SOLOPOS.COM - Foto Jokowi-JK yang diunggah @evndari, di retweet pula oleh akun JK

Harianjogja.com, SLEMAN-Dalam Simposium Nasional II Jalan Kemandirian Bangsa yang berlangsung di Hotel Royal Ambarrukmo, Senin (18/8/2014) malam, sejumlah pakar dan ilmuwan memberikan masukan bagi Presiden Terpilih Joko Widodo.

Simposium kedua itu dihadiri oleh 400 ilmuwan dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Para guru besar dan ilmuwan dari universitas-universitas ternama di seluruh Indonesia  berebut  untuk mendapatkan kesempatan memberikan masukan sebagai upaya mengawal pemerintahan Jokowi-JK ke depan.  Namun mengingat keterbatasan waktu, hanya tiga tokoh yng berkesempatan menyampaikan gagasan sebagai bahan masukan program pemerintahan lima tahun ke depan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Sidharto Danusubroto misalnya, dalam kesempatan itu memberi masukan agar Jokowi mempersiapkan diri sedini mungkin dalam menyongsong ASEAN Community 2015 nanti.

Sementara itu, Ketua Forum Ilmuwan Indonensia, Tulus Warsito mengaku selama ini merasa tersanjung dengan gagasan dan penggalian ide visi misi mengenai Indonesia Hebat, Bermartabat dan Berdaulat. Ada tiga elemen yang disampaikan Tulus kepada Jokowi. Ketiganya yakni mengenai utang luar negeri Indonesia yang mencapai triliunan dolar. Kemudian korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) yang sekarang ini sudah menggurita dan terakhir mengenai keterbatasan anggaran negara.

Ketua Panitia Simposium Nasional, R. Haryatno, menjelaskan selama ini forum ilmuwan telah merumuskan beragam masukan dan telah diserahkan ke Jokowi sebagai bahan pertimbangan mengendalikan jalannya pemerintahan lima tahun ke depan.

Selanjutnya pada September nanti akan diadakan kembali kelanjutan dari simposium nasional kedua ini. Acara akan berlangsung di tiga kota yaitu Jakarta kemudian disambung Bogor, sedangkan penutupannya akan digelar di Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya