SOLOPOS.COM - Ilustrasi memanah. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Olahraga merupakan salah satu cara menjaga kebugaran tubuh. Meski terlihat sepela, banyak orang yang justru dengan sengaja melalaikan olahraga. Mereka biasanya berdalih tidak punya waktu luang untuk berolahraga.

Padaha, olahraga dipandang sebagai hal yang sangat penting dalam Islam. Ketika tubuh sehat, jiwa seorang muslim juga akan sehat. Ustaz Ahmad Syaifuddin saat ditemui Solopos.com, 12 September 2019 lalu mengatakan, Rasulullah selalu mengingatkan para sahabat untuk berolahraga.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Adapun olahraga yang kala itu dianjurkan Rasulullah adalah memanah, berkuda, dan berenang. Rasulullah pernah memerintahkan sahabat untuk berenang. Berenang sangat menyehatkan karena seluruh tubuh bergerak dan beresiko sangat kecil. Sementara berkuda dan memanah dianjurkan lantaran melatih fokus dan teknik tinggi.

Rasulullah bersabda,“akan dibukakan kepada kalian beberapa negeri, dan Allah akan mencukupkan kalian, oleh karena itu, janganlah salah seorang di antara kalian tidak bisa memainkan anak panahnya,” (HR Muslim).

Menurut Ustaz Ahmad Syaifuddin, tidak ada hukum Islam yang mengikat terkait olahraga. Namun, sebagai umat Islam tentunya dapat memilih olahraga yang tidak membahayakan diri maupun orang lain. Rasulullah mengajarkan beberapa olahraga tertentu. Bukan berarti olahraga saat ini seperti sepak bola, futsal, basket itu dilarang.

“Rasulullah memang menganjurkan berolahraga, namun kalau olahraga membahayakan diri sebaiknya ditinggalkan. Kalau bermanfaat yang dilanjutkan, namun kalau olahraga ekstrim selama ia menguasai dengan keamanan terjamin silakan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya