Proses registrasi calon mahasiswa baru di Undip, Selasa (18/6/2019). (Semarangpos.com-Humas Undip)

Semarangpos.com, SEMARANG — Universitas Diponegoro (Undip) Semarang memberikan kuota sekitar 4.850 mahasiswa baru (maba) yang menjalani seleksi dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Total tahun ini, Undip memberikan kuota untuk mahasiswa baru sekitar 9.926 orang atau lebih banyak sekitar 3,8% dibanding tahun lalu, sekitar 9.559 orang.

Dari total kuota yang disediakan, sekitar 21% atau 2.146 kuota sudah terisi calon mahasiswa baru dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Selain melalui jalur SBMPTN dan SNMPTN, tahun ini Undip juga membuka pendaftaran melalui seleksi Ujian Mandiri (UM), dan Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB).

Kepala Humas Undip, Nuswantoro Dwiwarno, mengatakan tahun ini ada hal berbeda dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru di jalur SBMPTN. Kali ini, calon mahasiswa baru wajib mengikuti Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) yang digelar Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sebelum mengikuti SBMPTN.

“Mereka yang sudah diterima melalui jalur SNMPTN otomatis tidak bisa mendaftar SBMPTN. Dan yang tidak mengikuti UTBK, juga tidak bisa mendaftar SBMPTN. Nilai UTBK digunakan untuk seleksi mengikuti SBMPTN,” ujar Nuswantoro kepada Semarangpos.com, Selasa (18/6/2019).

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Penerimaan Mahasiswa Baru Undip 2019, Prof. Ir. Eddy Rianto, mengatakan Undip tidak menentukan passing grade standard minimal nilai UTBK yang digunakan untuk mendaftar SBMPTN. Semua peserta yang memiliki nilai UTBK boleh mendaftar dan nantinya akan bersaing dengan peserta lain yang memilih prodi atau fakultas yang sama.

“Nilai UTBK kan yang berwenang mengeluarkan lembaga LTMPT. Jadi ya calon mahasiswa harus betul-betul mencermati dan bisa memprediksi sendiri pilihan prodinya dengan mempertimbangkan PTN mana yang dituju, Fakultasnya apa, prodinya apa, daya tamping dan keketatan persaingan di prodi tersebut,” jelas Eddy.

Berdasarkan SK Rektor Nomor 413/UN7.P/HK/2019, Undip tahun ini akan menampung sebanyak 9926 mahasiswa baru dari jalur SNMPTN, SBMPTN, dan UM. Mahasiswa yang telah diterima dari jalur SNMPTN saat ini mulai menjalani pemeriksaan dokumen.

Sementara untuk calon mahasiswa yang ingin mendaftar melalui jalur UM, Undip telah membuka pendaftaran. “Informasi lengkap sudah kita upload di web Undip www.um.undip.ac.id; atau melalui saluran telp help desk kami di nomor 08112883688 dan Whatsapps [WA] 081225611333,” kata Eddy.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten