Ini Nasihat Exalos Antisipasi Ular Masuk Rumah saat Penghujan
Ilustrasi ular. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Exotic Animal Lovers Regional Solo telah melakukan rescue atau penyelamatan ular di 10 lokasi sejak awal Oktober atau awal musim penghujan ini. Inilah nasihat Exalos Regional Solo kepada warga untuk selalu mewaspadai kemungkinan kemunculan ular dalam rumah saat penghujan.

Wakil Ketua Exalos Regional Solo, Ronny, 19, mengaku menerima permohonan di 10 lokasi atau rumah yang berdekatan dengan sungai atau anak sungai, antara lain di Kelurahan Pucangsawit dan Mojosongo, Kota Solo, Jateng. Permohonan rescue pada musim penghujan lebih banyak dibandingkan kemarau.

“Jenis ular yang sering dijumpai ular kayu, ular jali, dan ular piton. Ini bukan jenis ular berbisa. Enggak berbahaya,” kata dia kepada Solopos.com saat ditemui di Jl. Bhayangkara, Solo, Jateng, Minggu (22/11/2020).

Tesla Makin Dekat Indonesia, Apa Untungnya?

Dia menjelaskan ular yang ditangkap menjalani karantina lalu dirilis ke alam bebas. Exalos memilih sejumlah lokasi yang aman bagi kelangsungan hidup ular.

"Warga perlu waspada pada musim penghujan. Ada warga menemukan tiga bayi ular piton di Kelurahan Mojosongo pada Senin pakan lalu," ungkapnya.

Sarang Butuh Kelembaban

Dia mengatakan, ular tidak membuat sarang tapi mencari lokasi yang lembab untuk bertelur. Ular sekali bertelur mencapai 20 sampai 30 butir namun yang bertahan hidup sampai dewasa sekitar seperempatnya saja.

Benda Ini Kata Fengsui Buka Keberuntungan

"Tidak semua telur bisa menetas dan hidup karena kadang telurnya pecah atau faktor lingkungan sekitar," ungkapnya.

Menurut dia, untuk mengantisipasi ular masuk rumah perlu menjaga kebersihan dalam rumah. Warga bisa memakai wangi-wangian ruangan supaya ular menghindari rumah.

Salah satu anggota Exalos, Galih, mengatakan komunitas melepas ular ke wilayah yang aman. Lokasi dirahasiakan untuk melindungi ular dari kegiatan perburuan. (Wahyu Prakoso

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom