SOLOPOS.COM - Ilustrasi menyimpan makanan panas ke dalam kulkas (Aquajapanid)

Solopos.com, JAKARTA-Anda mungkin pernah menyimpan makanan atau minuman yang masih kondisi panas di dalam kulkas. Boleh jadi ini dilakukan karena ingin langsung menyimpannya atau sekadar ingin cepat dingin agar bisa segera dinikmati.

Ternyata menyimpan makanan dan minuman panas ke kulkas tidak dianjurkan. Sebab hal ini akan menyebabkan masalah baik bagi kesehatan kita maupun pada kulkas.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut ini beberapa risiko yang dapat terjadi akibat memasukkan makanan panas ke dalam kulkas, seperti ditulis Aquajapanid.

Dapat merusak kulkas

Memasukkan makanan panas ke kulkas ternyata bisa merusak kulkas. Dampak ini memang tidak akan langsung terasa. Kulkas Anda tidak akan rusak dalam sehari atau sepekan setelah Anda memasukkan makanan panas ke dalam kulkas.

Tapi, suhu panas dari makanan dapat mengganggu kinerja kulkas. Kulkas jadi harus bekerja lebih keras untuk menurunkan dan mendinginkan suhu panas tersebut. Proses ini juga bisa meningkatkan beban listrik dari kulkas.

Membuat nutrisi makanan hilang

Salah satu alasan kita menyimpan makanan di kulkas adalah agar kesegaran dan nutrisi terjaga. Namun, tindakan memasukkan makanan panas ke kulkas ternyata justru bisa menghambat hal itu.

Makanan panas masuk kulkas justru bisa membuat kandungan nutrisi jadi hilang. Hal ini tentu akan merugikan Anda. Makanan yang disimpan di kulkas mungkin jadi lebih awet, tapi kandungan nutrisi malah hilang.

Memicu pertumbuhan bakteri

Bakteri umumnya mudah berkembang biak di suhu ruang. Makanan panas masuk kulkas memiliki suhu belum dingin, sehingga memberi kesempatan bagi bakteri untuk berkembang. Bahkan, bakteri pada makanan tersebut dapat berpindah ke makanan lain dan mencemari makanan di sekitarnya.

Alih-alih jadi awet dan segar, makanan di kulkas malah bisa cepat busuk. Ini sebabnya, memasukkan makanan panas ke kulkas tidak boleh dilakukan.

Kulkas jadi tidak dingin

Tujuan memasukkan makanan panas ke dalam kulkas adalah supaya makanan tersebut cepat dingin. Nyatanya, saat ada makanan panas masuk kulkas, suhu di dalam kulkas pun jadi lebih hangat. Kondisi ini tentu memengaruhi kesegaran makanan lain di dalam kulkas.

Selain itu, proses pendinginan kulkas jadi lebih lama karena kulkas harus menurunkan suhu makanan panas menjadi normal dulu, sebelum menjadi dingin. Uap dari makanan panas tersebut akan muncul secara berlebihan dan bisa memicu timbulnya frost atau embun beku pada kulkas.

Nah, kini Anda sudah tahu alasan makanan panas tidak boleh masuk kulkas. Tindakan tersebut berisiko menumbuhkan bakteri yang akan mencemari makanan di dalam kulkas. Uap yang berasal dari makanan pun bisa menimbulkan aroma tidak sedap dalam kulkas.

Selain itu, memasukkan makanan panas ke kulkas juga bisa merusak kulkas, apalagi bila dilakukan terus-menerus. Proses pendinginan kulkas akan terganggu dan beban kerja kulkas jadi lebih berat. Pada akhirnya, kondisi ini merugikan Anda karena kulkas jadi tidak dingin dan tagihan listrik membengkak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya