Ini Keistimewaan Stasiun Palur Yang Akan Dilewati KRL Solo-Jogja

Stasiun Palur di Jaten, Karanganyar, yang akan dilewati KRL memiliki beberapa keistimewaan yang akan jadi daya tarik bagi penumpang.

 Menhub Budi Karya Sumadi bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendengarkan paparan saat berada di Stasiun Palur, Karanganyar, Kamis (26/5/2022). (Istimewa/Humas Pemkot Solo)

SOLOPOS.COM - Menhub Budi Karya Sumadi bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendengarkan paparan saat berada di Stasiun Palur, Karanganyar, Kamis (26/5/2022). (Istimewa/Humas Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO — Rute kereta rel listrik atau KRL Solo-Jogja akhirnya bakal diperpanjang sampai Stasiun Palur di Karanganyar mulai awal Juli 2022 mendatang. Berbagai persiapan telah dilakukan, termasuk di Stasiun Palur yang akan melayani penjualan tiket dan naik turun penumpang.

Sebelumnya, stasiun ini yang berada di jalur rel KA Solo-Kertosono itu hanya dilewati kereta api lintas Solo-Surabaya. Stasiun Palur merupakan stasiun kecil di Desa Dagen, Kecamatan Jaten, Karanganyar.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Seiring dengan pembanguunan rel ganda jalur Solo-Kedungbanteng beberapa waktu lalu, sekaligus sebagai persiapan melayani KRL, dibangun pula Stasiun Palur di lahan seluas 2.000 meter persegi untuk menggantikan bangunan yang lama.

Direktur Sarana Perkeretaapian, Djarot Tri, menjelaskan profil stasiun tersebut di hadapan Menhub Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Kamis (26/5/2022). Saat itu, Menhub dan Gibran mampir dalam kegiatan uji coba KRL Solo Balapan-Palur.

“Ada beberapa perubahan Stasiun Palur yang cukup kecil dulu, berkembang menjadi stasiun dengan luas 2.000 meter persegi. Harapannya dapat dioperasikan awal Juli di peron ini,” kata dia.

Baca Juga: Bakal Dilewati KRL, Ternyata Begini Sejarah Jalur KA Solo Balapan-Palur

Dia mengatakan Stasiun Palur kini memiliki dua jalur raya, dua siding, dan satu jalur badug. Selain itu terdapat persinyalan elektrik. Pembangunan gedung baru stasiun ini bersamaan dengan pembangunan jalur ganda KA Solo-Kedungbanteng pada 2017 dan 2019.

Alat Transaksi KRL

Stasiun dilengkapi peron tinggi dan pembangunan selter. Menurut Djarot, ada sejumlah keistimewaan yang akan menjadi daya tarik Stasiun Palur bagi penumpang. Di antaranya dekat Palur Plaza, Pasar Palur, Terminal Palur, Universitas Surakarta.

Dekat juga dengan Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), pusat perbelanjaan Luwes, dan kawasan industri. Berdasarkan pantauan Solopos.com, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka telah menjajal alat transaksi untuk layanan KRL di Stasiun Palur saat melakukan uji coba, Kamis (26/5/2022). Stasiun Palur masuk Daerah Operasi (Daop) VI Yogyakarta.

Baca Juga: Beroperasi Juli 2022, Menhub dan Gibran Coba KRL Solo Balapan-Palur

Mengutip Wikipedia, bangunan stasiun lama Palur merupakan peninggalan perusahaan KA milik Pemerintah Hindia Belanda, Staatsspoorwegen. Bangunan itu telah dirobohkan karena terkena dampak pembangunan jalur belok sebagai jalur 1 yang baru.

Gedung stasiun kemudian digantikan bangunan baru yang lebih besar dan dilakukan sedikit pergeseran posisi ke arah tenggara dari posisi bangunan lama.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Dana Abadi Rp7 Triliun untuk Mencapai Status Kampus Kelas Dunia

+ PLUS Dana Abadi Rp7 Triliun untuk Mencapai Status Kampus Kelas Dunia

Pemerintah mengalokasikan dana abadi Rp7 triliun untuk menunjang peningkatan kualitas perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH) menjadi perguruan tinggi kelas dunia.

Berita Terkini

Penduduknya Paling Sedikit, Ini 5 Fakta Unik Kelurahan Laweyan Solo

Kelurahan Laweyan, Laweyan, yang berpenduduk paling sedikit di Kota Solo menyimpan sejumlah keistimewaan dan keunikan dibanding kelurahan lain.

Tak Perlu Khawatir Hujan, Begini Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini

Cuaca Karanganyar diprakirakan bakal berawan sepanjang hari. Jadi Anda tak perlu khawatir bakal basah kehujanan.

Full Berawan, Cek Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini

Cuaca Sragen hari ini diperkirakan bakal berawan dari pagi sampai malam. Simak informasi lengkap prakiraan cuaca sragen hari ini di sini.

Sebelum Berkegiatan Cek Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini 28 Juni 2022

Artikel ini menyajikan informasi tentang prakiraan cuaca wilayah Boyolali pada hari Selasa (28/6/2022).

Khawatir Aktivitas Terganggu Hujan? Cek Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini

Prakiraan cuaca Kota Solo hari ini, Selasa (28/6/2022), menurut BMKG cenderung stabil berawan dan tak banyak berubah.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini Selasa 28 Juni 2022: Berawan Terus

Simak informasi prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo hari ini Selasa (28/6/2022).

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Selasa Ini: Stabil Berawan

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Selasa 28 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Selasa Ini: Berawan Pagi dan Malam

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Selasa 28 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Walah, Literasi Keuangan Digital Milenial Indonesia Jauh dari Singapura

Skor penilaian literasi keuangan digital anak muda milenial di Indonesia masih sangat rendah, hanya separuh dari skor Singapura.

Siap-Siap! Ribuan Warga Solo Jadi Sasaran Simulasi Penanganan Kebakaran

Ribuan warga di lima kecamatan Kota Solo akan menjadi sasaran kegiatan simulasi penanganan kebakaran bersama Dinas Damkar Solo.

Kelurahan Jebres Solo Masuk 3 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jateng

Kelurahan Jebres, Solo, masuk tiga besar kelurahan terbaik dalam Lomba Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Jateng 2022.

Ini Kelurahan Dengan Jumlah Penduduk Paling Sedikit Di Solo, Wilayahmu?

Kelurahan di Kecamatan Laweyan ini memiliki jumlah penduduk paling sedikit meski bukan merupakan wilayah kelurahan paling kecil di Kota Solo.

CFS Wonogiri, Paguyuban Pedagang-Karang Taruna Silang Pendapat Soal Ini

Setelah dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19, car free sunday (CFS) di Wonogiri kembali berjalan, Minggu (26/6/2022). Tetapi, terdapat permasalahan dalam pengelolaannya.

Bawa Miras Dan Mabuk, 18 Suporter PSS Sleman Ditangkap Polisi Solo

Sebanyak 18 suporter PSS Sleman tertangkap aparat Tim Sparta Polresta Solo karena kedapatan membawa miras dan mabuk di Stadion Manahan.

Tersisa 10 Kloter Belum Diberangkatkan, Termasuk Calhaj Dari Kota Solo

Embarkasi Solo hingga Senin (27/6/2022) masih menyisakan 10 kloter yang belum diberangkat ke Tanah Suci, termasuk calhaj dari Kota Solo.

Kritik Birokrasi, Habib Syech Cerita Pernah Diminta Bayar Saat Urus KTP

Pendakwah selawat terkemuka Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf mengaku pernah diminta membayar sejumlah uang saat urus pembuatan KTP.