SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Madiun, Jawa Timur, mencatat telur ayam ras menjadi salah satu komoditas yang memberikan andil terbesar menyumbangkan deflasi Februari 2019 yang mencapai sebesar 0,10 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) sebesar 132,40 persen.

“Selain telur ayam ras, komoditas yang memberikan andil terbesar terjadinya deflasi yakni bawang merah, daging ayam ras, bensin, cabai rawit, tarif KA [kereta api], angkutan antarkota, kubis, wortel, dan cabai merah,” ujar Kepala BPS Kota Madiun Firman Bastian di Kantor BPS Kota Madiun, Senin (4/3/2019).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dia menjelaskan deflasi yang terjadi di Kota Madiun tersebut disebabkan berbagai faktor. Di antaranya karena ketersediaan komoditas bahan makanan melimpah di pasaran, sehingga harga turun.

“Deflasi itu stoknya atau ketersediaan barang melimpah tapi permintaan menurun sehingga terjadi penurunan harga. Bisa juga karena Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Madiun sudah memantau dan mengatur strategi dari awal tahun agar tidak terjadi kenaikan harga komoditas yang signifikan,” kata Firman Bastian.

Sedangkan komoditas yang memberikan andil terbesar terjadinya inflasi di Kota Madiun adalah beras, bawang putih, pepaya, sepeda motor, tomat sayur, rokok kretek, obat dengan resep, mi kering instan, susu untuk anak balita, dan anggur.

“Komoditas-komoditas tersebut menjadi penekan deflasi atau penyumbang inflasi karena harganya naik,” kata dia.

Firman Bastian menambahkan dari tujuh kelompok pengeluaran, tiga di antaranya mengalami deflasi dan empat lainnya inflasi. Adapun kelompok pengeluaran yang mengalami deflasi adalah bahan makanan; pendidikan, rekreasi, dan olahraga; serta kelompok trasportasi, komunikasi, dan jasa keuangan.

Sedangkan kelompok pengeluaran yang mengalami inflasi antara lain kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau; kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar; kelompok sandang; dan kelompok kesehatan.

Lebih lanjut, Firman menerangkan dari delapan kota IHK di Jawa Timur, semua kota mengalami deflasi dengan deflasi tertinggi terjadi di Kota Malang sebesar 0,42 persen; diikuti Kabupaten Sumenep dengan deflasi sebesar 0,37 persen; Kabupaten Jember dengan deflasi sebesar 0,16 persen.

Kemudian Kota Probolinggo deflasi sebesar 0,14 persen; Kota Surabaya deflasi 0,13 persen; Kota Madiun deflasi 0,10 persen; sedangkan Kabupaten Banyuwangi dan Kota Kediri deflasi 0,08 persen. Pada bulan ini, Jatim mengalami deflasi  0,18 persen dan nasional mengalami deflasi sebesar 0,08 persen. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya