Ini Lho Sosok di Balik 'Tarik Sis Semongko' Yang Viral
Ridho Woyo Woyo Pencetus jargon 'Tarik Sis Semongko' (Detik.com)

Solopos.com, BANYUWANGI — Media sosial Tiktok dan status WhatsApp lagi ramai dengan jargon ‘Tarik Sis, Semongko’. Bahkan menjadi jargon bagi anak muda saat ini.  Siapa sangka, jargon ini muncul dari Banyuwangi saat pementasan musik. Jargon yang kemudian diikuti lagu berjudul ‘Bunga’ itu viral.

Pencetus jargon itu adalah MC dangdut kondang di Banyuwangi, Ridho Woyo-woyo. Sedangkan penyanyi yang melantunkan lagu ‘Bunga’ adalah Anggun Pramudita.

Edukasi Cegah Covid-19, Dosen ISI Kolaborasi Bikin Tembang Dolanan dan Buku

Kepada Detik.com, Ridho Woyo-woyo mengatakan jargon ‘Tarik Sis Semongko’ ini berawal dari sebuah pentas dangdut yang diselenggarakan kelompok pemuda Damlimo, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi. Mereka menggandeng AA Jaya Event Organizer, pada Januari 2020.

“Wah, itu video 10 bulan lalu, Mas. Memang sekarang viral di media sosial,” ujarnya kepada Detik.com, Sabtu (17/10/2020).

Endah Laras Meriahkan Prambanan Jazz Festival Bareng Sinten Remen

‘Tarik Sis Semongko’ viral di Medsos. (Detik.com)

Ridho mengaku jargon ‘Tarik Sis, Semongko’ merupakan bahasa Jawa yang mempunyai arti ajakan berjoget. Sementara itu, semongko adalah kepanjangan ‘semangato sampek bongko’. Arti dalam bahasa Indonesianya ‘semangatlah sampai mati’. Semongko bisa diartikan buah semangka.

Viral Siswa SMK Nikahi Dua Pacarnya Dalam Sepekan

“Tarik merupakan aba-aba yang biasa digunakan untuk dimulainya musik gendang, sedangkan semongko adalah semangka dalam bahasa Jawa. Namun, dalam AA Jaya, semongko juga bisa berarti lain, yaitu semangato sampe bongko [semangatlah sampai mati],” lanjut Ridho.

Video ‘Tarik Sis Semongko’, Anggun Pramudita-Bunga dari label Aneka Safari Musik sempat viral di Youtube. Bahkan video itu menjadi viral, trending nomor dua di Indonesia. Video yang diproseduri oleh AA Jaya ini hanya kalah dari video girl band Korea Blackpink.

 

Sumber: Detik.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom