SOLOPOS.COM - Menhub Budi Karya Sumadi bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendengarkan paparan saat berada di Stasiun Palur, Karanganyar, Kamis (26/5/2022). (Istimewa/Humas Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO — Rute kereta rel listrik atau KRL Solo-Jogja akhirnya bakal diperpanjang sampai Stasiun Palur di Karanganyar mulai awal Juli 2022 mendatang. Berbagai persiapan telah dilakukan, termasuk di Stasiun Palur yang akan melayani penjualan tiket dan naik turun penumpang.

Sebelumnya, stasiun ini yang berada di jalur rel KA Solo-Kertosono itu hanya dilewati kereta api lintas Solo-Surabaya. Stasiun Palur merupakan stasiun kecil di Desa Dagen, Kecamatan Jaten, Karanganyar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seiring dengan pembanguunan rel ganda jalur Solo-Kedungbanteng beberapa waktu lalu, sekaligus sebagai persiapan melayani KRL, dibangun pula Stasiun Palur di lahan seluas 2.000 meter persegi untuk menggantikan bangunan yang lama.

Direktur Sarana Perkeretaapian, Djarot Tri, menjelaskan profil stasiun tersebut di hadapan Menhub Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Kamis (26/5/2022). Saat itu, Menhub dan Gibran mampir dalam kegiatan uji coba KRL Solo Balapan-Palur.

“Ada beberapa perubahan Stasiun Palur yang cukup kecil dulu, berkembang menjadi stasiun dengan luas 2.000 meter persegi. Harapannya dapat dioperasikan awal Juli di peron ini,” kata dia.

Baca Juga: Bakal Dilewati KRL, Ternyata Begini Sejarah Jalur KA Solo Balapan-Palur

Dia mengatakan Stasiun Palur kini memiliki dua jalur raya, dua siding, dan satu jalur badug. Selain itu terdapat persinyalan elektrik. Pembangunan gedung baru stasiun ini bersamaan dengan pembangunan jalur ganda KA Solo-Kedungbanteng pada 2017 dan 2019.

Alat Transaksi KRL

Stasiun dilengkapi peron tinggi dan pembangunan selter. Menurut Djarot, ada sejumlah keistimewaan yang akan menjadi daya tarik Stasiun Palur bagi penumpang. Di antaranya dekat Palur Plaza, Pasar Palur, Terminal Palur, Universitas Surakarta.

Dekat juga dengan Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), pusat perbelanjaan Luwes, dan kawasan industri. Berdasarkan pantauan Solopos.com, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka telah menjajal alat transaksi untuk layanan KRL di Stasiun Palur saat melakukan uji coba, Kamis (26/5/2022). Stasiun Palur masuk Daerah Operasi (Daop) VI Yogyakarta.

Baca Juga: Beroperasi Juli 2022, Menhub dan Gibran Coba KRL Solo Balapan-Palur

Mengutip Wikipedia, bangunan stasiun lama Palur merupakan peninggalan perusahaan KA milik Pemerintah Hindia Belanda, Staatsspoorwegen. Bangunan itu telah dirobohkan karena terkena dampak pembangunan jalur belok sebagai jalur 1 yang baru.

Gedung stasiun kemudian digantikan bangunan baru yang lebih besar dan dilakukan sedikit pergeseran posisi ke arah tenggara dari posisi bangunan lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya