Ini Jadwal Lengkap PPDB Online di Jateng

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK negeri dan SMA negeri di Provinsi Jawa Tengah digelar hingga Jumat (28/6/2019). Proses PPDB itu diawali dengan pengambilan akun atau verifikasi berkas dan pengajuan akun SMK negeri.

Ini Jadwal Lengkap PPDB Online di Jateng

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pendaftaran peserta didik baru (PPDB) offline. (Solopos-M. Ferri Setiawan)

Solopos.com, SEMARANG — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK negeri dan SMA negeri di Provinsi Jawa Tengah digelar hingga Jumat (28/6/2019). Proses PPDB itu diawali dengan pengambilan akun atau verifikasi berkas dan pengajuan akun SMK negeri.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng, Jumeri, mengatakan pengambilan akun untuk SMK dimulai 17-28 Juni 2019 pukul 15.30 WIB. Sedangkan SMA dimulai 24 Juni-28 Juni 2019 pukul 13.00 WIB. "SMK sudah mulai pengumpulan akun SMK. Tanggal 24 sampai 28 untuk SMA," papar Jumeri sebagaimana dikutip laman aneka berita Detikcom di kantornya, Jl. Pemuda, Kota Semarang, Kamis (20/6/2019).

Pendaftaran mandiri secara online

1-5 Juli 2019

Pengumuman lewat online

9 Juli 2019 selambat-lambatnya pukul 23.55 WIB

Pendaftaran Ulang di sekolah diterima

10-11 Juli 2019 pukul 08.00 WIB-13.00 WIB

Hari pertama masuk sekolah

15 Juli 2019.

Informasi terkait pendaftaran bisa dilihat pada website jateng.siap-ppdb.com kemudian memilih jalur pendaftaran. Ada juga help desk jika ada yang kurang jelas atau perlu menyampaikan pengaduan. Help desk bisa dihubungi melalui nomor telepon 024-86041265 atau di kantor Disdik masing masing.

"Uji coba sudah dilakukan minggu lalu," tandasnya.

PPDB SMA dan SMK negeri di Jawa Tengah mengacu pada Permendikbud No. 51/2018, namun ada modifikasi pada kuota siswa berprestasi, yaitu pada kuota 90% zonasi akan dibagi menjadi dua jalur, yaitu 20% siswa berprestasi dalam zona dan 70% murni dari zonasi. Sedangkan 5% merupakan jalur prestasi sesuai peraturan dan 5% dari pindahan.

"Jateng konsisten Permendikbud No. 51/2018 bahwa jalur pretasi luar zona 5%, 5% perpindahan orangtua baik antarprovinsi atau antarkota. Kita mengambil ijtihad dibagi dua kamar seleksi pada 90%, yaitu seleksi prestasi dalam zona 20% dan zonasi murni 70%," jelas Jumeri.

Ia mengimbau siswa dan orangtua tidka perlu gugup saat mendaftar. Tidak perlu juga sampai memalsukan dokumen karena jika ketahuan ketika sudah lolos bakal langsung dikeluarkan. "Orangtua ikuti prosedurnya, tidak perlu palsukan dokumen seperti surat keterangan domisili. Ketika meleset dan ketahuan maka kita keluarkan bahkan bisa ke ranah hukum," tegasnya.

Untuk diketahui, di Jawa Tengah ada sekitar 540.000 lulusan SMP, MTs, dan Paket B sederajat. Sedangkan kapasitas SMA negeri di Jateng 113.000 siswa dan SMK Negeri 94.500 siswa. Jumeri mengakui SMA dan SMK negeri tidak mencukupi kuotanya, namun menurut dia banyak sekolah swasta yang bagus.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Grojogan Gulingan Grobogan, Pertapaan yang Berubah Jadi Objek Wisata

Konon Air  Terjun Gulingan  pernah dipakai sebagai tempat pertapaan oleh beberapa tokoh yang berasal dari luar wilayah Grobogan.

KRL Jogja-Solo Masih Tetap Beroperasi selama Larangan Mudik

PT KAI Commuter memastikan KRL Jogja-Solo dan KA Prameks relasi Jogja-Kutoarjo tetap beroperasi selama masa larangan mudik.

Lafal Asmaul Husna Percantik Pusat Kota Blora

Pemerintah Kabupaten Blora mempercantik seputar bundaran atau Alun-Alun dengan tiang lampu dan pernik religius lafal Asmaul Husna.

Kisah Arbain Nugroho, ASN Gunung Kidul Setia Jadi Personel Linmas di Solo

Arbain merupakan anggota Linmas Banyuanyar yang sehari-hari juga merupakan pengajar di SD Prebutan, Semin, Gunung Kidul, DIY.

Semen Gresik Gelar Kick-Off Meeting Sistem Manajemen Anti Suap

PT Semen Gresik (SG) menggelar kick-off meeting dalam rangka penerapan Standar Manajemen Mutu ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).

Profil Lengkap Raditya Oloan: Dulu Pemakai Narkoba Kini Jadi Pendeta

Inilah profil lengkap dari Raditya Oloan, influencer dan juga pendeta, yang baru saja meninggal dunia setelah negatif Covid-19.

Heboh Isu Bumi Datar dalam Soal Siswa SD, Begini Jawaban Dinas Pendidikan Cimahi

Disdik Cimahi menyebut pemasangan gambar ilustrasi bumi datar tidak dimaksudkan untuk menyebarkan pemahaman bumi datar. Namun sekadar kesalahan dalam pemilihan gambar ilustrasi oleh guru.

Gakin di Magelang Jadi Sasaran Operasi Pasar Murah

Dinas Perdagangan Koperasi UKM Kabupaten Magelang, menggelar pasar murah menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah.

Pelajar yang Meninggal di Kudus Diduga Korban Pembunuhan

Polres Kudus menangani kasus meninggalnya Hanifah Khoiron Nisa, pelajar kelas XI Madrasah Aliyah asal Kecamatan Kaliwungu, yang diduga kuat karena korban pembunuhan.

Ikatan Cinta 7 Mei 2021: Ada Kabar Ricky Meninggal, Elsa Bahagia

Ini dia sinopsis singkat sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Jumat, 7 Mei 2021 yang menceritakan tentang Ricky yang dikabarkan meninggal.

800-an Calhaj Karanganyar Diusulkan Dapat Vaksin Covid-19 Dosis I

Kabupaten Karanganyar mendapat tambahan 790 vial atau setara 7.900 dosis vaksin Covid-19 pada Selasa (4/5/2021).

Tanpa Ampun, 264 Kendaraan Dipaksa Putar Balik di Pos Cemoro Sewu Magetan

Sebanyak 254 kendaraan yang kebanyakan sepeda motor dipaksa putar balik di pos penyekatan Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur.