SOLOPOS.COM - Foto dalam berita Bea Cukai Mataram menunjukkan petugas mengecek motor balap. (bcmataram.beacukai.go.id)

Solopos.com, LOMBOK – Bea Cukai Mataram akhirnya merilis kronologi terkait penanganan logistik untuk kebutuhan balapan di Sirkuit Mandalika. Sebagaimana diketahui, netizen dibuat geger gegara isu unboxing yang sempat disebut ilegal melalui tayangan video yang beredar di media sosial.

Melalui laman resminya, Bea Cukai Mataram mengunggah berita berjudul `Bea Cukai Mataram Dukung Perhelatan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan World Superbike`. Berita itu disiarkan Senin (15/11/2021). Namun dalam keterangan di dalam link, berita itu disebut diposting 11 November 2021.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Baca Juga: Resmikan Sirkuit Mandalika, Presiden Jokowi Langsung Tancap Gas

Melalui rilis itu, Bea Cukai Mataram menyebutkan kronologi sejak datangnya logistik dan pengecekan dokumen pabean internasional atau Carnet. Berikut kronologinya:

  • Logistik dengan berat total 100 ton kebutuhan WSBK tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid pada senin 08/11 sekitar pukul 23:00 dan selasa 09/11 sekitar pukul 14:20 menggunakan pesawat kargo Boeing 777 milik maskapai Qatar Airways dari Doha.
  • Direktorat Jenderal Bea dan Cukai memberikan fasilitas kepabeanan dengan Carnet untuk kemudahan layanan kepabeanan dalam rangka impor keperluan event Internasional IATC dan WSBK.

Baca Juga: Batal Hari Ini, Balapan IATC di Mandalika Diundur Bareng WSBK

  • Implementasi carnet yang berlaku secara internasional memberikan kemudahan pelayanan dan pengawasan sehingga administrasi kepabeanan menjadi lebih cepat. Carnet meliputi ATA CARNET dan CPD Carnet. ATA Carnet (Admission Temporaire/Temporary Admission Carnet) adalah dokumen pabean internasional yang diterima sebagai Pemberitahuan Pabean dan juga berfungsi sebagai jaminan yang berlaku secara internasional serta digunakan untuk barang-barang keperluan selain sarana pengangkut dengan tujuan untuk dikendarai.
  • Penggunaan carnet dalam impor barang keperluan balapan IATC dan WSBK mendapat pembebasan Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor. Diharapkan dengan kemudahan dan fasilitas tersebut, akan memperlancar arus barang dan menggerakkan ekonomi dalam mensukseskan pemulihan ekonomi nasional melalui sektor pariwisata khususnya Sport Tourism.

Dilansir Liputan6.com, Senin, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Askolani menyatakan, pemeriksaan fisik boks kargo berisi motor pabrikan Ducati di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah dilakukan sesuai prosedur jelang bergulirnya seri terakhir Kejuaraan Dunia World Super Bike (WSBK).

“Barang yang diimpor dilakukan pemeriksaan fisik barang oleh bea cukai, sesuai prosedur kepabeanan,” ujar Askolani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya