SOLOPOS.COM - Ilustrasi membuka usaha baru (eecincubator.com)

Solopos.com, SOLO — Pada 2022 ini peluang usaha semakin terbuka lebar di mana berbagai jenis bisnis yang didirikan mendapatkan pasar konsumen tersendiri.

Ditambah dengan berkembangnya teknologi informasi dan Internet akan sangat membantu eksistensi peluang usaha 2022.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Melalui Internet pebisnis dapat meningkatkan penjualan dengan beragam promosi online yang menarik ke masyarakat luas tanpa batas jarak dan waktu.

Peluang usaha 2022 dengan modal kecil, dapat secara mudah didirikan sesuai dengan tempat yang ditargetkan. Tetapi hal tersebut tetap harus diiringi dengan keuletan dan kreativitas dalam mencari peluang usaha serta mempertahankan bisnis yang sudah ada.

Berikut sejumlah peluang usaha 2022 dengan modal kecil yang bisa seperti dirangkum dari berbagai sumber:

Baca Juga: Ramai Pesepeda Singgah di Simpang Lima Boyolali Jadi Peluang Usaha

1. Usaha Dropshipper

Dikutip dari berbagai sumber dropshipper merupakan teknik pemasaran online bekerjasama dengan pihak distributor (supplier) yang memungkinkan kita untuk menjual tanpa membeli ataupun membuat stok barang tersebut.

Barang akan langsung dikirimkan dari distributor ke konsumen, dropshipper hanya sebagai pihak ketiga. Modal kecil yang diperlukan sebagai dropship hanya berupa pulsa, kuota internet, handphone, ataupun laptop.

Keuntungan yang didapatkan juga bervariasi, hal ini dikarenakan dropship bebas memasang harga kepada konsumen meskipun memiliki selisih yang banyak dari pihak distributor.

2. Jasa Laundry

Bisnis laundry terutama di kota-kota besar sangat diperlukan, hal ini berdasarkan dengan kebutuhan konsumen yang memerlukan jasa mencuci praktis dan mudah dimana laundry merupakan solusinya.

Jasa laundry akan selalu mendapatkan pasar tersendiri dengan keuntungan yang bervariasi tergantung harga yang akan dipasang.

Modal yang dikeluarkan mungkin untuk kali pertama sedikit besar seperti mesin cuci, pengering dan setrika, tetapi barang tersebut bisa digunakan selama mungkin sampai barang rusak dan tidak bisa digunakan. Bisnis ini juga fleksibel, bisa dilakukan di rumah tanpa harus membuka ruko tertentu.

Baca Juga: Bisnis Ini Memungkinkan Raup Laba Hingga Rp500.000 Per Hari, Tertarik?

3. Usaha Thrift Shop

Belakangan ini thrift shop menjadi trend tersendiri bagi kalangan pecinta fashion murah. Sejalan dengan itu usaha dalam bidang thrift shop memiliki peluang yang cukup besar dengan modal yang sedikit, karena saat sedang trend penargetan konsumen cukup mudah.

Bisnis ini juga bisa dilakukan secara online melalui marketplace tertentu ataupun dengan membuka toko di pasar dan tempat umum. Keuntungan yang didapatkan dari thrift shop cukup fleksibel karena tergantung dari harga yang dipasang di setiap barang.

4. Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan program yang ditawarkan dari marketplace tertentu, dimana affiliate melakukan promosi barang secara online melalui media sosial ataupun internet.

Keuntungan berupa bayaran akan dihitung melalui kunjungan konsumen dari link yang sudah dibagikan, semakin banyak angka kunjungan didapatkan maka bonus juga semakin besar. Affiliate marketing tidak memerlukan modal kecuali kuota internet dan bisa dilakukan dimana saja tanpa batasan ruang dan waktu.

Baca Juga: Peluang Bisnis Menjanjikan, Begini Cara Menjadi Agen Jasa Pengiriman

5. Jasa Pembuat Konten

Jasa pembuatan konten sangat bervariasi, bisa berupa editing video ataupun desain gambar tertentu. Dengan perkembangan yang serba internet semua toko ataupun individu menginginkan branding yang menarik melalui video dan gambar, hal ini membuat mereka memerlukan seseorang yang ahli dalam bidangnya.

Dengan kemampuan editing, ide dan kreativitas saat ini jasa pembuat konten adalah yang paling memungkinkan dilakukan dengan modal kecil berupa laptop maupun handphone.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya