Kategori: Solo

Ini Kelebihan KRL Jogja-Solo Dibandingkan Prameks


Solopos.com/Farida Trisnaningtyas

Solopos.com, SOLO — Kereta Rel Listrik (KRL) Jogja – Solo bakal beroperasi penuh mulai Rabu (10/2/2021) mendatang. Akan ada 20 perjalanan KRL yang jalan di lintas Jogja–Solo pergi pulang (PP). Meskipun demikian, KA lokal Prambanan Ekspres (Prameks) tetap ada, namun relasinya berubah menjadi Kutoarjo – Jogja PP.

“KRL akan melayani naik dan turun para pengguna di 11 stasiun, yakni Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Maguwo, Brambanan, Srowot, Klaten, Ceper, Delanggu, Gawok, Purwosari, dan Solo Balapan. Waktu tempuh perjalanan KRL ini rata-rata sekitar 68 menit. Ini lebih cepat waktunya dibandingkan perjalanan KA Prameks dengan waktu tempuh rata-rata selama 75 menit dengan pemberhentian di 7 stasiun,” kata Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter), Wiwik Widayanti, kepada wartawan, Kamis (4/2/2021).

Baca juga: KRL Jogja - Solo Beroperasi Penuh Mulai 10 Februari 2021, Tiket Rp8.000

Wiwik menjelaskan dalam jumlah kapasitas pengguna pun, setiap perjalanan KRL lebih banyak dalam melayani penggunanya. Dengan jumlah 4 kereta di setiap trainset, KRL pada masa normal dapat melayani 1.600 orang dalam satu kali perjalanan. Akan tetapi, dalam masa pandemi ini, kapasitas pengguna dibatasi 74 orang per kereta. Selain itu, kecepatan maksimal perjalanan KRL ini bisa sampai 90 km/jam. Sedangkan kecepatan maksimal perjalanan KA Prameks secepat 78-80 km/jam.

Kondisi gerbong KRL Jogja - Solo, Kamis (21/1/2021). (Solopos/Farida Trisnaningtyas)

KA Prameks untuk Yogyakarta - Kutoarjo

Di sisi lain, untuk perjalanan KRD Prameks sesuai Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2021, mulai 10 Februari 2021 relasinya menjadi Kutoarjo – Yogyakarta PP dengan jumlah 8 perjalanan. Waktu tempuh KA Prameks ini sekitar 75 menit. Perjalanan KA Prameks akan melayani naik dan turun penggunanya di lima stasiun, yaitu Yogyakarta, Wates, Wojo, Jenar, dan Kutoarjo.

Baca juga: Ganjar Akhirnya Izinkan Pasar Tetap Buka, Bagaimana Bupati yang Kadung Keluarkan SE?

“Kami berharap masyarakat di Yogyakarta, Solo dan sekitarnya dapat menggunakan transportasi publik yang semakin baik dengan hadirnya KRL. Selain itu, KA Prambanan Ekspres juga tetap hadir melayani para pengguna setianya di Yogyakarta - Kutoarjo," imbuh dia.

Share
Dipublikasikan oleh
Kaled Hasby Ashshidiqy