SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat milik maskapai Sriwijaya Air. (Bisnis-dok.)

Solopos.com, JAKARTA — Pesawat Sriwijaya Air jenis Boeing 737-500 dengan kode penerbangan SJ182 tujuan Jakarta-Pontianak yang diduga jatuh di perairan Laut Jawa dilaporkan hilang kontak hanya beberapa menit setelah lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Berikut ini kronologi celakanya Sriwijaya Air itu versi Menteri Perhubungan.

Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan kronologi hilang kontak antara pesawat dengan pemandu lalu lintas udara (Air Traffic Controller/ATC) setelah lepas landas pada pukul 14.36 WIB. Dari catatan itulah ia mendasarkan pernyataan atas kronologi nahas Sriwijaya Air tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Waspada! Pemilik Zodiak Ini Kerap Pendam Emosi 

"Pilot kemudian minta izin kepada ATC untuk menaikkan ketinggian. Pada 14:37 WIB diizinkan naik ke ketinggian 29.000 kaki dengan mengikuti standar instrumen departure," ungkapnya dalam konferensi pers yang dilakukan secara daring, Sabtu (9/1).

Beberapa saat kemudian, pada pukul 14:40 WIB pesawat terlihat terbang menjauh dari rute, ke arah barat daya, sehingga ATC mencoba untuk menghubungi pilot untuk kembali ke koordinat.

Terus Dicari

Nahas, pesawat Boeing 737-500 tidak lama kemudian hilang dari radar. Pencarian pun dilakukan dan terus berlangsung di lokasi tempat ditemukannya puing yang diduga merupakan bagian dari pesawat SJ182, yakni di sekitar Pulau Lancang dan Pulau Laki.

Budi juga menyampaikan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo untuk memaksimalkan proses pencarian dengan mengerahkan tenaga Basarnas, KNKT, serta TNI Angkatan Laut dan menyiapkan sejumlah perahu karet, sea rider, dan kapal khusus Baruna Jaya yang dilengkapi peralatan underwater recovery.

Simak 21 Resolusi Jitu Atur Uang di Tahun 2021!

Dia menyebut empat kapal dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi sudah berada di antara Pulau Lancang dan Pulau Laki, lokasi yang diduga jatuhnya pesawat tersebut. “Mohon doa restu dari seluruh masyarakat agar proses pencarian dan penyelamatan berjalan lancar,” ujar 

Kemenhub juga membuka posko di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta terkait hilangnya pesawat jenis Boeing 737-500. Kemenhub juga menyediakan hotline untuk informasi di 021-80637817.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya