SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibu habis melahirkan. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah cara bisa dilakukan agar cepat pulih setelah menjalani operasi caesar seperti Nagita Slavina.  Istri Raffi Ahmad ini diketahui melahirkan anak keduanya lewat operasi caesar di RSIA Bunda Jakarta pada Jumat (26/11/2021) pukul 07.36 WIB.

Berbeda dengan persalinan normal yang memiliki waktu pemulihan lebih cepat, persalinan melalui operasi caesar akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk pulih. Selain itu  ada sejumlah pantangan yang harus dipatuhi pasien, salah satunya adalah mengangkat benda berat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Nah agar cepat  pulih setelah menjalani operasi caesar berikut empat kiat yang bisa Anda lakukan melansir Healthline dan Bisnis.com, Jumat (26/11/2021) :

1. Istirahat yang cukup

Operasi caesar adalah operasi besar. Sama seperti operasi apapun, tubuh Anda membutuhkan waktu untuk pulih setelah operasi. Beberapa orang mungkin akan menghabiskan tiga hingga empat hari (apabila ada komplikasi) setelah melahirkan di rumah sakit dan membutuhkan enam pekan untuk pulih sepenuhnya.

Baca Juga: Kalina Oktarani Mengalami Kecelakaan, Begini Kondisi Mobilnya

Pernah mendengar kalimat “istirahatlah ketika bayi Anda beristirahat” dari teman atau kerabat? Mereka benar. Luangkan waktu untuk beristirahat setiap kali si kecil tidur siang. Anda juga dapat meminta bantuan dari keluarga atau teman Anda untuk mengganti popok atau beberapa pekerjaan rumah, sehingga Anda dapat berbaring sebentar jika memungkinkan.

2. Sayangi tubuh Anda

Setelah operasi, berhati-hatilah saat bergerak. Hindari naik turun tangga untuk sementara waktu. Letakkan semua yang Anda butuhkan seperti perlengkapan ganti popok dan makanan di area yang mudah terjangkau, sehingga Anda tidak perlu terlalu sering bangun. Juga, pastikan tidak mengangkat sesuatu yang lebih berat dari bayi Anda.

Baca Juga: Pakai Metode Ini, Nagita Slavina Bisa Duduk Setelah Operasi Caesar

Selain itu, saat akan bersin dan batu, pegang perut Anda untuk melindungi bekas sayatan. Anda membutuhkan waktu hingga delapan minggu untuk bisa kembali ke rutinitas normal. Hindari olahraga berat, tetapi lakukan jalan-jalan ringan sesering mungkin. Gerakan ini akan membantu Anda sembuh dan mencegah sembelit dan pembekuan darah.

Tanyakan kepada dokter kapan Anda boleh berolahraga, kembali bekerja dan melakukan aktivitas berat lainnya. Tidak hanya kesehatan fisik saja, kesehatan mental juga perlu Anda perhatikan. Oleh karena itu, bila Anda merasa lelah, sedih dan kecewa, jangan diabaikan. Hubungi keluarga, teman atau dokter untuk mengatasi emosi Anda.

3. Meringankan rasa sakit

Penting menanyakan kepada dokter obat nyeri apa yang bisa Anda minum, terutama bila Anda sedang menyusui. Tergantung pada ketidaknyamanan Anda, dokter mungkin akan meresepkan pereda nyeri atau menyarankan Anda untuk minum obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti ibuprofen atau acetaminophen. Selain obat pereda nyeri, Anda bisa menggunakan heating pad untuk meredakan nyeri di sekitar bekas operasi.

Baca Juga: Cara Cegah Kakak Cemburu Pada Adik Baru Seperti Terjadi Pada Rafathar

4. Fokus pada nutrisi yang baik

Anda tetap membutuhkan nutrisi yang baik, sama seperti saat Anda hamil. Terutama jika Anda menyusui, Anda masih menjadi sumber nutrisi utama si kecil. Makan berbagai makanan kaya nutrisi akan menjaga bayi Anda tetap sehat dan membantu Anda menjadi lebih kuat. Juga, Anda membutuhkan cairan ekstra untuk meningkatkan suplai ASI dan menghindari sembelit. Jadi, perbanyak minum cairan terutama air putih.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya