SOLOPOS.COM - Sejumlah wisatawan sedang menikmati keindahan alam di Pantai Ngeden, Desa Kanigoro, Saptosari. Foto diambil beberapa waktu lalu. (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Pantai Ngeden juga tersedia banyak spot selfie.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL— Pantai Ngeden di Desa Kanigoro, Saptosari merupakan salah satu destinasi wisata di Gunungkidul. Lokasi ini masih tersembunyi dan alami, airnya jernih dan vegetasi di sekitar pantai tumbuh subur.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Asal usul pantai juga cukup aneh. Sebelum dikenal dengan sebutan Ngeden, pantai ini oleh warga sekitar disebut Ngedan yang berarti menggila. Meski sebutan ini membuat pengunjung bertanya-tanya, namun hal itu bukan menjadi masalah karena pesona di pantai tetaplah indah untuk dinikmati.

“Pantainya masih alami sehingga kondisi di pantai masih sangat asri,” kata Sukardi, salah seorang warga di sekitar Pantai Ngeden, Jumat (2/3/2018).

Menurut dia, di kawasan pantai ini terdapat dua lokasi yang dijadikan tujuan pengunjung. Untuk yang tidak suka bermain air, pengunjung bisa menikmati pemandangan laut dari atas tebing. Saat berkunjung, wisatawan tidak perlu khawatir karena di puncak tebing sudah diberikan pengamanan sehingga kondisinya tidak berbahaya.

Di lokasi inilah merupakan tempat paling pas untuk melihat matahari tenggelam. Untuk pencapai ke puncak, juga sudah dibuatkan jalur sepanjang 400 meter sehingga memudahkan untuk mencapai titik yang diinginkan. “Kalau cuacanya cerah maka fenomena matahari tenggelam akan terlihat dengan jelas. Lokasi ini juga menjadi titik menyenangkan bagi warga yang hobi mancing,” ujarnya.

Sementara itu, lanjut Sukardi, bagi pengunjung yang suka bermain air, di kawasan ini juga terdapat pantai dengan gugusan pasir putih. Memang lokasi pantai tidak begitu luas karena hanya memiliki panjang 100-150 meter. Namun hal tersebut bukan halangan karena pemandangannya sangat cantik. Saat berkunjung, wisatawan tidak hanya bisa mendegarkan deburan ombak khas Pantai Selatan, tapi juga dapat melibat berbagai biota laut seperti ikan-ikan hingga rumput laut yang berada di sela-sela karang. “Di lokasi ini juga sering dijadikan tempat untuk berkemah bagi pengunjung,” ungkapnya.

Untuk mencapai Pantai Ngeden tidaklah sulit karena aksesnya sudah bagus, meski masih ada beberapa titik yang butuh perbaikan. Jarak pantai ini dengan Kota Wonosari sekitar 28 kilometer, atau membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya