Anggota komunitas Omah Ulo, Bintang Putra Sadewa, menunjukan ular taliwongso di basecamp Omah Ulo, Purbayan, Singopuran, Kartasura, Jumat (3/1/2020). (Solopos/M. Aris Munandar)

Solopos.com, SUKOHARJO – Komunitas Omah Ulo siap membantu warga di Soloraya mengatasi teror ular. Warga yang membutuhkan bantuan bisa menghubungi anggota komunitas Omah Ulo lewat telepon maupun Whatsapp.

Berikut nomor kontak komunitas Omah Ulo yang siap membantu warga mengatasi teror ular di Soloraya:

Nomor telepon anggota komunitas Umah Ulo. (Istimewa)
Nomor telepon anggota komunitas Umah Ulo. (Istimewa)

Komunitas yang beranggotakan 30 orang tersebut pada mulanya merupakan komunitas Snake Rescue Boyolali (SRB). Karena sebagian anggota bukan asli warga Boyolali, akhirnya mereka mendirikan komunitas sendiri di Kartasura dengan nama Omah Ulo.

Fokus kegiatan yang dilakukan komunitas Omah Ulo yakni penyelamatan (rescue) ular dan edukasi kepada masyarakat mengenai penanganan ular.

“Jika ada permohonan bantuan penyelematan ular anggota kami langsung menemui lokasi tersebut, wilayahnya se-Soloraya. Untuk edukasi kita lakukan kepada masyarakat dan sekolah. Edukasi tersebut berupa pengenalan jenis ular dan cara penanganannya,” terang Bintang Putra Sadewa saat ditemui Solopos.com di basecamp Omah Ulo, Purbayan, Singopuran, Kartasura, Sukoharjo, Jumat (3/1/2020).

Selain membantu masyarakat dalam penanganan ular, komunitas Omah Ulo juga bertujuan menjaga ekosistem alam. Rantai makanan pada hewan dan tumbuhan tetap terjaga.

“Jangan sampai anak keturunan nanti mengenal istilah ulonusaurus. Artinya karena ular punah generasi masa depan dibuat bingung bentuk ular itu seperti apa. Apakah punya kaki? Seperti yang digambarkan dinosaurus saat ini? Dugaan-dugaan tersebut kami harap tidak terjadi untuk generasi masa depan,” kata Samudra Budi.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten