SOLOPOS.COM - Menara Wijaya di Kompleks Kantor Pemkab Sukoharjo (Solopos/Indah S.W.)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Panitia Seleksi (Pansel) lelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo mengirimkan tiga nama pejabat eselon II ke Bupati Sukoharjo Etik Suryani pada Rabu (28/4/2021).

Ketiga nama pejabat itu masing-masing Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda, Widodo; Kepala Satpol PP, Heru Indarjo; serta Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) R.M. Suseno Wijayanto. Selanjutnya Bupati Etik Suryani akan memilih satu nama untuk diajukan sebagai calon Sekda definitif Kabupaten Sukoharjo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Pansel, Anwar Hamdani mengatakan ketiga nama diusulkan pansel berdasarkan peringkat sesuai perolehan nilai selama mengikuti seleksi lelang jabatan. Nantinya ketiga nama itu akan dipilih satu oleh Bupati untuk diajukan ke Gubernur Jawa Tengah.

Baca juga: Sambut Bus Werkudara, Sukoharjo Tawarkan Paket Wisata Pusat Kerajinan

Ekspedisi Mudik 2024

"Bupati Sukoharjo selaku pembina pejabat kepegawaian (PPK) memiliki hak prerogatif dalam menentukan siapa yang akan diusulkan satu nama pejabat itu," kata Anwar kepada Solopos.com.

Anwar mengatakan pansel tidak akan mencampuri lagi setelah menyetorkan tiga nama pejabat ke Bupati Sukoharjo.

Koordinasi dengan Gubernur Jateng

Bupati memiliki hak penuh dalam menetapkan dan mengusulkan satu nama untuk dijadikan sebagai Sekda definitif. Koordinasi akan dilakukan Pemkab Sukoharjo dengan Gubernur Jawa Tengah mengenai hasil lelang jabatan.

"Gubernur nanti akan melakukan wawancara dengan Pansel, Bupati dan pejabat yang diusulkan. Setelah itu mengeluarkan rekomendasi dan dilanjutkan ke Kemendagri," katanya.

Baca juga: Perajin Rotan Trangsan Sukoharjo Kebanjiran Pesanan Keranjang Parsel

Sebagaimana diketahui Pemkab Sukoharjo menggelar lelang jabatan Sekda untuk mengisi kekosongan posisi tersebut. Jabatan Sekda Sukoharjo kosong setelah ditinggal Agus Santosa yang maju dalam kontestasi Pilkada Sukoharjo sebagai wakil bupati (Wabup) mendampingi Etik Suryani.

Posisi jabatan Sekda selanjutnya diisi oleh Pejabat Pelaksana Harian (Plh), dan dilanjutkan Pejabat Pelaksana Tugas (Plt).

Bupati Etik Suryani menargetkan lelang jabatan Sekda bisa rampung akhir bulan ini. Dengan demikian jabatan sekda bisa segera terisi. Pengisian jabatan Sekda mendesak dilakukan mengingat jabatan tertinggi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) ini sangat penting terutama dalam penyusunan anggaran daerah.

Baca juga: Perantau Pulang Kampung Bersiaplah Dipantau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya