Tutup Iklan

Ini Pelajaran dan Fakta dari Kasus Takjil Beracun Sianida di Bantul

Masyarakat diimbau untuk tidak mudah menerima makanan dari orang tak dikenal agar kejadian serupa takjil beracun sianida tak terulang.

Ini Pelajaran dan Fakta dari Kasus Takjil Beracun Sianida di Bantul

SOLOPOS.COM - Foto Nani Aprilliani Nurjaman, 25, memakai daster di tahanan viral di media sosial. (istimewa/detik.com)

Solopos.com, BANTUL -- Kasus takjil beracun dengan isi sianida di Bantul, DI Yogyakarta mendapat sorotan publik. Sang pelaku pemberi sate beracun yang menewaskan seorang bocah anak pengemudi ojol, Nani Aprilliani Nurjaman, 25, sudah ditahan.

Salah satu pelajaran dari kasus ini adalah jangan sembarangan menerima makanan pemberian orang tak dikenal. "Kita tidak asal menerima pemberian takjil dengan sembarangan. Pastikan dulu apakah kita kenal pihak yang memberikan makanan takjil," ujar Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Selasa (4/5/2021).

Makanan beracun itu sedianya dikirim Nani untuk kekasihnya yang seorang polisi, Tomy. Namun karena Tomy tak merasa memesan makanan dan tak mengenal si pemberi, maka ia menyerahkan sate tersebut kepada pengemudi ojol yang mengantarnya.

Baca Juga: Memburu Pembisik Tragedi Takjil Beracun Bantul

Ace meminta masyarakat perlu menyelidiki pihak atau lembaga yang membagikan takjil. Hal ini agar mencegah kejadian maut seperti yang terjadi di Bantul, terulang.

"Bahkan jika diperlukan kita harus tahu kandungan makanan yang diberikan itu. Tentu bukan berarti kita selalu curiga terhadap orang yang ingin membagikan makanan. Namun sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu siapa yang membagikannya. Di bulan Ramadhan ini memang banyak orang yang ingin beramal dan berbagi. Hal ini sangat baik," jelas pimpinan Komisi DPR bidang keagamaan ini .

Selain itu, Ace mengatakan perlu adanya aturan yang ketat terkait peredaran sianida. Sehingga warga sipil tak mudah memperoleh senyawa kimia yang efeknya mematikan tersebut.

Sementara itu, dari perjalanan kasus yang menghebohkan ini, ada sejumlah fakta-fakta yang mencuat antara lain:

Baca Juga: Nani Bekerja di Salon, Kirim Satai Beracun Atas Saran Pelanggannya

1. Istri Siri

Nani Aprilliani Nurjaman diyakini merupakan istri siri dari Aiptu Tomy (ralat, sebelumnya tertulis Ipda Tomy), anggota Polresta Jogja. Tomy adalah sasaran yang hendak diracun Nani.

Ketua RT 3 Pedukuhan Cepokojajar, Kalurahan Sitimulyo, Kapanewon Piyungan, Bantun Agus Riyanto (40) mengatakan, Nani sudah tinggal di lingkungannya sekitar 1 tahun. Selama itu pula, Agus menyebut bahwa Nani tinggal bersama dengan suami sirinya.

"Kalau tinggal di sini sudah setahun sama suami siri. Karena dulu itu waktu silaturahim ke tempat saya awalnya itu ngebel (menelepon) Pak Tomy sama Mbak Nani ke sini buat laporan," katanya saat ditemui wartawan di Pedukuhan Cepokojajar, Selasa.

Hal itu karena setiap warga baru yang tinggal di Pedukuhannya harus laporan terlebih dahulu. Dari laporan itu, menyebut jika Tomy dan Nani telah menikah siri. Bahkan saat laporan, Nani menelepon orang tuanya untuk meyakinkan Agus. "Ibunya bilang itu, sudah menikah secara agama," ujarnya.

Baca Juga: Bungkus Satai Beracun Permudah Polisi Bantul Temukan Pelaku

Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Ngadi mengaku baru mengetahui hal tersebut. Padahal sebelumnya polisi telah melakukan pemeriksaan terhadap Nani. "Kami belum dapat informasi itu," kata Ngadi.

Oleh sebab itu, Ngadi mengaku akan mengklarifikasi keterangan itu dengan yang bersangkutan. Pasalnya saat ini polisi masih terus melakukan pemeriksaan terhadap Nani. "Namun, nanti akan kita dalami keterangan itu benar apa tidaknya. Nanti akan kita dalami," ujarnya.

2. Foto Nanti Berdaster Viral

Foto Nani yang mengenakan daster di sel tahanan mendadak viral di media sosial. Ngadi yang mengaku tahu foto tersebut sangat menyayangkannya. "Kami juga dapat foto itu, kenapa bisa seperti itu," kata Ngadi.

Nani sebelumnya diitipkan di Mapolsek Bantul. Kapolsek Bantul, Kompol B Ayom, mengakui foto Nani tersebut memang diambil oleh anggotanya. Hal itu untuk menunjukkan kepada keluarga Nani agar mengirimi pakaian yang layak selama di tahanan.

Baca Juga: Diduga Sudah Berniat untuk Meracuni, Nani Pesan Kalium Sianida Lewat Online

"Itu kan sebenarnya anggota itu memfoto hari Sabtu [1/5/2021], kemudian fotonya kan pakaiannya seperti dikasih tahu anggota jangan pakaian seperti itu. Terus tanya siapa keluarga yang bisa dihubungi biar diganti pakaiannya," katanya saat ditemui di Polres Bantul.

Selanjutnya, istri anggota itu menjadikan foto Nani Apriliani sebagai status di aplikasi WhatsApp. Karena menjadi status WhatsApp lalu banyak rekan istrinya yang mendownload gambar tersebut.

"Kemudian iseng-iseng sama istrinya untuk status (WA), dan yang melihat grup-grup nya itu. Jadi tidak ada tujuan lain sebetulnya, karena di status itu tadi," ujarnya.

Terkait langkah yang diambil untuk anggota yang kedapatan melakukan hal tersebut, Ayom mengaku telah memanggilnya dan memberikan teguran. Semua itu agar kejadian serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari.

"Oiya kita laksanakan mintain informasi dan kita kasih teguran karena itu tidak boleh. Tapi kan itu tidak sengaja karena itu untuk pribadi dan istrinya ingin tahu, dikirim terus dijadikan status dan didownload teman-temannya," ucapnya.

Baca Juga: Sakit Hati, Alasan Nani Nekat Kirim Satai Beracun ke Rumah Tomi

5. Polisi Cari Keluarga Nani

Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Ngadi mengaku belum ada keluarga Nani yang datang menjenguk. Namun polisi telah menghubungi keluarga Nani untuk segera menjenguk.

"Baru kita hubungi keluarganya untuk segera ke sini. Karena ada beberapa hal yang belum dikomunikasikan dan itu kaitannya dengan NA (Nani Aprilliani) ini," ujarnya.

6. Misteri R

Ngadi melanjutkan, saat ini anggotanya tengah bergerak untuk memburu R. Semua itu untuk mengungkap siapa sebenarnya R yang disebut Nani sebagai teman lelaki yang menganjurkan mengirim sate lontong yang telah dicampuri racun sianida.

"Hari ini anggota kami sedang bergerak untuk memastikan R itu siapa," ucapnya.

Terkait siapa R, Ngadi mengaku masih mendalaminya karena minim informasi terkait R. Sedangkan dari keterangan, Nani Aprilliani mengaku kepada polisi jika R adalah pelanggan salon di tempatnya bekerja.

"Dari keterangan si NA, R ini adalah pelanggan biasa di tempat kerja salon NA dan menurut pengakuan NA ya sudah cukup lama juga sebagai pelanggan," katanya.

Baca Juga: Sate yang Dimakan Anak Driver Ojol di Bantul Hingga Tewas Dipastikan Beracun, Ini Jenisnya

"R handphone-nya mati. Ini sedang kita lakukan pelacakan mudah-mudahan ada titik terang dari pelacakan ini," kata Ngadi.

"Jadi belum kita dapatkan profesinya apa yang jelas dia adalah pelanggan seperti yang lainnya. Umurnya saja belum kami konfirmasi," imbuh Ngadi.

"Harus ada pengaturan yang ketat terhadap peredaran bahan kimia yang membahayakan seperti sianida agar tidak dapat mudah diakses masyarakat," lanjutnya.

Diketahui, motif Nani Aprilliani mengirim takjil sianida itu karena mantan kekasihnya, Tomy, meninggalkan Nani dan menikah dengan wanita lain. Nani dan Tomy disebut telah menikah siri.

Kapolres Bantul, AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono, menambahkan racun sianida itu dibeli via online pada 28 Maret 2021. Dalam riwayat pembelian melalui e-commerce itu pesannya sodium sianida.

"Jadi pesanannya di aplikasi tersebut sodium sianida. Tapi setelah dicek, ternyata kalium sianida," kata Wachyu.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Waspada! Klaster Perkantoran Covid-19 Mulai Muncul

Pekan ini ada tiga klaster perkantoran Covid-19 yang muncul di Kabupaten Kulon Progo, kantor pun terpaksa ditutup sementara.

Sharing Knowledge, Prodi PWK Unissula Berkunjung ke ITNY

Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITNY menerima kunjungan Prodi PWK Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang.

Bupati Bantul Beri Lampu Hijau Parkir Tempat Wisata Dikelola Dinas Pariwisata

Bupati Bantul membuka kemungkinan pengelolaan tempat parkir di lokasi wisata dipegang Dinas Pariwisata. Juru parkinya tetap dari masyarakat, namun diatur terutama soal tarif.

Satgas Covid-19 Sleman Kesulitan Awasi Kegiatan Takziah Ketimbang Hajatan

Mengawasi kegiatan takziah dan pengajian agar disiplin protokol kesehatan di Sleman lebih sulit ketimbang mengawasi hajatan.

Usia Harapan Hidup Warga Sleman Sedikit Lebih Rendah Dibandingkan Skala DIY

Usia harapan hidup (UHH) warga Sleman sedikit lebih rendah ketimbang UHH Provinisi DIY. Tiingginya UHH menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan.

Ini Tahapan Registrasi Mahasiswa Baru UNY dan UPN Veteran Yogyakarta

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN 2021 selesai dan registrasi mahasiswa baru UNY dan UPN Veteran Yogyakarta dimulai. 

UGM Terima 2.925 Calon Mahasiswa Lewat SBMPTN 2021

Wakil Rektor Universitas Gadjah Mada atau UGM Djagal Wiseso Marseno menerima 2.925 mahasiswa baru dari peserta SBMPTN 2021.

Duh! Duit & Perhiasan Milik Wisatawan Lenyap Gegara Ini

Lupa mengunci mobil, wisatawan di Kulon Progo harus kehilangan sejumlah perhiasan dan uang senilai puluhan juta rupiah.

Terapkan Prokes Ketat, Super Indo Seturan Jogja Siap Layani Pelanggan Lagi

Super Indo Seturan, Sleman, Yogyakarta, siap melayani pelanggan kembali setelah sempat tutup selama tiga hari dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Ayo Perketat Prokes! Kasus Covid-19 di Kota Jogja Naik Hingga 80 Persen

Terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Kota Jogja. Sebagian besar penularan berasal dari keluarga.

Cegah Praktik Nuthuk, DPRD Bantul Minta Parkir di Lokasi Wisata Dikelola Pemerintah

Komisi B DPRD Bantul meminta pengelolaan parkir di lokasi wisata diambil alih Dinas Pariwisata untuk cegah aksi nuthuk oleh juru parkir.

Kabupaten Gunung Kidul Punya 2 SMKN Terbaik Tingkat DIY

Sekolah menengah atas/kejuruan negeri tentunya masih menjadi prioritas bagi para calon peserta didik baru dan Kabupaten Gunung Kidul memiliki dua SMK Negeri terbaik.

Anti-Mainstream! Warung Makan di Jogja Ini Punya Menu Balung Dinosaurus & Gajah

Warung di Sleman, Jogja ini selain menawarkan makanan varian daging, juga beri sensasi menyantap makanan di kolong jembatan.

Rusunawa UII Jadi Selter Covid-19, Apa Ada Lonjakan Kasus?

UII bersama Pemkab Sleman dan gerakan Smabatan Jogja (Sonjo) membuka selter baru Covid-19 dengan memanfaatkan gedung Rusunawa.

4 SMK Negeri Terbaik DIY Ada di Kabupaten Sleman

Kabupaten Sleman memiliki empat SMK negeri terbaik berdasarkan nilai rerata TPS UTBK tertinggi pada tahun 2020.

Berkedok Juru Parkir dan Nuthuk Wisatawan, 9 Preman Diringkus Polres Bantul

Polres Bantul menangkap sembilan preman yang berkedok juru parkir. Mereka beraksi dengan menetapkan tarif parkir jauh di atas harga wajar alias nuthuk.

Pemkot Jogja Akan Buka Pelayanan Drive Thru di Empat Kemantren

Pemkot Jogja mulai menguji coba pelayanan adminduk secara drive thru di empat kemantren. Layanan ini bisa diakses oleh warga Jogja dari semua kemantren.

Covid-19 Meledak! 275 Warga Binaan dan Karyawan LP Narkotika Yogyakarta Positif Corona

Kasus Covid-19 meledak di LP Narkotika Kelas IIA Yogyakarta. Terdapat 275 warga binaan dan karyawan LP yang terpapar Covid-19.

10 Guru di Wates Kulonprogo Terpapar Covid-19, Sekolah Disterilisasi

Sebanyak 10 guru di Kulonprogo dan lima anggota keluarganya terpapar Covid-19. Disdikpora Kulonprogo pastikan tidak ada penularan kepada siswa.

Diujicobakan di Jogja, Wolbachia Tekan Kasus Demam Berdarah

Uji coba metode Wolbachia di Kota Jogja dan sebagian wilayah Kabupaten Bantul, DIY dalam periode 2017-2020 terbukti menekan demam berdarah.

2 SMKN Jogja Ini yang Masuk Top 1.000 Sekolah Terbaik

Jogja punya sekolah menengah kejuruan negeri terbaik yang bisa lolos dalam Top 1.000 sekolah terbaik nasional berdasarkan nilai rerata TPS UTBK tertinggi pada tahun 2020.

PKS & Nasdem Jajaki Koalisi di Pilkada Kota Jogja

Jajaran pengurus Partai Keadilan Sejahtera atau PKS menjalin pertemuan dengan elite Partai Nasdem Kota Jogja guna Pilkada Kota Jogja 2024.

36 Warga Positif Covid-19, Penularan Diduga Dari Acara Yasinan

Kebanyakan warga di Dusun Ngrangsan, Kalurahan Selomartani yang dinyatakan positif Covid-19 adalah mereka yang ikut dalam acara yasinan.

Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Kalurahan Diinstruksikan Buat Shelter

Shelter di tingkat kalurahan ini, berfungsi sebagai fasilitas isolasi dan karantina bagi warga yang terkonfirmasi positif.

Karyawan Terpapar Covid-19, Superindo Seturan Sleman Ditutup Sementara

Tiga dari 44 karyawannya terpapr Covid-19, Superindo di Seturan, Sleman, DIY diminta tutup selama tiga hari.

International Mask Festival 2021: Kraton Jogja Sajikan Karya Tergres

Kraton Jogja menampilkan tarian terbaru mereka berjudul Lurugan Bala Raseksi dalam Festival Topeng Internasional (IMF) 2021 yang digelar secara daring.

NasDem dan PKS Jajaki Peluang Koalisi untuk Pilkada Kota Jogja 2024

PKS dan Partai Nasdem membuka peluang untuk berkoalisi mengusung calon sendiri di Pilkada Kota Jogja 2024.

Sst... Ada Prostitusi Terselubung di Massage dan Spa Sleman

Seorang terapis, di salah satu Massage dan Spa Sleman diajukan ke meja hijau karena kedapatan melakukan prostitusi terselubung.

Piye Iki, Satgas Mikro Akui Sulit Kendalikan Masyarakat

Informasi dari medsos berimbah kepada pemahaman masyarakat dalam penanggulangan Covid-19, sehingga menyulitkan Satgas di tingkat mikro.

IQ di Bawah 130, Tidak Ada yang Lolos Jalur Cerdas Istimewa PPDB SD di Kota Jogja

Pemkot Jogja membuka PPDB SD jalur cerdas istimewa. Sayangnya, tidak ada peserta didik yang lolos jalur ini.

Begini DIY Tumbuhkan Ekonomi di Atas 7%

DIY mencanangkan pertumbuhkan ekonomi di atas 7%, namun bagaimana pula kiat Pemprov DIY mewujudkan asa tersebut

Harga Cabai Merah di Kulonprogo Anjlok Jadi Rp7500/Kg, Petani Merugi

Harga cabai merah di Kulonprogo sedang anjlok, Petani cabai mengaku merugi.

Mantab, LSP ITNY Terima Hibah dari BNSP untuk 100 Mahasiswa

Lembaga Sertifikasi Profesi P1 Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (LSP P1 ITNY) menerima lima paket hibah dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Ngaku Dapat Bisikan Gaib Temui Sri Sultan, Pria Ini Malah Ngamuk Bawa Golok di Mapolresta Jogja

Seorang pria asal Tuban mengamuk sambil membawa golok di depan Mapolresta Jogja. Ia mengaku mendapat bisikan makhluk halus.

Waduh! Banyak Guru Honorer di Bantul Terancam Tak Jadi PPPK

Ada sejumlah kendala yang menyebabkan guru honorer di Bantul sulit diangkat jadi PPPK, seperti kuota, ijazah, dan sertifikat pendidikan.

Tak Betah di Selter Isolasi, Pasien Covid-19 di Bantul Kabur

Seorang pasien Covid-19 Bantul kabur dari tempat isolasi di selter kabupaten karena diduga tak betah.

Siap Dukung Program Work From Jogja, Bantul Pamer Jumlah Homestay

Dinas Pariwisata Bantul mendukung program Work From Jogja yang digagas Pemerintah Provinsi DIY.

Ada Klaster Paduan Suara, 18 Orang Positif Terpapar Covid-19

Kegiatan paduan suara di gereja. Dalam perkembangannya, ternyata salah satu personel paduan suara positif Covid-19.

Hari Ini Awan Panas Gunung Merapi Teramati Sejauh 1,2 Km

Gunung Merapi terpantau meluncurkan awan panas sepanjang 1,2 kilometer. Status Merapi belum berubah, masih Siaga.

Tersangka Satai Beracun Sebut R Berlogat Sumatra, Polisi Bantul Masih Cari Keberadaannya

Sedikit demi sedikit informasi tentang R yang menyarankan Nani meracuni Aiptu Tommy, dalam kasus satai beracun mulai terkuak.

Polres Bantul Gelar Rekonstruksi Kasus Satai Beracun, Tersangka Nani Nangis Sesenggukan

Tersangka Nani Aprilliani Nurjaman menangis saat melakukan rekonstruksi adegan dalam kasus satai beracun yang menewaskan seorang bocah 9 tahun.

13 SMA Negeri Terbaik DIY Ada di Bumi Sembada Sleman

Kabupaten Sleman memiliki 13 SMA Negeri terbaik yang masuk dalam Top 1.000 sekolah dengan nilai rerata TPS UTBK tertinggi Tahun 2000.

Braakk… Truk Damkar di Jogja Tabrak Mobil & Becak

Sebuah truk damkar di Kulonprogo menabrak satu unit mobil dan becak, Sabtu (5/6/2021).

Puluhan Pekerja Pabrik Terpapar Covid-19, Dinkes Gunung Kidul Ingatkan Prokes

Sedikitnya 20 orang terkonfirmasi positif dari pabrik tas yang berlokasi di Padukuhan Nogosari, Kelurahan Bandung, Playen, Gunung Kidul, DIY.

Kota Jogja Punya 11 SMA Negeri Terbaik

Masuk ke sekolah negeri mungkin menjadi prioritas utama bagi kebanyakan masyarakat dan Kota Jogja merupakan gudangnya SMA Negeri terbaik.

Kasus Covid-19 di Gunungkidul Bertambah 20 Menyusul Munculnya Klaster Pabrik Tas

Di Gunungkidul muncul klaster baru dari pabrik tas. Sedikitnya 20 orang terkonfirmasi positif Covid-19 dari klaster ini.

Alhamdulillah, Vaksinasi Untuk Guru di Bantul Lebih Dari 85 Persen

Rata-rata guru maupun tenaga pendidik telah melaksanakan dua kali injeksi vaksin Covid-19.

Pandemi Tak Halangi Mahasiswa Teknik Geologi ITNY Terus Berprestasi

Mahasiswa Teknologi Geologi ITNY, Moh Alfariji dan Agung Nugroho meraih juara dua di ajang Mining Engineering Student Parade and Competition 2021.

Yuk Daftar, Ada Lowongan 921 formasi ASN di Pemkab Bantul

Lowongan 921 formasi ASN di Pemkab Bantul paling banyak untuk tenaga kesehatan dan pendidikan.

Gara-Gara Keluarga Jenazah Pasien Covid-19 Bohong, Puluhan Warga Sekampung Di-Swab

Karena kebohongan keluarga jenazah positif Covid-19, puluhan warga di warga kampung Mayongan, Trimurti, Srandakan, Kabupaten Bantul, DIY, harus menjalani swab test PCR. Sejauh ini ada lima orang yang positif Covid-19.

Melarikan Diri Seusai Tabrak Pengendara Motor di Jogja, Pemuda Sulawesi Ditangkap Massa

Pemuda asal Sulawesi melarikan diri selepas menabrak pengendara sepeda motor di Kota Jogja, tepatnya di perempatan Titik Nol KM. Warga berhasil menangkap pelaku dan membawanya ke Satlantas Polresta Jogja.

Yuk Simak 5 SMA Swasta Terbaik di Kabupaten Sleman

Bagi lulusan SMP, tidak bisa bersekolah di SMA Negeri karena tidak masuk dalam kuota zonasi bukanlah akhir dari segalanya karena banyak SMA Swasta yang juga berkualitas.

Inilah 4 Besar SMA Negeri Terbaik di Gunung Kidul

Gunung Kidul punya 4 sekolah menengah atas terbaik yang bisa jadi pilihan warga yang anaknya lulus sekolah menengah pertama tahun ini.

Waduh! 13 Kapanewon di Sleman Masih Zona Merah

Perkembangan kasus harian konfirmasi positif Covid-19 di Sleman per Kamis (3/6) bertambah 61 kasus baru.

Petani Kulonprogo Rugi Ratusan Juta Rupiah, Karena Kekeringan

Petani di Kulonprogo gagal panen karena mengeringnya daerah irigasi (DI) Plelen sebagai penyuplai air.

Inilah 4 Besar SMA Negeri Terbaik di Kulon Progo

Buat calon peserta didik di Kabupaten Kulon Progo harus sedikit lebih gesit untuk bisa masuk ke 4 SMA Negeri terbaik ini supaya mendapat kuota masuk.

Gunungkidul Mulai Alami Kekeringan, 3 Kecamatan Kesulitan Air

Sebulan tak diguyur hujan, sejumlah wilayah di Gunungkidul mulai mengalami kekeringan.

Ini Dia Satu-Satunya SDN di Gunungkidul yang Diizinkan Gelar PTM, Alasannya Bikin Elus Dada

Belum ada SDN di Gunungkidul yang menggelar PTM di sekolah kecuali SDN Gunung Gambar. SDN Gunung Gambar tak bisa menggelar pembelajaran daring karena terkendala jaringan.

Diduga Saling Tantang di Medsos, Pemuda Jogja Tewas Dikeroyok di Pasar

Seorang pemuda di Jogja dikeroyok lebih dari 10 pemuda lain di sekitar Pasar Gampingan, Jogja, Kamis (3/6/2021) dini hari. Korban akhirnya meninggal dunia setelah pertolongan medis terlambat datang.

Bantul Punya 10 SMA Negeri Terbaik, Ini Dia Daftarnya

Kabupaten Bantul  adalah gudang  untuk SMA negeri terbaik, tercatat ada lebih dari 10  SMA negeri terbaik yang tersebar di Kabupaten ini.

Diduga Ada Provokasi, Pemakaman Pasien Covid-19 Di Bantul Tanpa Protokol Kesehatan

Penolakan pemakaman pasien Covid-19 sesuai prokes kembali terjadi di Bantul. FPRB minta polisi mengusut kasus tersebut.

Jaringan Masyarakat Sipil Jogja Menolak Pelemahan KPK

Jaringan masyarakat sipil Jogja menggelar kegiatan bertajuk Menolak Pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Tarik Paksa Kalung Sinta, Jambret di Bantul Babak Belur

Aksi penjambretan terjadi di sekitar Pasar Gatak Gilangharjo, Kapanewon Pandak, Bantul.

Kematian Akibat Covid-19 Pada Lansia di Kulonprogo Capai 60 Persen

Kematian lansia akibat terpapar Covid-19 disertai dengan komorbid atau penyakit penyerta.

Perhatian! 5 SMA Swasta Ini Terbaik di Kota Jogja

Kota Yogyakarta adalah gudang  untuk SMA Swasta terbaik dan tidak kalah saing dengan SMA Negeri.

Jukir Nuthuk Tarif Parkir di Jogja Bakal Bakal Diproses Hukum

Jukir ilegal yang nuthuk tarif parkir di Jogja bakal diproses secara hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Viral Parkir Nuthuk di Jogja, Dishub Angkat Tangan

Dinas Perhubungan Kota Jogja angkat tangan karena tidak berwenang menindak juru paarkir yang nuthuk tarif tinggi di Jl Ahmad Dahlan.

Nasib 3 Warung di Malioboro Nuthuk Harga: 2 Segera Berjualan Lagi, 1 Masih Disanksi Tutup Sementara

Dua dari tiga warung makan di Malioboro yang terindikasi nuthuk harga diperbolehkan berjualan lagi mulai besok. Satu lainnya masih harus tutup sampai 6 Juni. Pemilik warung mengaku salah.

Gelombang Tinggi Perairan Selatan, BMKG Jogja Ingatkan Wisatawan

Gelombang di perairan selatan Samudra Hindia diprediksi mencapai ketinggian sampai 4 meter.

Wes Angel, Kejadian Nuthuk Parkir Terjadi Lagi di Jogja

Adanya parkir liar ini bukan lantaran Tempat Khusus Parkir yang kurang. Namun lebih kepada aji mumpung, terutama saat sedang libur panjang.

Webinar ITNY: RDTR Menjadi Pintu Masuk Investasi

Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) menjadi pintu masuk investasi yang jadi pemicu meningkatnya peluang usaha dan peluang kerja.

Terungkap! PKL Nuthuk Harga Pecel Lele di Jogja Ternyata Pedagang Baru

FKKP Wadah paguyuban pedagang di Jalan Perwakilan, Jogja, buka suara soal salah satu pedagang yang diduga nuthuk harga di sekitar lokasi itu.

Guguran Awan Panas Merapi Meluncur 3 Km Minggu Siang

Gunung Merapi di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, meluncurkan awan panas guguran dengan jarak luncur sejauh 3 km.

Sepasang Remaja Sukoharjo Terseret Ombak Pantai Ngluwen DIY, Satu Meninggal & Satu Hilang

Sepasang muda mudi asal Sukoharjo yang berwisata di Pantai Ngluwen, Kelurahan Krambilsawit, Saptosari, Gunungkidul, DIY terseret ombak.

Puluhan Warga di Bantul Terpapar, DIY Tambah 211 Kasus Covid-19

Puluhan warga di dua kelurahan berbeda di Bantul terpapar Covid-19. Mereka saat ini menjalani isolasi dan perawatan di selter dan sejumlah rumah sakit.

Sanksi Tegas Pecel Lele Nuthuk, 3 Warung di Jl Perwakilan Jogja Ditutup

Pemkot Jogja memberikan sanksi tegas terhadap pelaku usaha pecel lele yang nuthuk harga sampai viral di media sosial.

Buntut Persoalan Harga Pecel Lele Nuthuk, Tiga Tempat Usaha di Jalan Perwakilan Ditutup

Wawali Jogja, Heroe Poerwadi, menutup tiga tempat usaha di Malioboro yang terindikasi melakukan cara berjualan dengan menjebak pembeli. Ini buntut dari heboh harga pecel lele nuthuk di Malioboro.

Kilatan Cahaya Diduga Meteor Jatuh Tak Berdampak Pada Aktivitas Gunung Merapi

Di media sosial pada Jumat (28/5/2021) beredar foto yang ditengarai foto benda langit yang sedang jatuh di sekitar Gunung Merapi.

Wawali Ingin Protes Wisatawan soal Harga di Malioboro Diakhiri

Wakil Walikota Jogja Heroe Poerwadi mengaku berkoordinasi dengan paguyuban pedagang di kawasan Malioboro demi mengakhiri protes wisatawan. 

Viral Foto Cahaya Diduga Meteor Jatuh Di Puncak Merapi, BPPTKG Beri Penjelasan

BPPTKG memberikan penjelasan mengenai foto cahaya diduga meteor jatuh di puncak Gunung Merapi dan menjadi viral di medsos.

Viral Foto Diduga Meteor Jatuh di Puncak Merapi, Ini Kesaksian Pemotretnya

Foto cahaya terang di puncak Gunung Merapi disebut-sebut meteor jatuh viral di media sosial, Jumat (28/5/2021), ini penjelasan pemotretnya.

Vaksinasi Lansia, Bantul Ajukan 50.000 Dosis Vaksin AstraZeneca

Metode jemput bola, dinilai efektif karena petugas bisa menjemput lansia yang kesulitan datang ke lokasi vaksinasi.

Mau Jual Motor, Pria Jogja Jadi Korban Penipuan Jual Beli Berkedok COD, Begini Modusnya

Seorang warga Jogja jadi korban penipuan oran yang mengaku ingin membeli motornya. Namun, pelaku membawa kabur motor korban.

Tabrak Mobil Berhenti, Pengendara Motor Asal Bantul Meregang Nyawa

Seorang pengendara motor asal Bantul meninggal di lokasi kejadian setelah menabrak mobil berhenti di Sleman. Korban yang tidak mengenakan helm mengalami luka parah di kepala.

Ingin Mudah Peroleh Ganja, Karyawan Swasta di Jogja Tanam Pohon Sendiri

Polisi meringkus tiga karyawan swasta yang mengedarkan ganja sekaligus membudidayakannya dengan menananm tanaman haram itu di kontrakan mereka.

Muncul 84 Kasus Baru Covid-19 dalam Sehari di Bantul, Total 13.846 Kasus

Kasus harian Covid-19 di Bantul pada Kamis (27/5/2021) mencapai 84. MAsyarakat diimbau untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

BNPB Ingin Bangun Wahana Edukasi di Pusat Gempa Bantul

BNPB ingin membangun wahana edukasi di pusat gempa Bantul. Objek wisata ini selain menjadi media pembelajaran, juga bisa mendongkrak ekonomi warga sekitar.

Serang Wisatawan di Parangtritis, Ubur-Ubur Api Belum Terdeteksi di Pantai Kulonprogo

Ubur-ubur api umumnya baru dijumpai di pantai Kulonprogo pada Juni hingga Agustus, saat musim pancaroba.

15 Tahun Gempa Bantul, Warga Masih dengar Dentuman 6 Bulan Setelahnya

Sejumlah warga Bantul masih mengingat mendengar suara dentuman selama enam bulan setelah gempa terjadi.

Pensiunan PNS di Jogja Catut Nama TNI Untuk Galang Dana Baksos, Duitnya Untuk Bayar Semesteran Anak

Seorang pensiunan PNS asal Wirobrajan, Kota Jogja ditangkap karena melakukan penipuan untuk menggalang dana dengan mengatasnamakan TNI.

Motor Sundul Motor di Kulonprogo, Satu Pengendara Meninggal Dunia

Kecelakaan maut sepeda motor vs sepeda motor di Kulonprogo menyebabkan seorang pengendara meninggal dunia.

Mayat Kakek-Kakek Asal Seyegan Sleman Menyangkut di Selokan Mataram

Seorang kakek-kakek di Seyegan, Sleman, ditemukan meninggal dunia. Mayatnya hanyut di Selokan Mataram tanpa ada bekas penganiayaan.

Pemkot Jogja Bakal Tutup PKL yang Jual Makanan Harga Tak Wajar

Pemkot Jogja mengaku akan menindaklanjuti perihal keluhan wisatawan terhadap harga pecel lele di Malioboro yang viral di media sosial.

Soal Nuthuk Harga di Malioboro, Paguyuban Pedagang Sebut Ulah Oknum

Paguyuban pedagang sebelum Lebaran dan libur panjang lalu bersama UPT Malioboro sudah melakukan pengecekan ke sejumlah pedagang.

Fenomena Super Blood Moon, Nelayan Pantai Selatan Bantul Pilih Libur Melaut

Sejumlah nelayan di pantai selatan Bantul memilih libur melaut, menyusul adanya fenomena super blood moon yang akan memicu gelombang laut tinggi.

Merapi Muntahkan 4 Kali Awan Panas Guguran ke Barat Daya

Pada Rabu (26/5/2021), teramati Merapi masih memuntahkan awan panas guguran dan lava pijar ke arah barat daya.

Pasutri Tepergok Edarkan Uang Palsu di Pasar Barongan Bantul

Kepolisian Sektor (Polsek) Jetis, Bantul, DIY meringkus pasangan suami istri yang mengedarkan uang palsu di Pasar Barongan, Jetis, Bantul.

Minimnya Kuota Vaksin Jadi Kendala Vaksinasi Tenaga Kependidikan di Kulonprogo

Disparpora Kulonprogo berharap vaksinasi Covid-19 untuk tenaga pendidik rampung sebelum Juli 2021 sehingga PTM bisa digelar sesuai rencana.

Dukung Merdeka Belajar, ITNY Jadi Narasumber di Kementerian ATR/BPN

Institut Teknologi Nasional Yogyakarta atau ITNY menjadi salah satu narasumber di acara Kementerian ATR/BPN tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Waduh, Puluhan Pengunjung Pantai Parangtritis Tersengat Ubur-ubur

Banyak anak-anak yang tersengat ubur-ubur karena mereka tidak menyadari keberadaan dan racun di binatang ini.