SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, DUBLIN — Kualifikasi Euro 2020 yang dimulai Maret tahun depan tidak akan berjalan mudah. Tim-tim Eropa harus mulai berjibaku sejak awal karena grup neraka berpotensi terjadi setelah Jerman ditetapkan masuk pot 2 dalam undian nanti.

Der Panzer, julukan Jerman, dipastikan ke pot 2 setelah mereka terdegradasi dari Liga A ke Liga B di UEFA Nations League, seusai Polandia menahan Portugal 1-1 pada laga penutup Grup 3 Liga A UEFA Nations League, Rabu (21/11/2018) dini hari WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perlu diketahui, hasil di UEFA Nations League untuk kali pertama memengaruhi undian dalam Kualifikasi Euro. Tim yang masuk pot satu merupakan tim-tim yang finis sebagai juara dan runner-up grup di Liga A plus dua peringkat ketiga terbaik dari keempat grup Liga A (ranking 10 terbaik pada Liga A di Liga Nations). Sedangkan dua tim juru kunci alias peringkat ketiga terburuk dari keempat grup pada Liga A, yakni Jerman dan Islandia, terpaksa masuk pot 2 dalam undian Kualifikasi Euro 2020 nanti.

Seperti dilansir Skysports.com, Rabu, Polandia berhasil mempertahankan posisi mereka sebagai unggulan dalam drawing kualifikasi Euro 2020 nanti karena masih berada di atas Jerman dan Islandia dalam daftar peringkat ketiga terbaik dari keempat grup Liga A pada UEFA Nations League. Polandia dan Jerman sama-sama mengoleksi 2 poin dalam empat lagaLiga Nations. Namun Polandia memiliki selisih gol lebih baik (-2) dibandingkan Jerman (-4).

Kualifikasi Euro 2020 bakal diikuti 52 tim yang terbagi dalam 10 grup (Grup A-Grup J). Masing-masing grup bakal terdiri dari lima sampai enam tim. Untuk kali pertama dalam sejarah, Jerman tidak masuk unggul (keluar dari pot 1) dalam proses drawing di kualifikasi Euro. Potensi grup neraka ini pun akan terungkap pada proses pengundian yang digelar di Dublin, 2 Desember mendatang.

Hasil imbang 1-1 atas Portugal di Estadio Dom Afonso Henriques, Guimaraes, Rabu dini hari WIB, memang tidak bisa menyelamatkan Polandia terdegradasi ke Liga B pada Liga Nations. Namun, hasil imbang itu cukup bagi Polandia mampu mempertahankan 10 tim terbaik dan masuk pot 1 dalam drawing nanti. 

Pembagian Pot pada Undian Kualifikasi Euro 2020
POT 1: Belgia, Kroasia, Prancis, Belanda, Italia, Polandia, Portugal, Spanyol, Swiss
POT 2: Islandia, Austria, Bosnia-Herzegovina, Rep. Cheska, Denmark, Rusia, Swedia, Ukraina, Wales, Jerman
POT 3: Irlandia Utara, Rep. Irlandia, Slovakia, Turki, Bulgaria, Finlandia, Israel, Norwegia, Serbia
POT 4: Albania, Siprus, Estonia, Yunani, Hungaria, Lithuania, Montenegro, Georgia, Rumania, Slovenia.
POT 5: Armenia, Azerbaijan, Belarusia, Kep. Faroe, Gibraltar, Kazakhstan, Kosovo, Luxembourg, Macedonia, Moldova.
POT 6: Andorra, Latvia, Liechtenstein, Malta, San Marino

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya