SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan tiba di Munich International Airport, Munich, Jerman sekitar pukul 18.40 Waktu Setempat, Minggu (26/6/2022). (BPMI Setpres/Laily Rachev)

Solopos.com, SOLO–Presiden Joko Widodo (Jokowi) memulai kunjungan ke luar negeri, termasuk ke Ukraina dan Rusia, pada Minggu (26/6/2022).

Dalam agendanya, Jokowi akan mengunjungi Jerman, kemudian Ukraina dan Rusia lalu ke Uni Emirat Arab.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebelum keberangkatan ke luar, dalam konferensi pers, Presiden Jokowi mengatakan akan ke Ukraina dengan Presiden Volodymyr Zelensky setelah dari Jerman.

“Setelah dari Jerman, saya akan mengunjungi Ukraina dan akan bertemu dengan Presiden Zelensky,” ujar Jokowi.

Jokowi akan mengajak Zelensky berdialog terkait perdamaian pasca perang serta menginginkan agar pasokan pangan ke Ukraina kembali dibuka.

Baca Juga: Amankan Kunjungan Jokowi ke Ukraina-Rusia, Begini Skenario Paspampres

“Misinya adalah mengajak Presiden Ukraina untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian karena perang harus dihentikan dan yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali,” jelasnya.

Selesai berdialog dengan Zelensky, Jokowi akan terbang ke Rusia bertemu dengan Presiden Vladimir Putin.

“Dari Ukraina, saya akan menuju ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. Sekali lagi, dengan misi yang sama saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang,” kata dia.

Namun, Jokowi tidak membeberkan secara pasti kapan akan terbang ke kedua negara yang sedang berkonflik itu.

Senada disampaikan Menlu Retno Marsudi. Retno mengatakan Jokowi akan mengunjungi Kyiv dan Moskwa setelah mewakili Indonesia sebagai negara tamu dalam KTT G7 di Jerman pada 26-27 Juni 2022.

Baca Juga: Jokowi akan Kunjungi Rusia dan Ukraina, Begini Sikap Gibran

Namun, Jokowi ke Ukraina dan Rusia tidak bisa memastikan.

Sedangkan sesuai dengan informasi yang beredar dan mengutip media Rusia, TAS, Jokowi ke Rusia bertemu Vladimir Putin pada Kamis (30/6/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya