SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/Bisnis)

Peningkatkan produksi ikan budi daya juga melalui pengembangan Kawasan Sentra Produksi Perikanan (KSPP)

Harianjogja.com, KULONPROGO-Berbagai upaya dilakukan untuk mendongkrak produksi ikan budi daya di Kulonprogo. Pemerintah giat memberikan bantuan benih dan sarana pendukung produksi perikanan kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kulonprogo Sudarna mengatakan, ada pula program pelatihan dan pendampingan mengenai pengembangan usaha budi daya ikan, mulai dari soal pemilihan benih yang baik hingga pentingnya menjaga kesehatan lingkungan sekitar pembudidayaan.

Ekspedisi Mudik 2024

Para pembudidaya juga didorong untuk meningkatkan luasan budi dayanya. Sudarna mengungkapkan, pihaknya telah memfasilitasi 20 Pokdakan untuk menambah luasan budi daya tahun ini. Selain itu, ada beberapa Pokdakan yang membuat kolam baru secara mandiri, seperti di wilayah Sentolo dan Lendah.

Baca juga : Produksi Ikan Budi Daya Diprediksi Membaik

Sudarna menambahkan, Pemkab Kulonprogo juga berusaha meningkatkan produksi ikan budi daya melalui pengembangan Kawasan Sentra Produksi Perikanan (KSPP). Beberapa Pokdakan dikumpulkan dalam sebuah manajemen terpadu untuk menjalankan usaha perikanan bersama. Program itu setidaknya sudah berjalan di tiga lokasi, yaitu wilayah Wates, Girimulyo, dan Kalibawang.

“Hasilnya sudah terlihat ada satu yang secara rutin panen. KSPP Triharjo Wates itu setiap hari bisa panen lele 600 kilogram,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya