SOLOPOS.COM - Ratu Elizabeth II (Zimbio.com)

Solopos.com, SOLO-Semasa hidup Ratu Elizabeth II dikenal sangat fit, apakah rahasia kebiasaan sehat Sang Ratu sehingga dapat panjang umur dan hidup hingga usia 96 tahun?  Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Ratu Elizabeth II meninggal dengan tenang dalam tidurnya di Kastil Balmoral, Skotlandia, pada usia 96 tahun pada Kamis (8/9/2022), menurut Istana Buckingham.  Dia adalah raja terlama dalam sejarah Inggris, setelah mewarisi mahkota dari ayahnya pada tahun 1952, dan kepala negara tertua di dunia.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Meskipun tugas resminya diperkecil di tahun-tahun berikutnya, Ratu bekerja sampai kematiannya, bertemu dengan Perdana Menteri Inggris yang baru Liz Truss pada Selasa (6/9/2022) untuk mengundangnya membentuk pemerintahan.

Rincian intim tentang kebiasaan sehat Ratu jarang dibagikan kepada publik, tetapi dia dipantau secara ketat sepanjang hidupnya oleh tim medis keluarga kerajaan. Menurut The Guardian,  semasa hidupnya ibu dari Raja Charles III ini dikenal karena kesehatannya yang kuat.

Baca Juga: Berulang Kali, Ratu Elizabeth II Bertahan dari Percobaan Pembunuhan

Penulis Long Live the Queen! 23 Rules for Living From Britain’s Longest-Reigning Monarch, Bryan Kozlowski,  mengatakan kepada The New York Post pada tahun 2020 bahwa Ratu telah menua dengan sangat baik dan merupakan paradigma kesehatan dan kebugaran.

Di awal-awal Covid-19 merebak, Ratu Elizabeth II tetap sehat. Dia tertular Covid-19 pada Februari 2022, tetapi hanya ke rumah sakit selama tiga kunjungan singkat selama dua dekade terakhir.

Lantas apa rahasia kebiasaan Ratu Elizabeth II sehingga bisa membuatnya tetap sehat dan fit hingga usia 96 tahun? Makan makanan yang seimbang, berolahraga secara teratur, dan menjaga berat badan yang sehat – seperti yang dilakukan Ratu – adalah kunci untuk memiliki hidup yang panjang dan sehat.

Baca Juga: Begini Riwayat Kesehatan Ratu Elizabeth II hingga Mangkat

Mengutip Insider.com pada Sabtu (10/9/2022), Sang Ratu tidak repot dengan latihan yang intens, lebih memilih olahraga yang masuk akal seperti berjalan kaki dan menunggang kuda, menurut Kozlowski. Dalam pidato yang diberikan ketika Ratu dan Pangeran Philip mengunjungi AS pada tahun 1991, presiden saat itu George H. W. Bush memujinya atas perjalanan panjangnya yang bahkan membuat Dinas Rahasia terengah-engah.

Dia menikmati waktu di alam, menurut Kozlowski, dan terutama menyukai pedesaan Skotlandia di sekitar Balmoral, yang dia kunjungi hampir setiap tahun. Sang Ratu juga dikabarkan tidak pernah merokok, dan tidur nyenyak.

Dalam hal kebiasaan sehat makan hingga membuatnya tetap sehat hingga usia 96 tahun, Ratu Elizabeth II bukan pencinta kuliner.  Menurut Darren McGrady, kokinya dari tahun 1982 hingga 1993, Sang Ratu hanya makan makanan sederhana.

“Saat makan sendirian, dia sangat disiplin dan sering makan makanan rendah karbohidrat,”  kata McGrady.

Kendati demikian menurutnya  Ratu juga menikmati camilan dan alkohol.  Di pagi hari, Ratu diketahui menikmati biskuit dan teh diikuti dengan roti panggang dan selai jeruk, sereal dengan buah, atau salmon asap dengan telur orak-arik dan truffle, seperti yang dilaporkan Ali Millington dari Insider.

Baca Juga: Meghan Markle tidak Hadir di Balmoral saat Ratu Elizabeth II Wafat

“Sebelum makan siang sederhana seperti ikan bakar dengan sayuran, Ratu akan menikmati gin dan Dubonnet [minuman beralkohol berbasis anggur manis] dengan irisan lemon dan es,” kata McGrady.

Dia juga menyukai martini kering, tetapi berhenti minum satu kali setiap hari tahun lalu untuk kesehatannya dan tetap waspada pada pekerjaan, kata sommelier kerajaan itu kepada The Daily Mail pada 2021.

“Dia juga menikmati teh sore tradisional yang terdiri dari sandwich, scone, dan sepotong kue, di samping teh darjeeling,” kata Kozlowski.

Baca Juga: 5 Mobil Mewah Koleksi Ratu Elizabeth II dari Rolls Royce hingga Bentley

Saat tidak ada acara, makan malam sering kali berupa fillet daging sapi atau daging rusa, burung pegar, atau salmon dari peternakan di Sandringham dan Balmoral, dengan buah-buahan untuk pencuci mulut. Dia juga menyukai makan malam panggang tradisional Inggris pada hari Minggu.

Sang Ratu adalah seorang chocoholic dan menyukai cokelat hitam (yang memiliki berbagai manfaat kesehatan), kata McGrady kepada Newsweek.  Dia akan menyelesaikan harinya dengan segelas sampanye, menurut Margaret Rhodes, sepupu Ratu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya