SOLOPOS.COM - Ilustrasi berjalan tanpa alas kaki. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah manfaat baik dari kebiasaan berjalan kaki nyeker seperti dilakukan vokalis Coldplay Chris Martin. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Sebagaimana diketahui jelang konser Coldplay di Jakarta, pada Selasa (14/11/2023) kemarin, Chris Martin terlihat berjalan dengan bertelanjang kaki. Aksi itu juga diunggah di akun Instagram resmi Coldplay.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Dalam terbitan 11 April, National Enquirer mengklaim bahwa Chris Martin telah berjalan tanpa alas kaki di depan umum selama bertahun-tahun. Dan hal ini diduga berdampak buruk pada bau dan tekstur kakinya.

Dikutip dari entertaintimes.com pada Rabu (15/11/2023), orang dalam mengklaim bahwa bau kaki Martin adalah salah satu alasan mantan istrinya, Gwyneth Paltrow memutuskan untuk meninggalkannya.

“Saat dia melakukan hal-hal seperti berjalan di jalanan London tanpa membawa apa-apa, hal itu biasanya membuat dia berteriak. Itu menjadi hal yang menyakitkan baginya, dan dia masih mengomelinya tentang hal itu. Ini pasti menjadi masalah bagi Dakota juga. Dia harus hidup dengan bau kaki Chris selama lima tahun sekarang,” kata sumber itu.

Terlepas dari apa alasannya, tidak ada indikasi bahwa inilah alasan Paltrow menceraikannya. Dan tidak benar bahwa Dakota Johnson juga merasa jijik dengan kebiasaan buruknya lantaran dia pernah tertangkap kamera berjalan-jalan di taman bersama Chris Martin bertelanjang kaki.

Berikut penjelasan seputar manfaat dan risiko dari berjalan tanpa sandal dan sepatu alias nyeker dikutip dari hellosehat.com pada Rabu (15/11/2023):

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Sebuah studi terbitan Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan hubungan berjalan tanpa alas kaki dengan mengurangi risiko penyakit jantung.  Peneliti menjelaskan dalam penelitian tersebut bahwa grounding dapat mengurangi pembekuan dan pengentalan darah dalam sel darah merah.

Pengentalan darah dalam sel darah merah adalah faktor utama dalam penyakit kardiovaskular.

2. Mengurangi rasa sakit

Manfaat lain dari berjalan kaki nyeker adalah mengurangi rasa sakit. Menurut penelitian dari Journal of Inflammation Research, saat Anda berjalan menyentuh tanah langsung bisa bertindak sebagai antioksidan alami. Antioksidan ini melindungi sel tubuh, jaringan, dan organ dari stres oksidatif.

Orang yang sedang mengalami nyeri otot akan merasa lebih baik setelah berjalan atau berbaring di atas tanah.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Anda menggunakan otot tambahan di kaki dan tungkai untuk membantu menyeimbangkan tubuh dan mengirim pesan ke otak saat jalan kaki.

Lewat menggunakan otot tambahan, sama halnya dengan olahraga, sirkulasi darah untuk kaki akan meningkat.

4. Meningkatkan postur dan keseimbangan tubuh keseluruhan

Berjalan tanpa alas kaki dapat memaksa tubuh untuk melatih dan memperkuat otot-otot kecil pada kaki. Otak belajar untuk memperhatikan sinyal dari kaki sehingga meningkatkan postur dan keseimbangan tubuh.

The Foundation for Health in Aging mengatakan bahwa studi mengenai berjalan di atas batu dapat membantu para orang tua meningkatkan keseimbangan dan kekuatan mereka.

5. Meningkatkan suasana hati

Penelitian dari Explore menjelaskan bahwa stres dan depresi bisa berkurang dengan kebiasaan berjalan tanpa alas kaki.  Kebiasaan ini bisa membuat tubuh merasakan berbagai macam bentuk dan tekstur tanah dan jalanan yang Anda injak.

Tubuh akan terfokus pada keseimbangan sehingga lebih melepaskan hormon kortisol atau stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya