Ini Makna Sayur Lodeh 7 Warna Diklaim Ampuh Usir Pagebluk Corona
Bahan saur lodeh 7 warna yang diklaim mampu menolak bala. (Whatsapp)

Solopos.com, SOLO — Sayur lodeh 7 warna yang diklaim mampu menghilangkan pagebluk corona viral di media sosial. Resep sayur lodeh  itu disebut-sebut berasal dari Keraton Jogja.

Adapun bahan yang diperlukan untuk membuat sayur lodeh tujuh warna itu adalah kluwih, kacang panjang (cang gleyor), terong, kulit melinjo, daun melinjo muda, labu kuning (waluh), dan tempe.

3 Dokter Perawat Pasien Corona Indonesia Meninggal, Ini Datanya

Setiap bahan tersebut memiliki makna tersendiri. Berdasarkan informasi viral di media sosial, berikut makna di balik bahan sayur lodeh 7 warna yang diklaim mampu mengatasi pagebluk corona:

Kluwih: kluwargo luwihono anggone gulowentah gatekne. Maknanya keluarga lebihkan dalam memberi nasihat dan perhatian.

Cang gleyo: cancangen awakmu Ojo lungo-lungo. Maksudnya ikatlah badanmu, jangan pergi-pergi. Hal ini mengisyaratkan setiap orang diminta berdiam diri di rumah saat pagebluk melanda.

Dokter Bingung Obati Aktor FTV Detri Warmanto Positif Corona, Kenapa?

Bahan selanjutnya untuk membuat sayur lodeh 7 warna adalah terong: terusno anggone olehe manembah Gusti ojo datnyeng, mung yen iling tok. Maknanya lanjutkan dan tingkatkan beribadah, jangan hanya jika ingat saja.

Kulit melinjo, Waluh, Godong So, dan Tempe

Kulit melinjo: ojo mung ngerti njobone ning kudu reti njerone babakan pagebluk. Maksudnya adalah jangan hanya paham akibatnya saja. Tapi harus paham secara mendalam penyebab wabah tersebut.

Waluh: uwalono ilangono ngeluh gersulo. Bahan ini diharapkan mampu menghilangkan keluhan dan kegalauan. Jadi, masyarakat harus tetap semangat menghadapi situasi pagebluk.

Banjir Order, Pengrajin Etanol Bekonang Malah Kewalahan

Godong so: golong gilig donga kumpul wong sholeh sugeh kaweruh Babakan agomo lan pagebluk. Makna yang terkandung pada daun melinjo muda komposisi sayur lodeh yang diklaim mengusir pagebluk adalah bersatu padu berdoa bersama orang yang salih, pandai soal agama, juga wabah penyakit.

Bahan terakhir yang dibutuhkan untuk membuat sayur lodeh 7 warna adalah tempe. Bahan ini mengandung makna temenono olehe dedepe nyuwun pitulungane Gusti Allah. Yakni setiap oranng harus benar-benar fokus memohon pertolongan kepada Tuhan.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, bahan baku sayur lodeh tujuh warna itu menjadi buruan warga di Klaten, Jawa Tengah. Saking larisnya, harga bahan tersebut sampai naik hingga dua kali lipat.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho