat DSC, entrepreneur memiliki kesempatan untuk bergabung di inkubasi bersama bisnis lainnya, menghadirkan ekosistem kewirausahaan yang konstruktif.

Memperluas Basis Pemikiran

Selain itu, pementoran pun tersedia sebagai sarana pembelajaran dan pendewasaan bisnis. Dengan begitu, para pelaku bisnis startup tidak lagi hanya terpaku pada diri sendiri, tapi juga dapat memperluas basis pemikiran dan mampu berkembang dari sisi internal maupun eksternal.

Kompetisi wirausaha Diplomat Success Challenge 12 kini bergulir ke tahapan Battle Round di Bali. Tahap Battle Round ini juga menjadi kesempatan bagi para challengers untuk belajar sebanyak-banyaknya dengan empat Mentor Nasional. Sebelumnya telah diselenggarakan Battle Round di Labuan Bajo, dan tahapan ini telah menyisihkan 6 challengers sehingga saat ini 12 challengers akan bersiap menghadapi Battle Round dan Final Presentation di Bali.

Baca juga: Penting Dilakukan, Bagaimana Cara Mendapatkan Mentor Bisnis bagi Pelaku UMKM?

Ke-12 finalis memiliki kesempatan untuk mendapatkan hibah modal usaha sebesar Rp2 miliar, pendampingan profesional, serta jejaring wirausaha dalam Diplomat Entrepreneur Network (DEN), sebuah komunitas wirausaha yang terbentuk dari para alumni DSC dari tahun ke tahun.

Siapa saja challengers yang berhasil bertahan dari penilaian Dewan Komisioner DSC12? Seperti apa keseruan tahap Battle Round DSC12 di Bali? Apakah tantangan berikutnya masih akan berhubungan dengan kerja sama tim? Jelang tahapan final, saksikan perjalanan para challengers di penghujung kompetisi wirausaha terbesar di Indonesia ini dalam web series DSC12 di kanal YouTube resmi Diplomat Sukses, serta di situs diplomatsukses.com.

Nantikan juga update DSC12 melalui media sosial kami: Instagram @diplomatsukses, Facebook Wismilak Diplomat, Twitter @diplomat_sukses; serta situs diplomatsukses.com.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya