SOLOPOS.COM - Dokter Lo Siaw Ging (Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO – Sosok dokter Lo Siaw Ging mungkin tak asing di telinga sejumlah masyarakat Kota Solo, Jawa Tengah. Dokter berusia 85 tahun itu cukup berjasa bagi masyarakat Kota Solo.

Berbagai jasa dokter Lo disebutkan netizen lewat kolom komentar di grup Facebook Info Cegatan Solo dan Sekitarnya, Selasa (25/9/2019). Pembahasan itu berawal dari video sepak terjang dokter Lo yang dibagikan pengguna Facebook Tri Wahyanto, Kamis (19/9/2019).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Dr Lo, penolong pasien tidak mampu,” tulis Tri Wahyanto sebagai keterangan video viral.

Ratusan netizen meramaikan kolom komentar video viral tersebut. Mereka menceritakan pengalaman menarik bersama dokter Lo. Tak lupa, mereka mendoakan kesehatan bagi dokter yang berjiwa sosial tinggi itu.

“Sehat selalu dokter Lo. Kemarin anak kedua saya habis periksa. Puji Tuhan ini sudah membaik. Sehat terus pak dokter,” komentar Mega Elvira.

“Dokter langganan saya waktu masih kecil. Orang tua saya sering dimarahi. Tapi, saya sembuh sampai sekarang,” imbuh Analinta Priscilla.

“Dokter paling istimewa. Waktu kecil pernah diperiksa beliau dan waktu itu umi mau bayar malah dimarahi. Dia bilang apa uangmu sudah melimpah kok mau bayar. Kamu saja masih susah karena anakmu sakit. Sudah uangnya dibawa saja buat beli jajan anaknya. Kata-kata itu masih terngiang sampai sekarang. Semoga dokter panjang umur dan sehat selalu,” lanujut Lutfi Assegaf.

Dokter Lo Siaw Ging sehari-hari membuka praktik umum di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo. Dokter ini sangat terkenal karena rasa kemanusiaannya yang sangat luar biasa. Dia merupakan sahabat wong cilik yang tidak mampu berobat. Sebab, dia berprinsip tidak ingin mencari kekayaan lewat profesinya sebagai dokter.

“Kalau jadi dokter jangan cari duit. Kalau mau cari duit berdagang saja. Begitu pesan ayah. Dokter Oen juga begitu, tidak pernah mematok biaya kepada pasien,” terang Dokter Lo dalam cuplikan video Liputan 6 tentang Sosok Minggu Ini yang dibagikan Tri Wahyanto.

Dokter lulusan Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, itu merasa puas jika berhasil mengobati pasien. Menurutnya, kepuasan itu tidak bisa dibeli dengan apapun. Itulah alasannya membantu menyembuhkan orang sakit.

Berkat jasanya, dokter Lo diganjar penghargaan bidang kemanusiaan oleh Pemerintah Kota Solo pada 2009. Diberitakan Solopos.com, pada Maret 2019 lalu dokter Lo sempat jatuh sakit dan dirawat di RS Kasih Ibu. Tapi, begitu sehat dokter yang dikenal sebagai sahabat kaum duafa itu langsung praktik di rumah sakit dan di rumahnya di kawasan Purwodiningratan, Jagalan, Jebres, Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya